UNTUK INDONESIA
Profil Angela Tanoesoedibjo Wakil Menteri Wishnutama
Profil Angela Tanoesoedibjo yang akan menjadi pembantu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama. Putri Hary Tanoesoedibjo dilantik Jokowi.
Calon Wakil Menteri Pariwisata Angela Tanoesoedibjo mengacungkan jempol usai bertemu Presiden Joko Widodo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (25/10/2019). (Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay)

Jakarta - Putri sulung Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo, Angela Tanoesoedibjo resmi dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam Kabinet Indonesia Bersatu di Istana Negara, Jakarta, pada Jumat, 25 Oktober 2019. Dia akan bekerja sama dengan Wishnutama.

Saat ini Angela baru berusia 32 tahun dan menjadi pejabat termuda di Kabinet terbaru Jokowi-Ma'ruf Amin. Perempuan kelahiran Ottawa, Kanada pada 23 April 1987 ini optimis mampu mengemban tugas yang diberikan RI-1. 

Sebab, dia memiliki latar belakang di bidang retail, finansial dan pada bidang manajemen media.

Jokowi: Angela Tanoesoedibjo, masih muda, pengusaha yang berpengalaman di bidang media, pintar dalam promosi, sehingga diberi kepercayaan sebagai Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

"Ini tentu membantu saya bekerja secara kreatif, cepat, dan high impact," ujarnya.

Presiden RI ke-7 Jokowi sudah jauh hari telah menerangkan, terdapat tiga kriteria menteri dalam kabinet terbarunya. 

Pertama, menteri yang ditunjuk harus memiliki sense dalam mengeksekusi program yang tepat dan cepat. Kedua, menteri yang dipilih harus mengerti manajemen, sehingga dapat mengelola anggaran dan personalia. Ketiga, menteri yang dipercayai nantinya berasal dari kalangan milenial.

Sebelum terjun sebagai politikus, Angela pernah ditunjuk sebagai Direktur Perseroan MNC Group melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa yang dinyatakan dalam Akta Penyataan Keputusan Rapat Nomor 70 tanggal 30 September 2016.

Di MNC grup, perempuan yang lahir dari pasangan Hary Tanoesoedibjo dan Liliana Tanoesoedibjo ini sempat menjabat sebagai Managing Director di PT Global Informasi Bermutu atau Global TV. Di perusahaan ayahnya, dia juga sempat bekerja sebagai staf keuangan.

Pada tahun 2008, Angela juga pernah ditunjuk sebagai Editor in Chief di HighEnd Teen Magazine dan HighEnd Magazine.

Di bidang pendidikan, Angela menyabet gelar Bachelor of Arts in Communications (Media Arts and Productions) dari Universitas Teknologi Sydney Australia pada tahun 2008. 

Berselang dua tahun, ibu dua anak ini menambah titel Master of Commerce dalam bidang Keuangan dari University New South Wales Australia.

Dengan gelar yang dimilikinya, Angelina diharapkan mampu bermanuver cepat demi kemajuan Indonesia dalam menyongsong industri 4.0. 

Presiden Jokowi memandang penunjukan dan jabatan Angela saat ini sudah tepat. 

"Angela Tanoesoedibjo, masih muda, pengusaha yang berpengalaman di bidang media, pintar dalam promosi, sehingga diberi kepercayaan sebagai Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif," ujar Jokowi.

Angela menyatakan bakal menjawab tantangan presiden dengan jabatan yang diembannya. "Saya tidak sabar (ingin) bekerja sama dengan Pak Wishnutama," kata dia.

Angela Tanoesoedibjo dilantik bersama 11 wakil menteri Kabinet Indonesia Bersatu Jokowi-Ma'ruf Amin periode kerja 2019-2024 di Istana Kepresidenan, Jumat kemarin. []

Berita terkait
Angela Tanoesoedibjo Menghadap Wishnutama, Ngapain?
Setelah dilantik menjadi wakil menteri, Angela Tanoesoedibjo mengaku akan langsung meluncur bertemu atasannya Menteri Wishnutama.
Daftar Usia Wakil Menteri, Angela Tanoesoedibjo Termuda
Usia Wakil Menteri termuda diketahui berumur 32 tahun sementara umur tertua 56 tahun.
Beban Promosi Pariwisata Wamen Angela Tanoesoedibjo
Putri sulung bos MNC TV Angela Tanoesoedibjo mendapatkan mandat dari Presiden Jokowi. Beban promosi pariwisata langsung diberikan kepadanya.
0
Target Semifinal, Persik Tak Remehkan Martapura FC
Persik Kediri target menang untuk memastikan ke semifinal saat menghadapi Martapura FC di laga terakhir 8 Besar Liga 2, Senin 18 November 2019.