UNTUK INDONESIA
Pilkada Kota Semarang, Hendi - Ita Jalani Tes Narkoba
Pasangan Hendi - Ita menjalani pemeriksaan kesehatan di tahapan Pilkada Kota Semarang. Hari ini dijadwalkan jalani tes narkoba.
Pasangan Hendi - Ita menjalani pemeriksaan kesehatan di RSUP Kariadi Semarang. Dalam tahapan pilkada ini, petahana juga menjalani tes narkoba. (Foto: Tagar/Yulianto)

Semarang - Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Semarang 2020 masuk ke pemeriksaan kesehatan. Bakal pasangan calon (bapaslon) tunggal, Hendrar Prihadi - Hevearita Gunaryanti, Selasa ini, 15 September 2020, dijadwalkan menjalani tes narkoba dari Badan Narkotika Nasional (BNN).   

Hendi - Ita, sapaan pasangan petahana, menyatakan kesiapannya mengikuti serangkaian pemeriksaan kesehatan yang digelar di RSUP Kariadi Semarang.

"Iya, insya Allah saya dan Mbak Ita sudah sangat siap menjalani tes kesehatan yang akan dilaksanakan selama dua hari ini. Mulai dari tes IQ, psikologinya, psikiatrinya, termasuk tes narkoba," tutur Hendi, Senin, 14 September 2020. 

Dari jadwal yang disusun Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang, pemeriksaan kesehatan di hari pertama, Senin, 14 September 2020, Hendi - Ita akan menjalin tes psikologi, serta pemeriksaan fungsi paru dan jantung. 

Bismillah, kan ginuk-ginuk (gemuk) begini masak enggak lolos.

Di hari kedua, Selasa, 15 September 2020, mereka akan menjalani tes narkoba dari BNN, kejiwaan, serta cek gula darah. Keduanya optimis bisa lolos dari serangkaian tes tersebut. 

"Biar lolos tes, sebelum pemeriksaan saya tidak makan, tapi cuma minum. Kalau lolosnya enggaknya ya tergantung IDI (Ikatan Dokter Indonesia). Tapi bismillah, kan ginuk-ginuk (gemuk) begini masak enggak lolos," ujar Hendi.

Politikus yang masih aktif sebagai Wali Kota Semarang ini menyatakan ada tidaknya rival di pilkada, pihaknya akan tetap mengikuti setiap tahapan yang disyaratkan oleh KPU. 

"Ya kami mengikuti tahapan KPU saja, kalau nanti ternyata masih bisa ada calon lain juga oke," ujar dia. 

Baca lainnya: 

Ketua IDI Kota Semarang dr Elang Sumambar mengatakan ada banyak tes selama pemeriksaan kesehatan. Selain kesehatan fisik, pihaknya juga menguji kemampuan kepemimpinan dan kejiwaan bapaslon

"Semuanya dapat mempengaruhi lolos tidaknya pemeriksaan kesehatan, misalnya, fungsi organ dalam, penglihatan serta kejiwaan calon. Diharapkan nantinya calon memiliki kesehatan dan kemampuan prima saat memimpin," ucap dia.

Terpisah, Ketua KPU Kota Semarang, Henry Casandra Gultom mengatakan membenarkan selama dua hari ini pihaknya menggelar tahapan pemeriksaan kesehatan bapaslon. 

"Selain tes kesehatan, kami juga memverifikasi secara faktual berkas syarat calon seperti ijazah, dan hal -hal yang berhubungan dengan pengadilan, kepolisian dan perusahaan. Kalau ada hal-hal yang perlu dilakukan perbaikan, maka akan dilakukan sebelum tanggal 23 September 2020," kata Gultom. []

Berita terkait
Lawan Kolom Kosong Pilkada, Hendi - Ita Merasa Beban
Melawan kolom kosong di Pilkada Kota Semarang, Hendi - Ita malah merasa beban. Apa penyebabnya?
Hendi - Ita Waspadai C-19 di Pilkada Kota Semarang
Isu penyebaran Covid-19 di TPS diwaspadai Hendi - Ita bisa menjadi batu sandungan mereka dalam Pilkada Kota Semarang.
Hendi - Ita Optimis Menangi Pilkada Kota Semarang
Melawan kotak kosong, Hendi - Ita optimis meraih 90% suara. Seperti apa strategi mereka menangi Pilkada Kota Semarang?
0
Sebut Monyet di Facebook, Wanita Ini Dituntut Penjara
Seorang wanita yang menulis kata monyet dan ditujukan kepada wanita lainnya via akun Facebook dituntut penjara 1 tahun 6 bulan.