UNTUK INDONESIA
Panduan Imunisasi Anak Selama Pandemi Corona
Selama pandemi virus Corona, orang tua tidak boleh lupa memberikan imunisasi pada anak. Berikut panduan imunisasi anak yang harus diperhatikan.
Ilustrasi Imunisasi. (Foto: health.wyo.gov)

Jakarta - Selama pandemi virus Corona atau Covid-19, para orang tua tidak boleh lupa memberikan imunisasi pada anak. Tetapi, pastikan ketika membawa mereka hendak vaksin ke pusat kesehatan aman untuk sang buah hati. 

Di tengah pandemi sekarang ini sebagian orang tua pasti khawatir membawa anak-anak ke pusat kesehatan. Namun, ini bukan menjadi alasan untuk menunda imunisasi pada bayi usia 0-18 bulan. 

Konsultan pediatri ZAP Clinic dokter Citra Amelinda memaparkan tata cara atau panduan vaksinasi agar terhindar dari penularan virus Corona. Hal pertama yang harus dilakukan, yaitu memilih tempat kesehatan yang melakukan screening mulai dari pintu paling depan.

Pilih juga tempat kesehatan yang memisahkan anak yang sakit dengan yang sehat.

"Pilih tempat kesehatan yang meminimalisir proses administrasi, kalau mau konsul atau administrasi kalau bisa sebelumnya lewat online. Pembayaran administrasi juga kalau bisa enggak perlu dilakukan, manfaatkan teknologi," kata dokter Citra dalam bincang-bincang bersama ZAP Clinic, seperti dikutip Antara.

Selain itu, saat berkunjung ke tempat kesehatan pastikan Anda mengenakan masker dan menjaga jarak dengan pengunjung lainnya. Jika tak ada yang perlu diurus lagi, sebaiknya langsung pulang dan tidak berada di area tempat kesehatan dengan waktu yang lama.

"Pilih juga tempat kesehatan yang memisahkan anak yang sakit dengan yang sehat. Lakukan booking online sebelumnya, konsultasi sama dokter bisa virtual terus vaksin, selesai pulang," ucap dokter Citra.

Dia juga menyarankan mencari tempat lain yang aman untuk menunggu reaksi dari vaksin tersebut. "Tapi kalau mungkin ada yang mau ditunggu kayak nunggu efek samping vaksin, untuk beberapa vaksin memang ada yang menimbulkan efek samping, bisa dilakukan di mobil, baru pulang," ujarnya

Kata dokter Citra, sebisa mungkin tidak membawa anak bolak-balik ke tempat kesehatan selama masa pandemi.

"Kalau terlambat melakukan vaksinasi, bisa dilakukan sekaligus. Ini enggak akan menimbulkan efek samping, ini aman. Selama masa pandemi sebisa mungkin anak enggak boleh bolak-balik ke rumah sakit, jadi kita lakukan vaksinasi sekaligus," tutur dokter Citra. []

Baca juga:

Berita terkait
Prosedur Maskapai Penerbangan Saat New Normal
Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO) menerbitkan rekomendasi kesehatan khusus untuk industri penerbangan di era new normal.
Tips Aman Berbelanja ke Pasar Saat New Normal
Berbelanja ke pasar tradisional di era new normal, masyarakat diingatkan tetap harus waspada terhadap paparan virus Corona.
Tips Mencari Tempat Kuliner Sehat di Masa New Normal
Mencari tempat kuliner di masa new normal sekarang ini tidak boleh sembarangan. Berikut tips yang harus diperhatikan oleh masyarakat.
0
Panduan Imunisasi Anak Selama Pandemi Corona
Selama pandemi virus Corona, orang tua tidak boleh lupa memberikan imunisasi pada anak. Berikut panduan imunisasi anak yang harus diperhatikan.