UNTUK INDONESIA
Puluhan Mahasiswa di Aceh Dilatih Jurnalistik
Puluhan mahasiswa di Aceh mengikuti Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) 2019 di Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh.
Pimpinan Umum UKPM Sumberpost, Indra Wijaya menyerakan kenang-kenangan kepada salah seorang pemateri pada PJTD di UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Sabtu 7 Desember 2019. (Foto: Tagar/Istimewa).

Banda Aceh - Puluhan mahasiswa di Aceh mengikuti Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) 2019 di Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Sabtu 7 Desember 2019. Kegiatan ini akan berlangsung hingga Minggu 8 Desember 2019 besok.

Pelatihan yang mengusung tema Jurnalisme dari Mata Milenial itu diadakan oleh Unit Kegiatan Pers Mahasiswa (UKPM) Sumberpost UIN Ar-Raniry. Adapun pesertanya berasal dari lembaga pers se-Banda Aceh, masyarakat umum, pengurus dan anggota magang UKPM Sumberpost.

Pelatihan tersebut menghadirkan empat pemateri yaitu Nova Misdayanti (Video Jurnalis Kompas Tv), Fuadi Mardhatillah (Reporter Waspada Aceh), Idrus (Print Maker/Perupa), dan Hotli Simajuntak (Fotografer European Pressphoto Agency).

Kalau kalian ada karya, bisa kasih saya supaya diterbitkan.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Ar-Raniry, Saifullah menyebutkan, pihak kampus siap membantu mahasiswa untuk menerbitkan serta mencetak karya tulis yang dihasilkan.

“Kalau kalian ada karya, bisa kasih saya supaya diterbitkan,” ujar Saifullah.

Pimpinan Umum UKPM Sumberpost, Indra Wijaya mengatakan, pelatihan ini diadakan sebagai upaya meningkatkan kemampuan para milenial terutama pers mahasiswa dalam menyampaikan aspirasi melalui karya jurnalistik.

“Kita angkat tema seperti ini agar pers mahasiswa punya skill yang baik dalam penyampaian aspirasi,” kata Indra.

Sementara, Ketua Panitia, Nur Afni menjelaskan, melalui pelatihan ini diharapkan agar peserta mendapat ilmu yang bermanfaat dan berguna serta bisa mengasah skill. Menurutnya, zaman sekarang bukan hanya IPK tinggi yang dibutuhkan mahasiswa, melainkan keterampilan yang lebih.

“Semoga seluruh peserta yang ikut pelatihan, ilmunya dapat berguna,” katanya. []

Baca juga:

Berita terkait
Siswa Aceh Singkil Ikut Ujian di Tengah Banjir
Banjir melanda kawasan Aceh Singkil sejak beberapa hari terakhir termasuk sekolah Madrasah Tsanawilayah Negeri (MTsN) Aceh Singkil, Aceh.
Penebangan Hutan, Habitat Harimau di Aceh Terganggu
Kerusakaan lingkungan, pengalihan fungsi hutan menyebabkan habitat Harimau Sumatera yang ada di Kabupaten Aceh Utara, Aceh mulai terganggu.
Satu Pasangan Mesum di Aceh Singkil Dicambuk
Berbuat mesum satu pasangan di Aceh Singkil, Aceh menjalani eksekusi cambuk di Alun-alun Pulo Sarok, Kecamatan Singkil, Jumat 6 Desember 2019.
0
Anies Baswedan Ketemu Sandiaga Uno di Rapat Gerindra
Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan akhirnya bertemu lagi dengan mantan wakilnya Sandiaga Uno dalam Rakerda Partai Gerindra.