Jakarta - Rachel Maryam Sayidina dikabarkan lolos ke Senayan, menjadi calon Anggota DPR RI fraksi Partai Gerindra daerah pemilihan (Dapil) Garut, Jawa Barat.

Perempuan kelahiran Bandung, Jawa Barat ini terjun di dunia politik bukan kali pertama. Rachel pernah menjadi anggota DPR periode 2009-2014 dari Partai Gerindra, untuk Daerah Pemilihan Jawa Barat II.

Saat jadi anggota DPR RI tahun 2009 hingga 2014, ia duduk di Komisi 1 yang membidangi Pertahanan, Luar Negeri dan Informasi. Rachel juga menduduki posisi Wasekjen di Partai Gerindra.

Pada Pemilu Legislatif 2014, Rachel maju sebagai calon legislatif dapil Jawa Barat II, dia pun lolos ke Senayan dan menjadi anggota DPR periode 2014-2019 dengan perolehan suara 58.758 suara.

Dalam periode 2014 hingga 2019, perempuan berkelahiran 20 April 1980 ini ditugaskan di Komisi I yang membidangi pertahanan, intelijen, luar negeri, komunikasi dan informatika.

Pemilu 2019 ini, Rachel kembali menjadi calon anggota DPR RI fraksi Partai Gerindra. Dirinya terdaftar di Dapil Jabar 2 Kabupaten Bandung dan Bandung Barat.

Selain kehidupan politik, tentu saja tak banyak yang belum mengetahui bagaimana awal nama Rachel Maryam dapat dikenal di masyarakat? Perempuan berusia 39 tahun ini awalnya sudah terkenal di dunia hiburan (Entertainment).

Darah seni memang telah mengalir dalam diri Rachel. Nenek dari pihak ibunya adalah seorang pemetik harpa, sedangkan nenek dari pihak ayahnya adalah seorang sinden. Bakat aktingnya sudah mulai terasah, saat bersekolah di SMUN 19 Bandung, bergabung di kelompok teater sekolah.

Lulus dari SMA, Rachel ingin melanjutkan belajar akting di Institut Kesenian Jakarta. Sayangnya, keinginannya itu seakan tak direstui oleh sang ibu Marina Trijawati. 

Atas dasar keinginan Marina, Rachel masuk ke Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung, jurusan Manajemen Tata Hidang(Food and Beverages Services). 

Saat menjadi seorang model ini, namanya mulai dikenal, membintangi video klip Sephia' milik grup band Sheila on 7. Berkat dari aktingnya di dalam video klip tersebut, Rachel mendapatkan penghargaan sebagai Model Klip Terbaik MTV 2001.

Dalam dunia akting ini, Rachel semakin menunjukkan keseriusannya. Selama tiga bulan di menempuh pendidikan di Jerman

Melalui film Arisan (2003), Rachel berhasil mendapatkan Piala Citra untuk predikat aktris pendukung terbaik.  

Rachel sempat terjerat kasus pornografi, saat video sedang berganti baju di sebuah kamar mandi tersebar luas tahun 2003. Kasus ini melibatkan sejumlah artis termasuk Shanty, Femmy Permatasari dan Sarah Azhari. 

Dalam kasus ini, Rachel dan teman-temannya ditetapkan sebagai korban dari tersangka Budi Han, penanggung jawab Studio Budi Han di mana gambar mereka diambil. []

Baca juga: