Pohon Tumbang Porak-porandakan Garasi Markas SAR di Bantul

Pohon kelapa tumbang menimpa garasi dan mobil milik SAR DIY di Bantul. Hujan deras disertai angin kencang kerap melanda Yogyakarta.
Angin kencang membuat pohon kelapa tumbang hingga menimpa dan memporak-porandakan bangunan garasi di markas SAR DIY Distrik Bantul. Pohon tersebut juga menimpa mobil rescue tim SAR. (Foto: Tagar/Istimewa)

Bantul - Hujan disertai angin kencang membuat pohon kelapa di dekat markas SAR Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Distrik Bantul tumbang. Ambruknya pohon itu menimpa dan memporak-porandakan garasi markas SAR yang berlokasi di Desa Pleret, Kecamatan Pleret, Bantul.     

Tak hanya itu, batang pohon juga menimpa mobil rescue 'gajah oranye' milik tim SAR yang terparkir di garasi. Kejadian bencana angin kencang ini terjadi Sabtu, 14 November 2020, sekitar pukul 14.15 WIB. 

Beruntung saat kejadian tidak ada anggota SAR yang tengah berada di bawah bangunan garasi. Selanjutnya batang pohon kelapa dipotong-potong guna memudahkan proses pembersihan dan pemindahan. 

“Kami bersama-sama dengan RAPI Pleret, WRC serta Polsek Pleret melakukan evakusi pohon tumbang yang menimpa garasi Markas Komando SAR DIY Distrik Bantul ini,” jelas Ketua SAR DIY Distrik Bantul, Bondan.

Kecamatan Piyungan, Pleret dan Imogiri sering terjadi hujan deras disertai angin kencang.

Karena rusak berat dan membahayakan, bangunan garasi akhirnya dirobohkan sekaligus. Rencananya, renovasi akan dilakukan dalam waktu dekat. Kerugian materiil ditaksir sekitar Rp 4 juta. 

“Untuk mobil kondisi aman, yang mengalami kerusakan cukup parah itu garasi akibat tertimpa pohon. Makanya setelah pohon dievakuasi, akan kami rencanakan untuk renovasi,” jelas Bondan.

Beberapa hari belakangan ini cuacu buruk memang sering terjadi di Daerah Istimewa Yogyakarta, termasuk Kabupaten Bantul. Hujan deras disertai angin kencang seringkali menerjang Bantul.

Baca juga: 

Data dari tim SAR menyebutkan Kecamatan Piyungan, Kecamatan Pleret, dan Kecamatan Imogiri adalah beberapa wilayah di Bantul yang kerap dihajar angin kencang.

“Kecamatan Piyungan, Pleret dan Imogiri sering terjadi hujan deras disertai angin kencang. Beberapa hari yang lalu di Imogiri juga terdapat pohon tumbang yang menimpa tiang listrik akibat angin kencang,” imbuh Bondan. []

Berita terkait
Diterjang Angin Kencang, Pohon di Kudus Bertumbangan
Bencana alam berupa angin kencang menerjang wilayah Kudus. Pohon, baliho dan tiang listrik bertumbangan.
Data Kerusakan Akibat Angin Kencang di Bantul dan Sleman
Hujan deras disetai angin kencang melanda tiga daerah di DIY yakni Bantul, Sleman dan Kota Yogyakarta. Berikut data kerusakannya.
Diterjang Angin Kencang, Ranting Pohon Timpa Rumah di Bantul
Sebuah rumah tertimpa ranting pohon yang tumbang saat hujan disertai angin kencang melanda Bantul, Yogyakarta.
0
Mendagri Lantik Bupati dan Wakil Bupati Supiori, Serta Penjabat Bupati Boven Digoel
Mendagri melantik Yan Imbab & Nichodemus Ronsumbre sebagai Bupati dan Wakil Bupati Supiori juga Yimin Weya sebagai Penjabat Bupati Boven Digoel.