UNTUK INDONESIA
Player Baru Wajib Tahu 19 Istilah Ini di Game Populer PUBG
Ogah disebut noob, menyusahkan tim, player baru wajib tahu semua istilah ini di game populer PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG).
Ilustrasi PUBG. Tampilan awal layar ketika player baru saja membuka aplikasi sebelum masuk ke lobi game. (Foto: PUBG Corporation/ pubg.com)

Makassar - Perkembangan dari sesi ke sesi PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG) membuat begitu banyak penggemar sekaligus penggiat game atau gamers meningkatkan kemampuan untuk menjadi yang terbaik. 

Beragam cara dilakukan agar pemain atau player ingin disebut hebat dalam permainan bergenre battle royale ini. Mengasah kemampuan dengan intens, melatih kepekaan jemari setiap saat hingga menjadi terbiasa. 

Player yang sudah terbiasa alias hebat akan diberi predikat pro oleh player lainnya. Mereka bahkan dianggap sebagai “dewa” nya PUBG. Terlebih, ketika player ini dapat bertahan hidup hingga detik terakhir dalam pertempuran dengan meraih status juara atau Winner Chicken Dinner.

Di sisi lain, player yang belum begitu terbiasa bermain dan kerap mati terlebih dulu di dalam suatu pertempuran disebut sebagai noob. 

Noob player, biasanya dianggap sebagai pemain yang menyusahkan, membuat repot rekan setim dalam sebuah penyelesaian misi bertahan hidup lebih lama. Faktor lain yang membuat player acap kali disebut noob karena belum begitu memahami beragam istilah yang digunakan sebagai sandi komunikasi antarplayer dalam tim untuk menang dalam arena tempur. 

Saking banyak istilah dalam PUBG, membuat noob player menjadi bingung dan kadang salah paham. Alih-alih memenangkan laga, player yang setim dengan noob player justru akan kembali ke lobi game lebih awal.

Nah, untuk meretas persepsi hingga klaim buruk player noob, Tagar.id menyajikan beragam istilah yang umum digunakan dalam game yang perusahaannya berbasis di Seoul, Korea Selatan ini.

1. Looting

Looting atau nge-loot merupakan sebuah aktivitas dimana para player mengumpulkan beragam item dalam arena pertempuran. Mulai dari senjata, peluru hingga kelengkapan medis. Aktivitas nge-loot biasanya dilakukan ketika player baru pertama kali terjun dari pesawat penumpang dan sampai ke lokasi yang sebelumnya telah dipilih.

2. Shooting

Shooting atau menembak dilakukan jika player menganggap hasil lootingan telah lengkap. Ragam senjata bisa digunakan untuk melukai player lain atau musuh.

3. Knock Down

Dalam pertempuran, istilah ini merupakan makna dari player yang terluka parah atau terjatuh akibat senjata dari serangan musuh. Darah perlahan berkurang sebelum akhirnya mati dalam bentuk kotak hijau. Namun tidak semua knock down terjadi karena sengitnya saling tembak antarplayer. Player yang knock down juga bisa terjadi akibat dari kecerobohan sendiri. Misalnya terjatuh dari ketinggian, saling tabrak antarkendaraan hingga mengecilnya arena tempur.

4. Revive

Istilah ini adalah bantuan yang diberikan kepada rekan setim yang terkena knock down. Entah dari serangan musuh atau faktor lain selama berada dalam arena tempur. Player yang telah dipulihkan biasanya kembali diberikan peralatan medis lain. Mulai dari darah, obat-obatan hingga minuman penambah energi.

5. Healing atau nge-heal

Adalah istilah dimana player melakukan aktivitas pemulihan fisik. Baik dengan menambah darah, minum obat-obatan, minuman energi hingga menyuntikkan alat pemulih adrenalin ke tubuh. Umumnya, player mencari tempat-tempat yang dianggap aman untuk nge-heal sebelum melanjutkan pertempuran.

6. Spray Down

Sebutan ini merupakan teknik atau bentuk untuk terus-menerus menembak musuh tanpa henti. Tembakan akan berhenti ketika peluru yang digunakan dalam senjata telah habis. Namun tidak semua player bisa melakukan spray dengan baik dan maksimal. Teknik ini lebih umum digunakan bagi player yang menyandang status pro.

7. Peak atau nge-peak

Ini juga merupakan teknik yang tidak mudah dilakukan bagi semua player. Nge-peak adalah cara untuk memantau dengan sesekali memberikan tembakan ke arah musuh. Baik dengan cara memiringkan badan ke kiri dan ke kanan, jongkok hingga tiarap. Teknik ini juga umum digunakan bagi player yang bermain dalam sebuah tim.

8. Sandwich

Sebagian kecil dari player PUBG belum terlalu mengetahui istilah ini. Bukan makanan cepat saji. Di PUBG, sandwich merupakan makna dari posisi seorang player yang terhimpit di tengah-tengah sengitnya pertempuran. Labih rinci, player yang terkena sandwich perlu lebih berhati-hati. Player yang ada di posisi sandwich ini dikepung oleh musuh dari berbagai penjuru. Hanya ada dua pilihan ketika player berada dalam posisi ini. Melarikan diri atau memberikan perlawanan.

9. Pushing atau nge-push

Sebuah strategi pertempuran dimana player harus pergi melawan musuh secara dekat dan mengambil posisi mereka. Makna lain adalah, player terus menekan musuh dengan dan tanpa menghentikan tembakan.

10. High Ground

Strategi dimana player mencoba mengambil posisi yang lebih tinggi dibandingkan dengan posisi musuh. Metode ini dimaksudkan agar player yang berada dalam posisi high ground bisa mengintai sebelum menembak musuh. Lokasi yang biasa digunakan para player adalah bangunan hingga gundukan tanah.

11. Lower Ground

Timbal balik dari posisi high ground. Biasanya player menggunakan posisi ini untuk menghindari intaian hingga tembakan dari musuh untuk lebih lama bertahan hidup dalam arena pertempuran.

12. Open Field

Istilah ini dalam PUBG merupakan posisi dimana player berada dalam ruang terbuka. Posisi ini biasanya dihindari oleh para player agar tak mudah tertembak.

13. Rush atau serbu

Pola ini dilakukan untuk player yang bermain dalam satu tim.

14. Flank atau nge-flank

Adalah aktivitas dimana player menyergap musuh baik dari kiri maupun dari kanan. Tim biasanya menggunakan metode ini jika merasa musuh sudah tidak berdaya untuk memenangkan pertempuran.

15. Leaning

Teknik ini biasa juga digunakan player untuk melindungi diri dari serangan musuh. Tepatnya, posisi ketika player ingin mengintip arah atau gerakan musuh dengan menggunakan kepala dan anggota badan lain tetap disembunyikan.

16. Retreat

Adalah player yang mencari posisi aman. Kasarnya, lari dan atau keluar dari pertempuran. Jika menemukan player seperti ini dalam tim, kecil kemungkinan untuk memenangkan pertempuran.

17. Play Zone atau zona bermain

Dalam pertempuran, ada durasi waktu yang mengatur sebelum zona permainan berpindah. Zona akan berlalu seiring dengan waktu otomatis yang telah ditentukan dalam setiap laga.

18. Blue Zone atau zona biru

Adalah ruang atau arena bermain yang berkesinambungan dengan play zone. Player yang tak mempedulikan peringatan waktu yang diberikan biasanya akan perlahan dikurangi darahnya secara otomatis jika terkena blue zone ini.

19. Red Zone atau zona merah

Adalah zona yang paling dihindari oleh setiap player. Mirip dengan blue zone, jika tak dipedulikan player akan mati akibat ledakan yang bersumber dari red zone. Ledakan yang menyerupai bom, atau meteor yang jatuh dari langit arena tempur.

Rangkuman yang telah dirunut, diharapkan bisa menjadi bahan referensi untuk noob player PUBG agar dalam bermain bisa mengetahui maksud dari komunikasi dalam tim. Selain memperbaiki persepsi tentang kesalahpahaman istilah itu juga bisa dipahami dengan baik oleh noob player. Agar, tujuan bertahan hidup bersama untuk memenangkan pertempuran dalam sebuah tim dapat digapai. []

Baca juga:

Berita terkait
0
Jawaban PT Gojek Soal Rekruitmen Driver Ojek Online
PT Gojek Indonesia mengapresiasi kinerja Polda DIY dalam mengungkap kasus penipuan rekruitmen calon mitra atau driver ojol yang dilakukan oknum.