UNTUK INDONESIA
Perintah Plt Gubernur Sambut Idul Adha di Aceh
Plt Gubernur Aceh menginstruksikan seluruh Bupati dan Walikota di Aceh untuk menerapkan protokol kesehatan dalam menyambut Hari Raya Idul Adha.
Ilustrasi - Plt. Gubernur Aceh Nova Iriansyah usai melakukan Penyerahan DIPA, Daftar Transfer ke Daerah dan Dana Desa Tahun Anggaran 2020 kepada Bupati dan Walikota Se-Aceh di Gedung Serbaguna Setda Aceh, Kamis 21 November 2019. (Foto: Tagar/Istimewa)

Banda Aceh - Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, menginstruksikan seluruh Bupati dan Walikota di Aceh untuk menerapkan protokol kesehatan dalam menyambut Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah.

Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh Muhammad Iswanto mengatakan instruksi tersebut disampaikan Nova melalui surat nomor 003.2/10166 bertanggal 20 Juli 2020 yang ditujukan kepada seluruh Bupati dan Walikota di Aceh.

"Ada tiga poin dalam surat tersebut yang ditujukan untuk para Walikota dan Bupati dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah serta upaya pengendalian dan pemutusan penyebaran Covid-19 di Aceh," ujar Iswanto, Rabu, 22 Juli 2020.

Protokol kesehatan harus diterapkan secara ketat guna memutus mata rantai penyebaran dan penularan Covid-19 di Aceh.

Ketiga poin tersebut yaitu, penyelenggaraan salat Idul Adha 1441 Hijriah dapat dilaksanakan di semua daerah yang berstatus hijau dengan memperhatikan protokol kesehatan.

"Sedangkan untuk daerah yang berstatus kuning atau merah tergantung kepada keputusan Bupati/Walikota setelah berkoordinasi dengan Majelis Permusyawaratan Ulama dan Tim Gugus Covid-19 Kabupaten/kota dengan menerapkan Protokol kesehatan yang ketat," kata Iswanto.

Poin kedua, penyembelihan hewan qurban harus memenuhi protokol kesehatan dengan memperhatikan kebersihan personil panitia, alat penyembelihan dan penerapan jaga jarak fisik (phsycal distancing) ketika pembagian daging qurban kepada masyarakat.

Poin ketiga, Plt Gubernur Aceh berharap para Bupati/Walikota, unsur Forkopimda, tokoh agama dan pihak penyelenggara salat Idul Adha 1441 H serta panitia penyembelihan hewan qurban melakukan sosialisasi dan pengawasan dalam rangka penanganan Covid-19 di Aceh.

"Protokol kesehatan harus diterapkan secara ketat guna memutus mata rantai penyebaran dan penularan Covid-19 di Aceh," bunyi surat Plt Gubernur Aceh.

Surat tersebut juga ditembuskan kepada Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Aceh dan Kepala Biro Keistimewaan dan Kesra Setda Aceh. []

Berita terkait
Gempa 4,2 Magnitudo Guncang Takengon, Aceh
Gempa tektonik berkekuatan 4,2 magnitudo menguncang wilayah Takengon, Kabupaten Aceh Tengah, Aceh pada Rabu, 22 Juli 2020.
DPR Aceh Ketok Palu Batalkan Proyek Multiyears
impinan dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) mengetok palu membatalkan proyek multiyears 2020-2022 di Aceh.
Alasan Tim Gugus Aceh Barat Tegur Pihak Sekolah
Tim gugus tugas penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19 Aceh Barat, melakukan pemeriksaan penerapan protokol kesehatan di sekolah.
0
Jaringan Kiai Tahlil Sleman Dukung Kustini - Danang
Sejumlah tokoh kiai NU Sleman mendeklarikan diri dalam Jaringan Kiai Tahlil mendukung paslon Kustini - Danang pada Pilkada 2020.