5 Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan

bawang merah memiliki senyawa thiosulfinate yang efektif membunuh banyak bakteri umum
Bawang merah. (Foto: Tagar/Pixabay)

Jakarta – Bawang merah merupakan bumbu dapur yang berguna sebagai penambah rasa pada hidangan. Lebih dari itu, ternyata bawang merah memiliki banyak manfaat untuk tubuh, khususnya kesehatan. Bumbu dapur ini juga dibudidayakan hampir di seluruh dunia dengan berbagai varietas.

Berdasarkan penelitian, terungkap bahwa bawang merah memiliki senyawa thiosulfinate yang efektif membunuh banyak bakteri umum seperti salmonella typhi, pseudomonas aeruginosa, dan Escherichia coli. Dilansir dari berbagai sumber berikut 5 manfaat bawang merah untuk kesehatan.


1. Mengontrol kadar gula darah

Bawang merah bisa meningkatkan kadar insulin dan membantu proses glikolisis pada penderita diabetes yang menyebabkan turunnya kadar gula darah. Oleh karena itu, mengonsumsi bawang merah bisa meningkatkan dan menormalkan gula dalam tubuh.


2. Meningkatkan sistem imun

mengonsumsi vitamin C terbukti mampu meningkatkan sistem imun pada tubuh, salah satunya bawang merah. Menurut studi jurnal Nutrients, vitamin C merangsang sel darah putih menuju lokasi infeksi, membentuk antioksidan dan membunuh mikroba yang menyerang tubuh. vitamin C pada bawang merah juga bermanfaat meningkatkan sistem imun terhadap respon, sehingga meminimalisir kemungkinan kerusakan oleh patogen (bibit penyakit).


3. Meningkatkan kesehatan otak

Kandungan folat pada bawang merah bisa meningkatkan kesehatan otak. Selain itu, kandungan lain pada bawang merah seperti zat besi dan pyrithione juga bermanfaat bagi fungsi otak dan meningkatkan aktivitas neurologis.


4. Menjaga kesehatan mata

Salah satu kandungan vitamin yang terdapat dalam bawang merah adalah vitamin A. vitamin ini membuat bawang merah berkontribusi pada kesehatan mata. Tingkat vitamin A pada bawang merah juga mampu mencegah rabun senja dan mengurangi risiko katarak atau degenerasi makula.


5. Mencegah kanker

Manfaat bawang merah lainnya adalah mencegah kanker. Hal itu disebabkan oleh zat quercetin dalam bawang merah bisa berfungsi dalam melawan efek radikal bebas dalam tubuh, termasuk kanker. Selain itu, bawang merah juga termasuk deretan rempah kaya akan antioksidan yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat stres oksidatif.

(Fadhil Ramadhan)


Baca Juga :















Berita terkait
Ternyata Bawang Putih Bisa Menjadi Obat Kuat untuk Lelaki
Ternyata Bawang putih memiliki efek meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Simak penjelasannya berikut ini.
5 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan
Bawang putih juga memiliki banyak kandungan nutrisi dan juga senyawa seperti antioksidan, antibakteri, antikanker dan antiradang.
Cara Menyimpan Bawang Agar Tahan Lama
Apabila salah dalam penyimpanannya bawang akan cepat membusuk dan berakhir tidak dapat digunakan.
0
Video Jokowi 'Menghadap' Megawati Sangat Tidak Elok Dipertontonkan
Tontonan video Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang sedang bertemu dengan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarno Putri, sangat tidak elok.