UNTUK INDONESIA
Diterjang Angin Kencang, Pohon di Kudus Bertumbangan
Bencana alam berupa angin kencang menerjang wilayah Kudus. Pohon, baliho dan tiang listrik bertumbangan.
Angin kencang terjang sejumlah daerah di Kudus mengakibatkan pohon, tiang listrik, hingga baliho bertumbangan. (Foto: Tagar/Istimewa)

Kudus - Hujan deras disertai angin kencang melanda Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Selasa sore, 10 November 2020. Akibatnya sejumlah pohon, baliho hingga tiang listrik ambruk.  

Dari data yang dihimpun Tagar, setidaknya ada 10 titik di Kudus yang terdampak angin kencang. Titik tersebut menyebar di beberapa kecamatan, antara lain Kecamatan Jekulo, Mejobo, Jati, Bae dan Kota.

Di Kerawang, Kecamatan Jekulo, sebuah pohon besar yang ada di kawasan SPBU Hadipolo ambruk menimpa bangunan masjid dan kendaraan yang terparkir di bawah pohon. Tak berapa lama, baliho besar di depan SPBU Hadipolo juga ambruk menutup sebagian ruas Jalan Kudus - Pati

Sudah kami terjunkan semua. Hingga kini mereka masih berproses pembersihan pohon-pohon yang tumbang.

Masih di Kecamatan Jekulo, sebuah tiang listrik di depan SMP 1 Jekulo ambruk, nyaris menimpa rumah di dekatnya. Di Desa Hadiwarno Kecamatan Mejobo, serta di Jepang Pakis dan Megawon, Kecamatan Jati, pohon-pohon bertumbangan diterjang hujan deras disertai angin kencang.

Dampak yang cukup parah terjadi di kampus IAIN Kudus. Dari sebuah video amatir berdurasi pendek nampak belasan motor milik mahasiswa yang terparkir di halaman kampus ambruk tersapu angin. Sejumlah pohon di kampus tersebut juga bertumbangan. Bagian atap beberapa gedung juga rusak karena dihajar angin kencang. 

Di Kecamatan Kota, pohon bertumbangan juga terjadi di sejumlah titik. Seperti di Jalan HOS Cokroaminoto dan Jalan Tanjung. Pohon tumbang yang menutup akses jalan, menyebabkan kemacetan yang cukup panjang di jalan tersebut.

Baca juga: 

Angin kencang juga mengakibatkan atap kios di Pasar Brayung ambruk menimpa sejumlah kendaraan. Informasi terakhir, angin kencang mengganggu proses pembangunan tribune timur Stadion Wergu Wetan Kudus. Terjangan angin membuat tiang penyangga atap stadion melengkung dan sejumlah batu bata bertebaran.

Menanggapi hal ini, Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kudus, Budi mengungkapkan pihaknya telah menerjunkan seluruh relawan di Kudus untuk menangani pohon tumbang di berbagai titik.

"Sudah kami terjunkan semua. Hingga kini mereka masih berproses pembersihan pohon-pohon yang tumbang," katanya. [] 

Berita terkait
Diterjang Angin Kencang, Ranting Pohon Timpa Rumah di Bantul
Sebuah rumah tertimpa ranting pohon yang tumbang saat hujan disertai angin kencang melanda Bantul, Yogyakarta.
Penyebab Kontainer Tersangkut Pohon Mahoni di Sleman
Kontainer tersangkut pohon mahoni di Sleman, Yogyakarta. Diduga sopir memaksakakan diri saat melintas. Pohon pun tumbang dan membuat kemacetan.
Australia Tebang Pohon Keramat Suku Aborigin untuk Jalan Tol
Kemarahan di Autralia muncul ketika pemerintah tebang pohon yang dianggap keramat oleh Suku Aborigin sebagai perempuan Aborigin tempat melahirkan
0
Diterjang Angin Kencang, Pohon di Kudus Bertumbangan
Bencana alam berupa angin kencang menerjang wilayah Kudus. Pohon, baliho dan tiang listrik bertumbangan.