UNTUK INDONESIA
Positif Virus Corona Diketahui Setelah Dua Minggu
Pengamat Kesehatan Aceh Mulyadi menyebutkan hasil positif terkena virus corona muncul setelah dua minggu kemudian.
RSUD dr Soeselo Kabupaten Tegal menyatakan kesiapannya menanganani pasien terjangkit virus corona. Skenario penanganan juga sudah disimulasikan. (Foto: Tagar/Farid Firdaus)

Lhokseumawe – Kementerian Kesehatan telah menunjuk Rumah Sakit Zainoel Abidin Banda Aceh dan Rumah Sakit Umum Daerah Cut Meutia Lhokseumawe, sebagai rumah sakit rujukan untuk menangani pasien yang positif mengidap virus Corona atau Covid-19.

Pengamat Kesehatan Aceh Mulyadi, mengatakan apabila ada pasien yang diduga mengidap virus Corona, maka sampel darahnya diambil dan harus dikirim ke Badan Litbangkes Kemeterian Kesehatan di Jakarta.

“Hasil analisa dari laboratorium itu baru keluar selama dua minggu setelah sampelnya dikirim, sehingga si pasien baru bisa dinyatakan positif atau tidak mengidap Virus Corona,” ujar Mulyadi, Kamis, 5 Februari 2020.

Mulyadi menambahkan, meskipun demikian pihak rumah sakit tetap menganalisa gejala-gejala utama apabila terjangkit Virus Corona dan langsung dilakukan isolasi di ruangan yang telah ditentukan.

Ada beberapa gejala utama bagi penderita Virus Corona, seperti batuk pneumonia atau batuk yang disebabkan oleh bakteri dan virus, gejalanya demam dan napas cepat, serta beberapa gejala lainnya.

Hasil analisa dari laboratorium itu baru keluar selama dua minggu setelah sampelnya dikirim, sehingga si pasien baru bisa dinyatakan positif atau tidak mengidap Virus Corona.

“Apabila ada pasien yang gejala-gejala penyakitnya diduga mengidap Corona, maka langsung dilakukan isolasi sambil menunggu hasil laboratorium. Apabila hasilnya dinyatakan negatif, maka tidak dilakukan isolasi lagi,” tutur Mulyadi.

Mulyadi menambahkan saat ini Provinsi Aceh cukup siap untuk menghadapi virus Corona tersebut, apalagi dengan jumlah tenaga medis yang memadai, serta sejumlah peralatan yang dimiliki oleh rumah sakit rujukan cukup baik.

“Menurut saya Provinsi Aceh sudah sangat siap menghadapi virus Corona ini dan Standar Operasional Prosedur (SOP) nya juga cukup profesional,” kata Mulyadi. []

Baca juga:

Berita terkait
Stok Masker di Puskesmas Abdya Aceh Cukup Tiga Bulan
Dinkes Abdya Aceh memastikan stok masker untuk seluruh Puskesmas aman hingga bulan Mei 2020 mendatang.
Corona, Wali Kota Banda Aceh Minta Masyarakat Tenang
Masyarakat Banda Aceh di minta untuk tetap tenang dan jangan mudah percaya terkait isu corona.
Masyarakat Aceh Singkil Diminta Beli Masker Sendiri
Untuk mencegah wabah virus corona atau Covid-19, masyarakat Aceh Singkil, Aceh diminta untuk membeli masker dengan biaya sendiri.
0
Pengakuan Menantu Bunuh Sadis Mertua‎ di Pemalang
Pembunuhan menantu terhadap mertua di Pemalang terungkap jelas. Sang menantu akhirnya membeber penyebab ia menggorok leher mertuanya.