UNTUK INDONESIA
Tips Aman Berbelanja ke Pasar Saat New Normal
Berbelanja ke pasar tradisional di era new normal, masyarakat diingatkan tetap harus waspada terhadap paparan virus Corona.
Ilustrasi Belanja di Pasar. (Foto: Pixabay/jarmoluk)

Jakarta - Berbelanja ke pasar tradisional di era new normal, masyarakat diingatkan tetap harus waspada terhadap paparan virus Corona atau Covid-19 di sana. Pastikan kesehatan dan kebersihan diri selalu terjaga saat belanja agar virus tidak mudah hinggap di tubuh. 

Berikut Tagar rangkum beberapa tips aman berbelanja ke pasar tradisional saat new normal.

1. Memakai Masker dan Membawa Hand Sanitizer

Masyarakat selalu diingatkan untuk menggunakan masker dan membawa hand sanitizer ketika hendak berbelanja atau ke luar rumah di era new normal. Sebab masa pandemi Corona, masyarakat harus tetap melakukan berbagai upaya pencegahan agar tidak terpapar dengan virus tersebut. Pastikan, Anda selalu jaga jarak saat berbelanja. 

2. Belanja pada Pagi Hari

Saat pagi hari keadaan pasar masih sepi, sehingga Anda bisa berbelanja dengan nyaman dan tenang. Bahkan, dagangan yang dijual di sana juga masih lengkap. 

3. Buat Daftar Belanja

Sebaiknya sebelum berbelanja, buatlah daftar belanja. Hal ini bertujuan untuk mempersingkat waktu Anda berbelanja. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan:

  • Catatlah dengan detail jenis dan jumlah pangan dan kebutuhan lain yang hendak dibeli
  • Belilah sesuai dengan kebutuhan dan jangan berlebihan atau boros
  • Sesuaikan jumlah belanjaan dengan kapasitas penyimpanan yang ada di rumah

4. Pastikan Keamanan Produk

Memastikan keamanan produk yang akan dibeli juga perlu diperhatikan. Ada berbagai cara yang bisa diterapkan untuk memastikan produk aman.

  • Perhatikan kemasan, lebel, surat izin edar dari BPOM, dan kedaluwarsa
  • Pastikan bahan pangan yang akan dibeli segar, bersih, mulus, tidak berbau tengik atau busuk
  • Hindari Produk pangan yang memiliki warna mencolok karena kemungkinan bahan makanan itu memiliki kandungan pewarna buatan
  • Pastikan pangan dalam keadaan tertutup atau terbungkus dengan bersih, dan aman

5. Bawa Tas Belanja Sendiri

Bila membawa tas belanja sendiri sudah pasti jauh lebih aman dan bersih. Hal itu bisa menghindari paparan virus Corona. Saat belanja ke pasar, Anda bisa segera memasukan barang yang sudah dibeli ke dalam tas tanpa disentuh oleh penjual. 

Selain bisa terhindar dari paparan virus Corona, Anda juga berhasil menerapkan prinsip go green dan mengurangi penggunaan plastik.

6. Bawa Tisu Kering dan Basah

Ketika tidak sengaja bersentuhan dengan orang lain. Anda bisa segera membersihkan tangan dengan tisu basah. Selanjutnya, pakai tisu kering untuk mengeringkan tangan. Lalu lumurkan tangan dengan hand sanitizer yang ada di dalam tas. 

Setelah selesai berbelanja ke pasar, disarankan Anda segera memisahkan pangan mentah dan makanan siap saji. Lalu simpanlah ke dalam kulkas. Sesampainya di rumah, Anda harus langsung membersihkan diri (mandi) sebelum berinteraksi dengan keluarga. []

Baca juga:

Berita terkait
Tips Menjaga Kebersihan Menstruasi Selama Corona
Kementerian Kesehatan mengajak semua perempuan menjaga kebersihan menstruasi selama pandemi Corona. Berikut tips yang harus diterapkan.
Tips Mengatasi Stres Kena PHK Akibat Pandemi Corona
Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) karyawan yang diakibatkan pandemi Corona membuat mereka berada dalam kondisi stres atau depresi.
Tips Alami Merawat Kuku Tangan Selama Pandemi Corona
Pandemi Corona yang semakin mewabah di sejumlah negara, bukan menjadi alasan untuk tidak merawat wajah hingga kuku tangan.
0
Penyebab Ratusan Ton Ikan Mati di Danau Toba Samosir
Ratusan ton ikan di keramba jaring apung perairan Danau Toba diketahui peliharaan warga, mati dan mengakibatkan bau busuk.