Jakarta - Primus Yustisio dikabarkan akan lolos masuk Senayan untuk ketiga kalinya. Hal itu diperkuat dengan data terbaru real count KPU, PAN menjadi partai keenam yang lolos setelah PKB dengan persentase suara 7 persen.

Pria yang lahir di Bogor pada 17 Agustus 1977 ini dikenal publik, karena kerap tampil di layar kaca. Kiprahnya sebagai model dan aktor terbilang sukses pada masanya.

Lama tidak aktif di dunia hiburan, pada 2008 Primus mencalonkan diri sebagai calon Wakil Bupati Subang yang berpasangan dengan Imas Aryumningsih. Keduanya diusung oleh partai Golkar, Partai Demokrat, dan Partai Amanat Nasional.

Sayangnya, dikalahkan oleh pasangan Eep Hidayat dan Ojang Sohandi yang diusung PDIP. Kekalahannya itu diduga membuat Primus bangkrut, sehingga dia sempat mengundurkan diri dari panggung politik. 

Berkat dukungan keluarga dan sang istri, akhirnya Primus kembali mencalonkan diri untuk menjadi anggota DPR untuk daerah pilihan (Dapil) Subang, Jawa Barat IX yang diusung Partai Amanat Nasional (PAN).

Ayah empat anak itu lebih dikenal sebagai selebritis dibanding politikus, sehingga memudahkan berkampanye dari rumah ke rumah hingga berpidato di lapangan. Dengan kerja keras dan popularitas, berhasil menghantarkannya ke Senayan menjadi anggota DPR periode 2009-2014.

Habis masa jabatannya, tahun 2014 Primus kembali maju sebagai caleg dari PAN untuk Dapil Bogor, Jawa Barat V. Ia kembali lolos ke Senayan menjadi anggota DPR RI periode 2014-2019.

Setelah sepuluh tahun atau dua periode di Senayan, Primus merasa tidak cukup, dia kembali mengajukan diri sebagai caleg dari PAN untuk dapil Bogor Jawa Barat V dalam Pemilu 2019.

Primus bertarung dengan Ravindra Airlangga dari Golkar, Fahmy Alaydroes dari PKS, Elly Rachmat Yasin dari PPP, Mulyadi dari Gerindra dan Ade Wardana dari PKB, serta para petahana yakni, Fadli Zon dari Gerindra, Adian Napitupulu dari PDI Perjuangan, Ichsan Firdaus dari Golkar.

Tidak hanya bersaing dengan sejumlah partai, Primus juga harus bersaing dengan caleg pendatang baru PAN, Faldo Maldini. Sehingga belum dapat dipastikan jika akan lolos pada Pemilu 2019. []

Baca juga: