UNTUK INDONESIA
Prosedur Maskapai Penerbangan Saat New Normal
Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO) menerbitkan rekomendasi kesehatan khusus untuk industri penerbangan di era new normal.
Ilustrasi Pesawat. (Foto: Pixabay/272447)

Jakarta - Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO) telah menerbitkan rekomendasi kesehatan khusus untuk industri penerbangan selama era new normal di tengah pandemi Corona atau Covid-19. 

Dilansir dari AFP, protokol kesehatan itu telah disusun oleh satuan tugas internasional yang dibentuk oleh ICAO di Montreal bersama badan PBB lainnya seperti Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA) yang kuat. Adapun tujuan dibuatnya rekomendasi ini untuk menjaga keselamatan penumpang dan pekerja di pesawat dan bandara. 

ICAO menganjurkan para pelancong sudah harus menunjukkan sertifikat kesehatan atau surat keterangan negatif Corona dan menjalankan pemeriksaan suhu tubuhnya saat tiba di bandara. 

Sebelum tiba di bandara, pastikan Anda sudah melakukan check in online untuk mengurangi kontak fisik dan antrean di bandara. Tiket mobile juga sangat disarankan dan penggunaan teknologi lainnya untuk mengurangi kontak fisik, seperti pemindaian wajah dan mata. 

"Ini akan mengurangi kontak fisik dengan dokumen perjalanan antara staf dan penumpang," tulis protokol.

Penumpang pesawat juga disarankan membawa barang seperlunya saja dengan menggunakan tas kecil. Koran dan majalah juga tidak diperbolehkan ada di kabin. Begitu juga dengan penjualan duty-free harus dibatasi. 

Selama new normal, masker sudah wajib dipakai saat berada dalam pesawat dan terminal, serta jarak fisik setidaknya tiga kaki atau satu meter juga harus diperhatikan dan dipatuhi. 

Begitu juga dengan akses terminal tentu akan terbatas  pada penumpang dan orang yang menemani, misalnya penjaga pelancong difabel, dan personel bandara. 

Di dalam pesawat, penumpang juga diwajibkan memakai masker, tidak sering berpindah-pindah di kabin, dan tidak mengantre di luar toilet untuk menghindari risiko paparan virus Corona antar penumpang. 

Menghindari antrean panjang di toilet, penumpang nantinya akan diarahkan ke toilet yang berdekatan dengan tempat duduk mereka. Pramugari juga akan dilengkapi dengan alat pelindung diri, seperti masker medis, pelindung wajah, dan sarung tangan. 

ICAO mengimbau semua penumpang tetap menjaga jarak satu sama lain. Begitu juga dengan makanan di dalam pesawat pastikan sudah dikemas dengan baik. Selain itu, pesawat secara teratur harus didisinfeksi. Pemeriksaan suhu tubuh juga harus dilakukan pada saat kedatangan pesawat. 

ICAO memperkirakan selama pandemi Covid-19 ini, jumlah penumpang pesawat akan berkurang hingga 1,5 miliar pada akhir tahun ini. []

Baca juga:

Berita terkait
Tips Aman Berbelanja ke Pasar Saat New Normal
Berbelanja ke pasar tradisional di era new normal, masyarakat diingatkan tetap harus waspada terhadap paparan virus Corona.
Tips Menjaga Kebersihan Menstruasi Selama Corona
Kementerian Kesehatan mengajak semua perempuan menjaga kebersihan menstruasi selama pandemi Corona. Berikut tips yang harus diterapkan.
Tips Mencari Tempat Kuliner Sehat di Masa New Normal
Mencari tempat kuliner di masa new normal sekarang ini tidak boleh sembarangan. Berikut tips yang harus diperhatikan oleh masyarakat.
0
Dukungan Paus Fransiskus untuk LGBT Tuai Reaksi di Filipina
Dukungan Paus Fransiskus terhadap ikatan sipil bagi pasangan sesama jenis (LGBT) menuai reaksi beragam di Filipina