UNTUK INDONESIA
Pesan Menkes Terawan di Hari Cuci Tangan Sedunia 2020
Pesan Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan saat peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia pada 15 Oktober 2020.
Permenkes No. 24 Tahun 2020 tentang Pelayanan Radiologi Klinis harus lebih dipertimbangkan. (Tagar/Merdeka)

Jakarta- Peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia diperingati pada hari ini. Bersamaan dengan perayaan itu, Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto mengingatkan kembali pentingnya praktik cuci tangan pakai sabun demi mencegah penyebaran Covid-19 dan penyakit menular lainnya.

"Tangan yang bersih menyelamatkan nyawa dari ancaman Covid-19 dan penyakit menular lainnya," kata Terawan lewat keterangan tertulisnya Kamis, 15 Oktober 2020.

Kepada pemerintah provinsi dan kabupaten/kota, Terawan juga meminta untuk meningkatkan kampanye cuci tangan pakai sabun di wilayah masing-masing.

Meminta semua mitra untuk menyediakan fasilitas cuci tangan dengan menggunakan air dan sabun di tempat kerja masing-masing.

Cuci TanganWali Kota Bogor Bima Arya (kanan) bersama anak-anak mengikuti gerakan delapan langkah mencuci tangan pakai sabun saat peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (HCTPS) Sedunia Tahun 2020 di Taman Eskpresi, Kota Bogor, Jawa Barat, Kamis, 15 Oktober 2020. Peringatan HCTPS Sedunia dengan tema "Ayo Cuci Tangan Pakai Sabun Tangan Bersih untuk Semua" tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk selalu mencuci tangan pakai sabun dalam kehidupan sehari-hari serta menghindari berbagai penyakit termasuk mencegah penyebaran pandemi Covid-19. (Foto: Antara/Arif Firmansyah)

Baca juga:

Ia juga mengimbau kepada pemerintah daerah untuk menyediakan sarana cuci tangan pakai sabun di lembaga, lokasi pariwisata, dan tempat umum lainnya.

"Saya juga meminta semua mitra untuk menyediakan fasilitas cuci tangan dengan menggunakan air dan sabun di tempat kerja masing-masing. Kementerian Kesehatan juga akan berkolaborasi dengan sektor swasta dan organisasi masyarakat sipil untuk meningkatkan akses ke fasilitas cuci tangan dengan sabun," ujar Terawan.

Seperti diketahui, Hari Cuci Tangan Sedunia atau Global Handwashing Day diperingati tiap 15 Oktober. Perayaan itu untuk mengingatkan kembali publik tentang cara paling efektif dan sederhana menghentikan penyebaran kuman serta virus dengan mencuci tangan memakai sabun dan air.

Pada tahun 2020, Hari Cuci Tangan Sedunia mengangkat tema Hand Hygiene for All atau Kebersihan Tangan untuk Semua. Tema ini seiring dengan keadaan dunia yang sedang dilanda pandemi Covid-19. Masa-masa yang mewajibkan publik untuk menjaga kebersihan terutama tangan dengan cara praktis lewat mencuci menggunakan sabun dan air.

Berita terkait
Sejarah Hari Cuci Tangan Sedunia dan Praktiknya Menurut WHO
Hari Cuci Tangan Sedunia dirayakan pada hari ini, Kamis 15 Oktober 2020. Kenali sejarahnya dan praktik yang benar menurut WHO.
Gaya Parenting Dipuji, Bagaimana Nia Ramadhani Nasehati Anak?
Gaya parenting artis Nia Ramadhani ramai diperbincangkan di media sosial. Istri Ardi Bakrie ini banyak mendapat pujian warganet.
Smartphone Dekat Kepala Saat Tidur, Waspadai Kanker dan Kebakaran
Smartphonenya sering berada di dekat kepala ketika sedang tidur? Awas kanker mengancam, bisa juga kebakaran.
0
Begini Fakta-Fakta Kebakaran di Kejaksaan Agung
Puntung rokok dan cairan pembersih lantai yang mengandung bahan mudah terbakar menjadi penyebab terjadinya kebakaran di Kejagung.