UNTUK INDONESIA
Profil Putri Tanjung, Staf Khusus Presiden Jokowi
Putri Tanjung, anak sulung pengusaha terkemuka Chairul Tanjung disebut Wakil Ketua DPR Arsul Sani, bakal menjadi staf khusus Presiden Jokowi.
Putri Tanjung anak sulung Chairil Tanjung. (foto: Instagram/@putri_tanjung).

Jakarta - Presiden Joko Widodo berencana mengumumkan 12 orang nama staf khusus (stafsus) Presiden periode pemerintahan 2019-2024. Salah satu nama yang ramai dibicarakan menjadi stafsus adalah anak sulung pengusaha Chairul Tanjung, Putri Tanjung.

Perempuan pemilik nama lengkap Putri Indahsari Tanjung ini telah menjalankan bisnis kreatif seperti sang ayah. Bahkan, dara berusia 23 tahun ini telah membangun sejak usia 15 tahun.

Dia sudah dibiasakan mandiri sejak dini. Meskipun terlahir dari golongan ningrat, Putri tidak biasa dimanjakan dan sudah dilatih untuk selalu bekerja keras sejak dirinya masih kecil.

Meskipun belum menemukan titik balance, saya bersyukur banget karena saya punya ibu yang selalu mengingatkan saya untuk balance dengan semua kegiatan.

Pesan Chairul Tanjung yang sulit dia lupa adalah, bahwa setiap orang punya hak yang sama untuk sukses, tidak menyoal umur, seorang anak pengusaha terkemuka, ataupun dilihat berdasarkan status gender.

Baca juga: Budiman Sudjatmiko: Penolak Ahok Takut Disembuhkan

Dari situ Putri tarik kesimpulan, hal terpenting dalam hidup ini adalah harus berani memulai, jangan takut merintis, dan jangan pernah takut tidak mau susah.

Sebab, bagi dia, untuk meraih kesuksesan tidak ada yang instan, karena segala hal penuh dengan lika-liku, ada proses yang bisa dijadikan sebuah bahan pembelajaran. Meskipun sulit, nantinya akan menuai hasil positif.

Putri yang akrab dipanggil Uti ini lahir pada 22 September 1996. Selain cantik, Putri juga merupakan sosok yang pintar dan bertalenta. 

Hal ini terbukti, pada usia kepala dua dia sudah bisa menjadi CEO and Founder Creativepreneur Event Creator yang ia dirikan sejak usia belasan.

"Sebenarnya aku terjun ke dunia bisnis sejak usia 15 tahun, mulainya karena pressure mencari sukanya apa, bisanya apa, sehabis itu tercemplung-lah di dunia event. Saat itu saya ingin banget jadi seorang entrepreneur membuat wadah bagi anak muda," kata dia seperti dilihat Tagar dari akun YouTube Paparazzi Channel, Kamis, 21 November 2019.

Putri bercerita, pada tahun 2014 dia pernah membuat acara bertajuk Creative Entrepreneur Corner. "Ini yang menjadi cikal bakal perubahan nama Event Organizer menjadi Creativepreneur Event Creator," ucapnya.

Chief Business Officer (CBO) Kreavi ini melanjutkan, semula ia ingin merintis usaha entrepreneur karena dendam, banyak orang yang meremehkan dan tidak suka apabila dirinya dapat berkarya sendiri. Hal itu karena ia anak dari pengusaha sukses.

Baca juga: Sandiaga Uno Ingatkan Erick Thohir soal Utang BUMN

"Cuma akhirnya saya memutuskan untuk mengubah dendam itu menjadi sebuah motivasi. Motivasi untuk membuktikan diri bahwa anak-anak muda Indonesia itu banyak banget yang bisa berkarya walaupun masih muda, saya perempuan tapi juga bisa berkarya," katanya.

"Jadi kata-kata yang cibiran dan segala macam itu semuanya justru jadi dorongan untuk memotivasi," lanjutnya.

Menjadi seorang wanita karir yang sukses di usia cukup muda tidak lantas membuat pemilik akun Instagram @putri_tanjung ini lupa diri. Ia sering terlibat dalam berbagai social champaigne, beberapa di antaranya ia dirikan sendiri kegiatan tersebut.

Putri menimba ilmu di Academy of Art University di San Fransisco, Amerika Serikat. Di sana ia mengambil jurusan Multimedia Communication. 

Hingga kini ia masih sering bolak-balik Jakarta-San Fransisco, karena dia masih aktif mengadakan berbagai event meski tengah sibuk kuliah.

Baca juga: Masalah Ahok, Novel Bamukmin Membemper Arie Gumilar

Masalah mengelola waktu, Putri mengaku masih belajar meramu cara terbaik untuk mendahului hal mana yang harus diprioritaskan.

Apabila sedang libur kuliah, ia mengaku akan menyibukkan diri dengan bekerja. Namun, ketika sedang menjalankan studi, Putri harus mengurangi porsi kerja untuk fokus belajar.

"Meskipun belum menemukan titik balance, saya bersyukur banget karena saya punya ibu yang selalu mengingatkan saya untuk balance dengan semua kegiatan," kata Putri.

Semisal, tatkala ia bekerja hingga larut malam, sudah mulai jarang kumpul dengan keluarga, maka sang ibu akan mengingatkannya untuk menyeimbangkan segala rutinitas harian. 

Menurutnya, milenial saat ini harus menguasai tiga kunci utama, yakni berinovasi, berwirausaha dan kreatif. Sebab, kompetisi di dunia bisnis saat ini ia pandang sangat luar biasa. Untuk menjadi pemenang, Putri tegaskan harus memiliki ketiga hal di atas.

Selain itu, Putri juga mempunyai proyek film pendek berjudul Kinetik. Visi misi film tersebut, kata dia, untuk menginspirasi anak muda Indonesia untuk bergerak dan berkontribusi untuk bangsa.

Penunjukan Putri sebagai staf khusus presiden dikonfirmasi oleh Wakil Ketua MPR Arsul Sani. Dia menilai Presiden RI ke-7 sengaja memilih para staf khususnya yang berasal dari kalangan milenial dan profesional untuk bekerja sebagai staf khususnya.

"Saya tak mendengar secara jelas ya, tapi kabar-kabarnya anaknya Pak Chairul Tanjung juga. Ya kita ucapkan selamat lah. Kepada anak-anak muda kita yang jadi staf khusus," kata Arsul kepada wartawan di Kompleks MPR/DPR, Jakarta, Kamis 21 November 2019. []

Berita terkait
Angkie Yudistia, Tunarungu Jadi Staf Khusus Jokowi?
Angkie Yudistia disebut-sebut masuk dalam daftar 12 nama staf khusus Presiden Jokowi.
12 Nama Staf Khusus Jokowi Diumumkan Sore Ini
Presiden Jokowi akan mengumumkan 12 nama staf khusus presiden yang akan membantu kinerjanya selama lima tahun ke depan.
Profil Angela Tanoesoedibjo Wakil Menteri Wishnutama
Profil Angela Tanoesoedibjo yang akan menjadi pembantu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama. Putri Hary Tanoesoedibjo dilantik Jokowi.
0
Menkominfo Ungkap Pertemuan Jokowi dengan Amerika
Menkominfo Johnny G Plate menyatakan Indonesia dengan Amerika Serikat membahas investasi yang diketahui Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).