Angin Kencang Sebabkan Pohon Tumbang di Sabang Aceh

Akibat hujan deras disertai angin kencang mengakibatkan satu pohon tumbang di badan jalan Kota Sabang, Aceh.
Akibat angin kencang, pohoh bertumbangan di Desa Iboih, Kecamatan Suka Jaya, Kota Sabang, Aceh, Senin, 12 Oktober 2020. (Foto: Tagar/Dok BPBA)

Banda Aceh – Hujan disertai angin kencang melanda sejumlah daerah di Provinsi Aceh pada Senin, 12 Oktober 2020. Akibatnya, sejumlah pohon ikut bertumbangan ke jalan.

Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) melaporkan, akibat angin kencang, pohoh bertumbangan di Desa Iboih, Kecamatan Suka Jaya, Kota Sabang, Aceh.

“Pohon yang tumbang di Sabang mengenai kabel listrik dan menutup badan jalan. Ini akibat tingginya curah hujan disertai angin kencang,” ujar Kepala Pelaksana BPBA, Sunawardi dalam keterangannya pada wartawan di Banda Aceh, Senin, 12 Oktober 2020 siang.

Ia menuturkan, kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 07.30 WIB. Tak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Pasca kejadian, BPBD Kota Sabang langsung turun ke lokasi, guna melakukan pembersihan material pohon tumbang.

Hingga siang hari, kata Sunawardi, puing-puing pohon tumbang tersebut sudah selesai dibersihkan. Pihaknya saat ini juga masih siaga dan melaksanakan monitoring di 23 kabupaten/kota di Aceh.

Selain di Kota Sabang, lanjut dia, angin kencang juga melanda Kabupaten Aceh Besar. Akibatnya, satu rumah di Desa Punie, Kecamatan Darul Imarah mengalami kerusakan.

Pohon yang tumbang di Sabang mengenai kabel listrik dan menutup badan jalan.

“Satu rumah kembali rusak akibat angin kencang yang terjadi di Desa Punie, Kecamatan Darul Imarah, Kabupaten Aceh Besar pagi tadi sekira pukul 09:43 WIB,” tutur Sunawardi.

Baca juga:

Menurut dia, hal tersebut disebabkan oleh tingginya curah hujan disertai angin kencang yang melanda wilayah Aceh beberapa hari ini.

“Diketahui rumah tersebut milik saudari Kamariah, 49 tahun. Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. BPBD Kabupaten Aceh Besar langsung bergerak ke lokasi kejadian untuk melakukan pembersihan dan pendataan,” ujarnya. []

Berita terkait
210 Pasien Virus Corona Meninggal Dunia di Aceh
Hingga saat ini jumlah pasien corona yang meninggal di Aceh mencapai 210 orang. sementara 3.438 orang telah sembuh.
Polisi Ungkap Kematian Anak Tolong Ibunya Diperkosa di Aceh
Kematian anak yang menolong ibunya diperkosa karena dibacok oleh pelaku sehingga nadi besar di sebelah kirinya putus.
Ratusan Nelayan Tidak Melaut, Harga Ikan Naik di Aceh Barat
Ratusan nelayan di Kabupaten Aceh Barat, Aceh tidak bisa melaut akibat cuaca buruk dan kurangnya pasokan minyak untuk kapal.
0
Sempat Diterpa Badai Seroja, Mensos Targetkan Pemulihan NTT Juni 2021
Menteri Sosial Tri Rismaharini, menargetkan dana bantuan sosial untuk pemulihan NTT yang terkena Badai Seroja dapat disalurkan Juni ini.