Posisi Strategis Wartawan di Mata Tentara Yogyakarta

Keberadaan wartawan sangat diperlukan bagi setiap intansi pemerintah, tak terkecuali institusi militer di Yogyakarta.
Kapenrem 072/Pamungkas Yogyakarta Mayor Czi Agus Sriyanta foto bersama dengan awak media di Makorem Pamungkas, Selasa, 25 Agustus 2020. (Foto: Tagar/Penerangan Korem Pamungkas)

Yogyakarta - Keberadaan wartawan sangat diperlukan bagi setiap intansi pemerintah, tak terkecuali institusi militer. Termasuk Komando Resor Militer (Korem) 072/Pamungkas Yogyakarta yang sangat membutuhkan betul keberadaan juru warta ini.

"Di tengah gencarnya arus informasi yang sangat mudah didapat, maka kami dan rekan-rekan harus terus bersinergitas," kata Kepala Penerangan Korem (Kapenrem) 072/Pamungkas Yogyakarta Mayor Czi Agus Sriyanta saat berbincang santai dengan sejumlah wartawan yang kerap meliput kegiatan-kegiatan Korem Pamungkas, Selasa, 25 Agustus 2020.

"Mohon bantuan rekan-rekan media di DIY dan sekitarnya untuk turut mewartakan berita-berita di Korem Pamungkas. Tanpa bantuan rekan-rekan, hal-hal positif di Korem Pamungkas tak bisa disebarkan ke khalayak," tutur Mayor Agus.

Sebelumnya Agus merupakan Komandan Koramil (Danramil) Kasihan Bantul Pria murah senyum ini menggantikan Kepala Penrem sebelumnya yang dipegang Mayor Arm Mespan Hariyadi.

Serah terima jabatan Sertijab sendiri sudah dilakukan kemarin, 24 Agustus 2020 dengan dipimpin langsung Komandan Korem (Danrem) 072/Pamungkas Yogyakarta Brigjen TNI Ibnu Bintang Setiawan dan dilaksanakan di ruang Danrem dengan menerapkan protokol kesehatan yang teramat ketat. Sertijab juga dilakukan secara singkat dan hanya dihadiri Kasrem dan beberapa Kasi.

Tanpa bantuan rekan-rekan, hal-hal positif di Korem Pamungkas tak bisa disebarkan ke khalayak.

Dalam penegasannya, Brigjen Ibnu Bintang Setiawan menyampaikan, bahwa pergantian jabatan merupakan dinamika organisasi yang bertujuan sebagai kaderisasi dan pembinaan karier serta peningkatan kinerja dalam rangka menjawab tantangan tugas mendatang. Karena pembinaan personel kedepan harus betul-betul selektif utamanya dalam menentukan kader-kader pimpinan satuan, sehingga mampu melaksanakan tugas dengan benar secara obyektif.

"Ada hal mendasar yang harus dipahami dan dimaknai bersama dalam pelaksanaan serah terimajabatan ini yaitu, untuk mengoptimalkan kinerja organisasi dan memberi peluang pengembangan karier bagi personel yang eligible dan layak dalam melaksanakan tugas. Selain itu juga saling terkait dan senantiasa terus berlangsung secara simultan dalam rangka regenerasi kepemimpinan guna mewujudkan suatu kehidupan organisasi yang dinamis dan berkesinambungan," sambung Danrem.

Danrem Pamungkas juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada Mayor Mespan atas kinerja, dedikasi, loyalitas dan pengabdiannya, sehingga organisasi yang diawakinya dapat berjalan dengan baik dan lancar. Semoga pengalaman selama bertugas di satuan Korem dengan jabatan sebagai Kapenrem dapat menjadi bekal dalam menjalankan tugas di tempat yang baru sebagai Danramil Kasihan, Kodim 0729/Bantul.

"Kepada Mayor Agus sebagai pejabat yang baru, saya ucapkan selamat datang dan segera sesuaikan dengan tugas yang baru pula. Tidak lupa, jadikan jabatan sebagai wahana pengembangan karier serta pengaplikasian kepemimpinan dan manajerial yang efektif," tandas jenderal bintang satu itu. []

Berita terkait
Kodim Aktif Sisir Pusat Keramaian di Yogyakarta
Tentara Kodim 0734/Yogyakarta aktif menyisir pusat keramaian agar warga menerapkan adaptasi kebiasan baru di Kota Pelajar.
Cara Tentara di Mentawai Rayakan HUT ke-75 RI
Tentara di Mentawai meramaikan HUT ke-75 Republik Indonesia dengan menggelar perlombaan anak-anak.
9 Posisi Strategis Dijabat Tentara Aktif dan Nonaktif
Berikut Tagar rangkumkan 9 posisi strategis instansi pemerintah yang dijabat tentara aktif dan nonaktif dari unsur TNI.
0
Tito Karnavian: Kunci Sukses Pembangunan SDM Bukan SDA
Mendagri menekankan, konsep pembangunan harus diarahkan pada penguatan sumber daya manusia bukan sumber daya alam.