UNTUK INDONESIA
Pengamat Lingkungan: Amonia PT PIM Sengaja Dilepas
Kebocoran amonia PT Pupuk Iskandar Muda (PT PIM) di Aceh Utara, Aceh, tentunya bukan sebagai hal yang baru di masyarakat.
Kilang PT Pupuk Iskandar Muda (PT PIM). (Foto: Tagar/Agam Khalilullah)

Lhokseumawe – Kebocoran gas amonia dari Perusahaan PT Pupuk Iskandar Muda (PT PIM) di Aceh Utara, Aceh tentunya bukan merupakan sebagai hal yang baru, masyarakat yang berada di sekitar pabrik penghasil pupuk itu terpaksa dilarikan ke rumah sakit karena terhirup gas beracun tersebut.

Pengamat Lingkungan Hidup Aceh Dahlan M Isa, mengatakan amonia tersebut sengaja dilepas, apabila gas beracun itu tidak dilepas maka akan terjadi kendala pada pabrik PT Pupuk Iskandar Muda.

Baca juga: Masyarakat Aceh Resah dengan Perusahaan PT PIM

“Saya pernah bertemu dengan pihak perusahaan PT Pupuk Iskandar Muda dan untuk menanyakan langsung mengapa sampai terjadi kebocoran amonia, mereka mengaku bahwa amonia itu memang sengaja dilepas, apabila tidak dilepas maka akan terjadi kendala di pabrik,” ujar Dahlan, Selasa, 4 Februari 2020.

Dahlan menambahkan, pelepasan amonia tersebut kadang dilakukan pada malam hari, disaat arah angin mengarah ke laut, sehingga gas beracun itu tidak terbawa ke areal permukiman warga.

Amonia itu memang sengaja dilepas, apabila tidak dilepas maka akan terjadi kendala di pabrik.

Meskipun demikian hal tersebut merupakan cukup fatal dan sangat berbahaya, maka perusahaan PT Pupuk Iskandar Muda harus merubah pola, sehingga tidak terjadi pencemaran lingkungan.

“Saya juga menyarankan kepada pihak manajemen perusahaan pupuk itu, agar bisa mengupdate teknologi tanpa harus membuang amonia secara bebas, karena sangat berbahaya bagi kesehatan masyarakat yang tinggal di sekitar perusahaan,” tutur Dahlan.

Hingga berita ini diturunkan pihak perusahaan PT Pupuk Iskandar Muda belum bisa dikonfirmasi. Tagar telah menghubungi Manajer Humas Nasrun melalui telepon seluler namun tidak di jawab dan juga telah mengirimkan pesan melalui aplikasi WhatsApp, namun belum dibaca.

Baca juga: Rentetan Peristiwa Kebocoran Amonia PT PIM di Aceh

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, akibat sering terjadinya kebocoran amonia, menyebabkan masyarakat yang tinggal di areal perusahaan PT Pupuk Iskandar Muda (PT PIM) Lhokseumawe, Aceh menjadi resah dan takut.

Pengamat Lingkungan Hidup Aceh Dahlan M Isa, mengatakan hal tersebut diketahui berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh pihaknya, maka dengan kehadiran perusahaan pupuk itu telah berdampak pada persoalan sosial yang baru.

“Saya pernah melakukan penelitian terhadap perusahaan yang tinggal di sekitar pabrik, mereka memang sangat resah. Coba bayangkan saja disamping tempat tidurnya selalu disiapkan kain basah, untuk mengantisipasi terjadinya kebocoran amoniak,” ujar Dahlan, di Aceh, Minggu, 2 Februari 2020. []

Berita terkait
Tujuh Mahasiswa Aceh Masih Bertahan di China
Tujuh mahasiswa Aceh saat ini masih berada di China
Modus Baru di Aceh, Sabu Dibungkus Martabak Telur
Mengelabui polisi, pengedar sabu di Aceh bungkus sabu mirip dengan martabak telur.
Jalan Aceh Singkil dan Teluk Rumbia Memprihatinkan
Sebagian jalan di kawasan di Aceh Singkil, Aceh mengalami rusak parah.
0
Data Bansos Dampak Covid-19 Kemensos di Bantul Kacau
Lurah di Bantul, Yogyakarta, dipusingkan data penerima bansos dampak Covid-19 dari Kemensos.