Posisi yang Paling Tepat Memberikan ASI ke Bayi

Sebagian ibu menyusui tidak memahami posisi yang paling tepat saat memberikan ASI kepada sang buah hati. Berikut posisi yang tepat memberikan ASI.
Ilustrasi Menyusui. (Foto: sherights.com)

TAGAR.id, Jakarta - Sebagian besar ibu menyusui tidak memahami posisi yang paling tepat saat memberikan asupan air susu ibu (ASI) kepada sang buah hati. Akibatnya ASI yang keluar sedikit atau puting payudara menjadi lecet.

Dengan menyusui bayi dalam posisi tepat, para ibu bisa tetap nyaman serta asupan bayi bisa tetap tercukupi. Dilansir dari laman Times of India, berikut Tagar ulas mengenai posisi tepat menyusui bayi.

1. Laidback Position

Laidback position merupakan posisi pertama yang bisa dicoba untuk menyusui bayi. Posisi ini dapat membuat ibu bisa lebih santai dengan posisi perut bayi di bawah dada dan kepalanya bisa sejajar dengan dada sambil para ibu bersandar di kursi atau sandaran tempat tidur

Selain itu, posisi ini menjadi yang sangat tepat lantaran dapat membantu bayi prematur, kembar, serta bayi yang mengalami kesulitan perlekatan.

2. Craddle Hold

Craddle hold merupakan posisi menyusui dengan menopang tubuh bayi dengan menekukan salah satu tangan. Meski sulit untuk memulainya, nyatanya posisi ini menjadi salah satu yang paling nyaman untuk menyusui setelah bayi menyusu dengan baik.

3. Berbaring Menyamping

Berbaring menyamping bisa menjadi pilihan posisi menyusui para ibu yang merasa lelah atau di saat malam hari. Posisi ini bisa membantu meningkatkan kenyamanan proses menyusui khususnya bagi ibu yang melahirkan dengan operasi caesar.

4. Cross-cradle Hold

Serupa dengan cradle hold, bedanya posisi ini dilakukan dengan cara menopang tubuh bayi menggunakan lengan yang berlawanan dengan payudara tempat bayi menyusu. Posisi ini menjadi yang terbaik untuk bayi baru lahir atau yang sulit menyusu.

Saat melakukan posisi ini, ibu bisa melihat secara jelas mulut bayi dengan puting payudara. Ini bertujuan agar para ibu bisa mengawasi sang buah hati menyusu dengan baik.

5. Football Hold

Football hold dilakukan dengan cara mengapit bayi pada sisi tubuh di bawah lengan. Posisi ini menjadi yang paling baik untuk dipilih para ibu yang mempunyai bayi kembar dan yang melahirkan dengan metode operasi caesar.

Selain itu, posisi ini juga mempermudah para ibu yang memiliki payudara besar. Sehingga, mulut bayi dan puting bisa terlihat dengan jelas.

Nah, itulah beberapa posisi yang paling tepat untuk menyusui bayi. Namun, terlepas dari posisinya, menyusui dengan kedua payudara secara bergantian menjadi yang paling baik.

Baca Juga:

Berita terkait
Panduan Imunisasi Anak Selama Pandemi Corona
Selama pandemi virus Corona, orang tua tidak boleh lupa memberikan imunisasi pada anak. Berikut panduan imunisasi anak yang harus diperhatikan.
Cara Aman Ibu Hamil Memelihara Hewan di Rumah
Mungkin ibu hamil merasa khawatir dengan kehadiran hewan peliharaanya di rumah. Berikut cara aman agar bumil tetap sehat saat memelihara hewan.
Tips Menjaga Kesehatan Mental Ibu Hamil Saat Pandemi
kesehatan mental saat pandemi penting dijaga oleh ibu hamil. Sebagai langkah ibu dan janinnya tetap sehat.
0
Posisi yang Paling Tepat Memberikan ASI ke Bayi
Sebagian ibu menyusui tidak memahami posisi yang paling tepat saat memberikan ASI kepada sang buah hati. Berikut posisi yang tepat memberikan ASI.