Jakarta - Tommy Kurniawan yang mencalonkan diri menjadi Anggota DPR RI dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019, sukses melaju ke Senayan. Melalui Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Tommy berhasil memperoleh suara sebanyak 33.988. 

Tommy terdaftar di Daerah Pemilihan (dapil) V Jawa Barat, meliputi Kabupaten Bogor. Dapil yang disebut-sebut sebagai neraka, tidak menghalangi nyatanya pria kelahiran 1984 ini untuk lolos, dan mampu bersaing dengan lawan politiknya, seperti Sahrul Gunawan (Nasdem), Ravindra Airlangga (Golkar), Ferdinand Hutahean (Demokrat) dan Faldo Maldini (PAN).  

Maju jadi calon legislatif bukan pertama kalinya. Tommy pernah gagal nyaleg di Pemilu 2014. Tetapi kegagalannya saat itu, tak membuatnya menyerah. 

Tommy kembali mencalonkan diri jadi anggota DPR RI di Pileg 2019, nyatanya terbukti dan dapat lolos ke Senayan dalam periode 2019-2024.

Lolosnya dalam pertarungan di Pileg 2019 ini, Anak dari pasangan H Syamsuddin H Betong dan Hj Mulyanih Eliya Hastuti berkeinginan memperjuangkan dunia olah raga. 

"Saya ingin ada penerapan secara khusus pertama APBN berpihak terhadap olahraga karena kita enggak punya tempat pelatihan kelas dunia untuk para juara (atlet)," kata  pria yang pernah gagal nyaleg 2014 di DPR RI dari Dapil Banten III itu, Senin 13 Mei 2019.

Kata Tommy, dirinya memang memfokuskan memajukan e-Sports di Indonesia. Sebagai Staf khusus bidang olahraga Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrowi, dirinya sudah lebih memahami bidang keolahragaan. 

"Karena saat ini saya staf khusus Kemenpora jadi tahu kekurangan dan tambahan untuk UU SKN itu, mengenai penerapan sport i-tech yang harus diwajibkan karena sudah jamannya (teknologi) apalagi Indonesia masih banyak manual," ucapnya.  

Ternyata bukan hanya itu saja yang menjadi keinginan Anak bungsu dari 5 bersaudara ini. Tommy juga berkomitmen dalam dunia pendidikan, difokuskan melalui program pojok literasi

"Pendidikan juga utama karena buta aksara di Kabupaten Bogor masih banyak sekali. Mudah-mudahan bisa kerjasama dengan pemda dan pemprov pelan-pelan kita bikin pojok literasi supaya anak-anak ini tidak lagi buta membaca, kita akan coba programkan itu," ujarnya.

Tommy tidak melupakan kerja keras seluruh anggota Partai PKB dan masyarakat yang mendukungnya. Dia juga sangat bersyukur dalam Pileg 2019, dapat mencapai keberhasilan menjadi anggota DPR RI. 

"Di PKB saya banyak belajar politik sampai jadi staf khusus menteri. Alhamdulillah sekarang jadi DPR. Kalau kabupaten hanya satu kursi saja dan itu dapatnya kursi terakhir, beruntung kita," ungkapnya. []

Baca juga: