UNTUK INDONESIA
Profil Bob Hasan Sang Bapak Atletik Indonesia
Bob Hasan yang dikenal sebagai Bapak Atletik Indonesia itu menutup usia di RSPAD Gatot Subroto pada Selasa, 31 Maret 2020.
Bob Hasan. (Foto: Instagram/pasipusat/tagged/)

Jakarta - Mohammad Hasan Gatot Subroto atau biasa di panggil dengan nama Bob Hasan, meninggal dunia pada Selasa, 31 Maret 2020. Pengusaha kayu yang berjuluk Bapak Atletik Indonesia itu menutup usia di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta sekitar pukul 11.00 WIB.

Bob Hasan meninggal dunia di usia 89 tahun setelah berjuang melawan kanker yang telah lama dideritanya. Rencananya, jenazah pria yang pernah menjabat sebagai Menteri Perindustrian dan Perdagangan Indonesia pada era Orde Baru itu akan dikebumikan di Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah pada Rabu, 1 April 2020.

Bob Hasan merupakan pria kelahiran asal Semarang, 24 Febuari 1931. Namanya mencuat lantaran sukses berbisnis dalam industri kayu yang dekat dengan keluarga Cendana, sewaktu Presiden Soeharto memimpin Indonesia di era Orde Baru.

Selain dikenal sebagai seorang pengusaha sukses yang mantan menteri, Bob Hasan juga aktif sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) sejak tahun 1976. Hingga akhir hayatnya, ia tetap mengabdi di kancah atletik nasional dengan jabatan itu.

Bob Hasan telah menggemari dunia olahraga sejak masih berusia muda. Pada era 1970-an, ia telah biasa mengitari Stadion Utama Senayan (saat ini Stadion Utama Gelora Bung Karno) atau naik turun bukit yang saat itu ada di sekitar stadion. Kebiasaan tersebut ia lakukan dalam kurun waktu hingga belasan tahun.

Bob hasanBob Hasan, mantan Menteri Perdagangan dan Perindustrian era orde bar. (Foto: Antara/Hafidz Mubarak )

Kecintaannya terhadap dunia olahraga kian menjadi sewaktu Presiden Soeharto memintanya untuk duduk di posisi ketua organisasi PASI. Meski saat itu ia tengah sibuk dengan urusan bisnis, tawaran tersebut tak mampu ia tolak lantaran tidak ingin kepala negara kecewa.

Selama menjabat sebagai ketua Umum PB PASI, Bob Hasan terbilang berhasil melahirkan sejumlah atlet berprestasi melalui kebijakan pembinaannya. Ia juga dikenal rajin mencari bibit baru ke daerah-daerah melalui para pelatih atau sejumlah kejuaraan atletik yang digelar untuk kalangan muda.

Beberapa nama atlet berprestasi yang lahir dari tangan dingin pembinaan Bob Hasan antara lain Poernomo Muhammad Yudhi, Mardi Lestari, Maria Londa, Triyaningsih, Aggus Prayoga, dan Muhammad Zohri. Pria yang identik dengan kumis itu juga merupakan sosok yang membiayai seluruh kebutuhan Zohri saat mengikuti lomba lari tingkat dunia di Finlandia, pada Juli 2018 lalu.

Atas berbagai prestasinya di kancah atletik, Bob Hasan didapuk sebagai Anggota Tetap Dewan Kehormatan Asosiasi Federasi Atletik tingkat dunia (IAAF).

Baca juga: Bob Hasan, Menteri Era Orde Baru Meninggal Dunia

Sementara di kancah lain, Bob Hasan juga dikenal sebagai pengusaha media yang mendirikan majalah berita mingguan Gatra pada tahun 1994. Saat itu, majalah ini dikenal sebagai media pendukunhg pemerintah saat Orde Baru masih berkuasa. []

(Dhea Zirda) 


Berita terkait
Djoko Pekik, Pelukis yang Karyanya Dibeli Jokowi
Presiden Joko Widodo (Jokowi) membeli karya seorang pelukis bernama Djoko Pekik yang saat ini tinggal di daerah Bantul, Yogyakarta.
Profil Raja Jogja Sri Sultan Hamengku Buwono X
Sri Sultan Hamengku Buwono X memutuskan situasi tanggap darurat bencana virus corona Daerah Istimewa Yogyakarta. Ini profil lengkap Sang Raja.
Profil Ketua IAI Ahmad Djuhara Meninggal di RSIP
Ketua Umum Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Ahmad Djuhara meninggal di RSPI) Sulianti Saroso, Jakarta, pada Jumat, 27 Maret 2020.
0
Data Bansos Dampak Covid-19 Kemensos di Bantul Kacau
Lurah di Bantul, Yogyakarta, dipusingkan data penerima bansos dampak Covid-19 dari Kemensos.