UNTUK INDONESIA
Cara Aman Merawat Kesehatan Gigi Bayi dan Balita
Merawat gigi bayi dan balita sangatlah penting agar si kecil terhindar dari gangguan kesehatan gigi dan mulut seperti gingivitis atau radang gusi.
Ilustrasi Bayi. (Foto: Pixabay/rafael1979)

Jakarta - Merawat gigi bayi dan balita sangatlah penting agar si kecil terhindar dari gangguan kesehatan gigi dan mulut seperti gingivitis atau radang gusi. Jenis penyakit ini bisa mempengaruhi pertumbuhan gigi si buah hati kelak. 

Dokter Abi Noya dari Alodokter menyarankan semua para ibu untuk tetap merawat kesehatan gigi dan gusi si kecil dengan menggunakan kain basah yang lembut. 

"Caranya bunda bisa lilitkan kain lembut atau kain kasa yang telah dibasahi dengan air bersih. Kemudian, usaplah di bagian gigi dan gusi dengan perlahan dan lembut. Bunda bisa melakukan cara ini setidaknya 2 kali sehari, yaitu setelah si kecil minum susu, makan atau sebelum tidur," ucap dr. Abi Noya melalui channel YouTube Alodokter, seperti yang dikutip Tagar, Kamis, 17 September 2020. 

Kata dia, cara ini sangat bermanfaat untuk membersihkan bakteri atau kotoran penyebab plak dan juga penyakit pada gigi serta gusi. Namun sebelum para bunda menerapkan metode ini, pastikan Anda telah mencuci kedua tangan hingga bersih.

Botol dot susu yang dibiarkan terlalu lama di mulut bisa meningkatkan risiko gigi berlubang dan memicu pertumbuhan bakteri di dalam rongga mulut.

"Kemudian kalau gigi si kecil mulai tumbuh lebih banyak, bunda udah mulai bisa memperkenalkannya dengan sikat gigi. Pilih sikat gigi khusus bayi dengan bulu sikat yang lembut, kemudian cari kepalanya yang lebih kecil dan juga pegangannya cukup besar, sehingga nyaman untuk digenggam. Untuk awal-awal sih gak perlu pakai pasta gigi dulu bun," kata dr. Abi Noya. 

Bila sang buah hati sudah bisa diajarkan untuk berkumur dan membuang ludah dengan baik, barulah Anda mencoba memperkenalkannya dengan pasta gigi untuk merawat gigi mereka.

"Selanjutnya kalau si kecil udah berumur satu tahun, bunda sudah mulai bisa memberikannya air mineral di sela-sela makan. Air mineral ini bermanfaat untuk membilas sisa-sisa makanan dan kotoran yang menempel pada gigi dan mulutnya," ujarnya. 

Dokter Abi Noya mengingatkan para bunda untuk terus memperhatikan kondisi gigi si kecil dengan rutin. Pastikan kesehatan gigi mereka tetap terjaga. 

"Periksa apakah ada lubang pada gigi si kecil maupun adanya perubahan warna pada giginya. Misalnya ditandai dengan adanya bintik putih, kecokelatan atau kehitaman. Biasanya paling gampang sih untuk dicek itu pas lagi mandi atau sesudahnya," tuturnya.

Bila memang gigi sang buah hati mengalami perubahan warna atau berlubang, Anda disarankan untuk memeriksakannya ke dokter gigi untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. 

"Ada hal yang perlu bunda ingat nih, biasanya orang tua suka memberikan botol dot susu untuk membantu si kecil tertidur, kemudian pas udah tidur eh gak dilepas. Nah, hal ini sebaiknya dihindari ya bun, karena botol dot susu yang dibiarkan terlalu lama di mulut bisa meningkatkan risiko gigi berlubang dan memicu pertumbuhan bakteri di dalam rongga mulut," kata dr. Abi Noya. []

Baca juga:

Berita terkait
Cara Aman Menyusui Bayi di Tengah Pandemi Corona
Para ibu yang tengah menyusui bayinya harus berhati-hati di tengah pandemi corona ini. Berikut cara aman menyusui di tengah pandemi covid-19
Panduan Imunisasi Anak Selama Pandemi Corona
Selama pandemi virus Corona, orang tua tidak boleh lupa memberikan imunisasi pada anak. Berikut panduan imunisasi anak yang harus diperhatikan.
Cara Bijak Memilih Lokasi Imunisasi Saat Masa Corona
Ahli tumbuh kembang anak, Prof. Soedjatmiko menyarankan pada orang tua agar bijak memilih lokasi imunisasi yang aman untuk anak selama masa Corona.
0
Cara Aman Merawat Kesehatan Gigi Bayi dan Balita
Merawat gigi bayi dan balita sangatlah penting agar si kecil terhindar dari gangguan kesehatan gigi dan mulut seperti gingivitis atau radang gusi.