UNTUK INDONESIA
Pilkada, Wagub Sumbar Kantongi 15 Nama Pendamping
Wakil Gubernur Sumatera Barat memastikan diri maju dalam pilkada 2020. Hingga kini sudah ada 15 nama yang bersedia menjadi wakilnya.
Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit. (Foto: Tagar/Rina Akmal)

Padang - Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) memastikan diri maju menjadi bakal calon gubernur. Ia mengaku telah mengantongi 15 nama yang bersedia menjadi pendampingnya menyonsong pemilihan kepala daerah (pilkada) 2020.

"Sudah ada 15 nama, ada yang di Sumbar dan ada juga tokoh milenial. Tapi saat ini saya masih tetap melihat survei untuk sejumlah nama yang akan mendampingi nanti," kata Nasrul Abit, Jumat 15 November 2019.

Menurut mantan Bupati Pesisir Selatan itu, selaku Ketua DPD Gerindra Sumbar ia tidak lantas menutup peluang kandidat lain untuk mendaftar. Bahkan Ketua Demokrat Sumbar yang juga anggota DPR RI, Mulyadi, telah mendaftar sebagai bakal calon gubernur ke partai yang dipimpinnya.

Ketua DPD tidak otomatis menjadi calon. Tentu harus menjalani mekanisme dan prosedur partai juga.

Nasrul sendiri resmi mendaftar sebagai bakal calon gubernur ke DPD Gerindra Sumbar pada Jumat 15 November 2019 siang.

"Ketua DPD tidak otomatis menjadi calon. Tentu harus menjalani mekanisme dan prosedur partai juga," katanya.

Gerindra sendiri adalah partai pemenang dalam pemilu April 2019. Partai besutan Prabowo Subianto ini juga bisa mengusung kandidat gubernur tanpa berkoalisi dengan partai lain.

"Tapi kemungkinan koalisi tetap terbuka lebar untuk posisi wakil gubernur," katanya.

DPP Gerindra sendiri akan mengumumkan nama bakal calon gubernur dan wakil gubernur Desember mendatang.

"Pemilihan calon tentu harus memenuhi kriteria DPP. Mulai dari visi-misi, elektabilitas dan sebagainya," tutur Nasrul. []

Berita terkait
Sempat Kisruh, 2 Daerah di Sumbar Bisa Gelar PIlkada
Dua daerah di Sumatera Barat akhirnya menyepakati anggaran pilkada 2020. Masing-masing KPU Kabupaten Solok dan Kabupaten Solok Selatan.
Molor, Pendaftaran CPNS Sumbar Dua Hari Lagi
Pengumuman pendaftaran CPNS di Sumatera Barat molor dari jadwal yang ditetapkan Badan Kepegawaian Nasional (BKN).
Ceramah di Bukittinggi, UAS Dipuji Wagub Sumbar
Wakil Gubernur Sumbar Nasrul mengganggap Ustaz Abdul Somad (UAS) sosok ulama fenomenal. Ceramahnya lugas dan sesuai syariat Islam.
0
Viral, Puisi Terakhir Mahasiswi UIN Makassar Sebelum Dibunuh Pacar
Asmaul Husna, 24 tahun, mahasiswi UIN Alauddin Makassar tewas dibunuh kekasihnya. Sebelum dibunuh, ia menulis puisi kepada ibunya.