UNTUK INDONESIA
PMI Kerahkan Mobil Hagglund ke Masamba Luwu Utara
Satu unit kendaraan hagglund milik Palang Merah Indonesia (PMI) dikerahkan ke lokasi banjir bandang di Masamba, Luwu Utara.
Mobil hagglund milik Palang Merah Indonesia akan dikirim ke lokasi banjir bandang di Masamba, Luwu Utara. (Foto: Tagar/ist)

Makassar - Satu unit kendaraan hagglund milik Palang Merah Indonesia (PMI) dikerahkan ke lokasi banjir bandang di Masamba, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, sebagai kendaraan taktis.

Kendaraan hagglund ini dapat beroperasi di medan yang berlumpur yang sulit dilalui kendaraan lainnya. Kendaraan yang bisa beroperasi disegala medan rencananya akan dikirim ke Lutra Jumat 17 Juli 2020, dan akan tiba di Makassar, pada Senin 20 Juli pekan depan, selanjutnya akan dibawa ke lokasi bencana.

Mobil hagglund ini seringkali digunakan PMI di daerah bencana yang sulit terjangkau oleh kendaraan lainnya.

Ketua Komite Operasi PMI Pusat, Husain Abdulllah mengatakan, pengiriman mobil hagglund atas instruksi Ketua Umum PMI Pusat, Jusuf Kalla untuk dapat memberikan bantuan evakuasi dan operasi lainnya.

Berita Terkait:

"Mobil hagglund ini seringkali digunakan PMI di daerah bencana yang sulit terjangkau oleh kendaraan lainnya," kata Husein Abdullah, Jumat 17 Juli 2020.

Menurutnya, kendaraan ini pernah digunakan di beberapa daerah yang pernah diterjang bencana seperti, tsunami Aceh, gunung merapi, gempa dan tsunami Palu dan tanah longsor di Jawa Barat.

Husein Abdullah menambahkan, banjir bandang yang menerjang Masamba, Kabupaten Luwu Utara ini telah merusak rumah warga dan mengakibatkan puluhan orang meninggal dunia serta sejumlah orang masih dinyatakan hilang.

"Hingga saat ini proses pemulihan sisa banjir masih terus dilakukan untuk segera memulihkan kembali Kota Luwu Utara," ujarnya.

Kondisi di beberapa daerah Kabupaten Luwu Utara tertimbun lumpur dan banyak sisa-sisa pembalakan kayu yang terbawa arus ketika banjir bandang menghantam Masamba pada Senin 12 Juli malam lalu. []

Berita terkait
Evi Masamba Jual Mobil Alphard Bantu Korban Banjir
Pedangdut Evi Masamba menjual mobil Alphardnya untuk membantu korban banjir bandang di kampung halamannya.
10 Jenazah Korban Banjir Masamba Luwu Utara Ditemukan
Tim SAR gabungan dan warga menemukan 10 jenazah korban banjir bandang di Masamba Luwu Utara. 46 korban lain masih dalam pencarian.
Banjir Bandang Masamba Luwu Utara Telan Korban Jiwa
Akibat banjar bandang, menyebabkan ratusan rumah warga terendam air bercampur lumpur. Tim gabungan masih melakukan evakuasi terhadap korban.
0
Penjelasan Bawaslu Bantul Terkait Tugas Kopja di Pilkada
Bawaslu Kabupaten Bantul menyelenggarakan Penandatanganan Pakta Integeritas Komitmen Mematuhi Pelaksanaan Tahapan Pemilu Serentak 2020.