5 Manfaat Telur Bagi Kesehatan Tubuh

Cara memasak telur juga sangat praktis, tinggal diceplok, direbus, atau didadar saja sudah bisa mengisi perut yang lapar
Ilustrasi diet telur. (Foto: Tagar/iStock)

Jakarta - Telur adalah salah satu makanan paling populer di dunia yang sangat mudah dimasak dan dinikmati kapan saja baik untuk sarapan, makan siang, maupun makan malam. Cara memasak telur juga sangat praktis, tinggal diceplok, direbus, atau didadar saja sudah bisa mengisi perut yang lapar.

Kita baru saja memperingati Hari Telur Sedunia pada 8 Oktober yang bertujuan untuk merayakan salah satu superfood tersebut sekaligus menjadi ajang meningkatkan kesadaran masyarakat akan manfaat luar biasa telur. Dikutip dari Times Now News, berikut manfaat telur bagi kesehatan tubuh kita.


1. Menyehatkan jantung

Selama ini, banyak yang percaya bahwa telur menyebabkan kolesterol naik. Padahal, telur bisa membantu meningkatkan HDL atau kolesterol baik dalam tubuh.

American Heart Association mengatakan bahwa makan satu telur setiap hari tidak akan membuat kadar kolesterol meningkat. Sebaliknya, kebiasaan itu bisa menyehatkan jantung dan mengurangi risiko berbagai penyakit kardiovaskular.


2. Meningkatkan kesehatan mata

Kesehatan mata bersifat degeneratif, sehingga penting mengambil langkah-langkah pencegahan supaya mata bisa terus sehat dalam jangka panjang. Telur adalah sumber lutein dan zeaxanthin yang merupakan antioksidan yang menyehatkan mata.


3. Kaya protein

Telur kaya akan protein yang penting bagi kesehatan tubuh. Protein dibutuhkan oleh tubuh untuk pemeliharaan sel, tulang, dan otot. Telur adalah sumber protein yang sangat baik dan dapat membantu memenuhi kebutuhan protein.


4. Membantu mengelola berat badan

Makan telur dapat meningkatkan metabolisme yang dapat membantu dalam proses pengelolaan berat badan. Namun, Anda harus tetap berhati-hati dengan porsi yang disantap jangan sampai terlalu berlebihan.


5. Membantu kesehatan sel

Telur adalah sumber kolin yang baik, nutrisi yang penting untuk kesehatan sel tubuh. Selain meningkatkan pemeliharaan sel dan sintesis DNA, kolin juga dapat membantu meningkatkan metabolisme. []


Baca Juga :



Berita terkait
7 Fakta Menarik Hari Telur Sedunia
Hari Telur Sedunia, dibuat untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan peran penting telur terhadap kehidupan manusia.
5 Manfaat Telur untuk Ibu Hamil
Telur adalah sumber protein dan kolin yang sangat baik untuk kesehatan ibu hamil dan tumbuh kembang janin.
Cara Memasak Telur yang Benar, Hindari 7 Kesalahan Ini
Meskipun memasak telur itu sederhana, ternyata ada hal-hal kecil yang membuat hasilnya tak sempurna.
0
Fotografer Wajib Tahu! Cara Merawat Kamera DLSR
Kamera merupakan alat optik yang cukup banyak digemari para pegiat fotografi maupun orang awam. Berikut cara merawat kamera DLSR dengan benar.