UNTUK INDONESIA
Tips Aman Menjalankan Hidup New Normal Versi BPOM
BPOM menyarankan masyarakat memperhatikan protokol kesehatan selama menjalankan new normal di tengah pandemi Corona.
Ilustrasi New Normal. (Foto: Pixabay/geralt)

Jakarta - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyarankan masyarakat memperhatikan protokol kesehatan selama menjalankan kehidupan new normal di tengah pandemi Corona atau Covid-19 sekarang ini. Hal itu termasuk ketika mengolah hingga mendistribusikan makanan secara aman. 

"Jangan sampai desak-desakan di sarana produksinya. Kemudian, pakailah masker bahkan pakai penutup rambut dan sarung tangan di tempat produksi. Kemudian, ketika mengantarkan makanan juga demikian. Jangan sampai bersentuhan langsung dengan pangannya," kata Direktur Pengawasan Pangan Olahan Risiko Sedang dan Rendah pada Deputi Pengawasan Pangan Olahan BPOM Emma Setyawati di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Rabu, 3 Mei 2020, seperti diberitakan Antara

Dalam pengemasan makanan, Emma Setyawati mengatakan di setiap produk makanan itu perlu memiliki kemasan primer, sekunder dan tersier. Tujuannya agar produk makanan tidak bersinggungan langsung dengan tangan produsen hingga distributor yang mengantarkan makanan tersebut.

Selain menjaga pengelolaannya yang aman, kata Emma, isi makanannya juga harus sesuai dengan standar gizi dan layak untuk dikonsumsi. 

"Jadi ada tambahan aturan protokol kesehatan untuk memastikan produksi, distribusi sampai dengan ke konsumen aman," ucap dia. 

Sejak new normal sudah mulai diberlakukan di tengah pandemi Covid-19, masyarakat juga sudah harus waspada dan berhati-hati saat memilih obat. Berikut tips aman yang harus diterapkan ketika membeli obat dan suplemen di tengah pandemi Corona.

  1. Perhatikan resep dokter, bila ingin membeli obat keras
  2. Membeli obat di Apotek atau sarana kesehatan resmi
  3. Waspada terhadap penawaran online dari sumber yang tidak jelas
  4. Perhatikan kemasan, label, izin edar, dan kadaluwarsa

Panduan new normal saat menggunakan kendaraan umum dan di tempat kerja juga harus diperhatikan oleh masyarakat agar virus Corona tersebut tidak mudah hinggap ke tubuh. Berikut tips yang harus diterapkan.

  • Memakai masker saat bepergian
  • Menjaga jarak antar penumpang minimal 1 hingga 2 meter
  • Menjaga kebersihan dan rutin mendisinfeksi area kerja
  • Pastikan tempat kerja memiliki ventilasi yang baik
  • Menggunakan hand sanitizer berbahan alkohol
  • Bekerja dari rumah jika badan kurang fit atau sakit
  • Membungkus tisu bekas dengan kantong plastik sebelum dibuang

Panduan new normal ini diharapkan bisa mengurangi risiko dan dampak virus Corona, mulai dari tempat kerja hingga sarana atau fasilitas publik lainnya. []

Baca juga:

Berita terkait
Tips Konsultasi Online dengan Dokter Selama Corona
Masyarakat yang mengalami kondisi kurang sehat saat Pandemi Corona, sebaiknya konsultasikan penyakit tersebut dengan Dokter secara online.
Tips Mudah Belanja Sayur Online Selama Pandemi Corona
Belanja melalui layanan online menjadi aktivitas yang sering dilakukan masyarakat selama pandemi virus Corona.
Tips Alami Merawat Kuku Tangan Selama Pandemi Corona
Pandemi Corona yang semakin mewabah di sejumlah negara, bukan menjadi alasan untuk tidak merawat wajah hingga kuku tangan.
0
MG Motor Resmi Tambah Mitra Pembiayaan Terkemuka
MG Motor Indonesia, memperluas kerja sama dengan perusahaan pembiayaan untuk memacu penjualan model SUV.