UNTUK INDONESIA
Pempek dan Empat Kelezatan Makanan Khas Palembang
Sensasi kelezatan makanan khas Palembang membuat para pecinta kuliner merasa ketagihan.
Pempek. (Foto: budisaptr.blogspot.co.id:

Jakarta - Sensasi kelezatan makanan khas Palembang memang sudah patut diacungkan jempol. Bahkan, kebanyakan pecinta kuliner selalu ingin mengejar kenikmatan rasanya. 

Berikut Tagar rangkum sejumlah makanan khas Palembang yang wajib Anda coba ketika berkunjung ke Kota Palembang. 

1. Pempek

PempekPempek. (Foto: budisaptr.blogspot.co.id:

Makanan yang satu ini tentu sudah familier di kalangan masyarakat luas. Pempek terbuat dari ikan, tepung, sagu, serta dengan tambahan pelengkap seperti tahu, telur, udang, dan kulit telur. Sehingga, semakin meningkatkan kelezatan rasa kuliner tersebut.

Sekarang ini, pempek sudah memiliki banyak variasi, mulai dari pempek kapal selam, pempek lenjer, pempek keriting, pempek adaan, pempek kulit, dan lain sebagainya. Biasanya makanan tersebut, disajikan dengan cuko atau cuka kental yang terbuat dari campuran gula merah, cabe rawit, bawang putih, udang ebi, dan garam.

Meski makanan itu sudah menjalar hingga ke seluruh pelosok Tanah Air, ada baiknya Anda mencicipi pempek ini langsung dari Palembang, karena rasanya lebih nikmat dibandingkan dengan yang ada daerah lain. 

2. Mie Celor

Mie Celor PalembangMie Celor Palembang. (Foto: resephariini.com)

Makanan ini disajikan dengan kuah santan kental yang dicampurkan bersama kaldu udang dan sayuran seperti toge. Kata celor diambil dari bahasa Palembang yang memiliki arti dicelup-celupkan ketika dimasak, persis seperti mie kocok Bandung dan mie kopyok Semarang.

Kuliner yang satu ini menggunakan jenis mie telur basah dan pastinya berbeda dengan yang ada di tempat lain. Perbedaannya terletak pada kuahnya yang unik, yaitu warnanya putih keruh dan aroma udangnya yang khas. 

Makanan ini dibuat secara sederhana, kaldu udang dimasak bersama dengan susu, santan, merica, gula dan garam. Setelah mendidih perlahan masukan telur dan terigu, lalu aduk sampai kental. Kemudian, mie telur dan tauge dicelup-celupkan ke dalam air mendidih. Selanjutnya, sisihkan di piring dan siram dengan kuah yang kental berwarna putih.

Untuk melengkapi kenikmatan rasanya, tambahkan suwiran daging ayam, potongan udang, telur rebus dan diberi taburan bawang goreng dan rajangan daun kucai. Bagi Anda yang hendak ke Palembang, jangan lupa mencoba kelezatan makanan khas yang satu ini. 

3. Tempoyak

Tempoyak PalembangTempoyak makanan khas Palembang. (Foto: malahayati.ac.id)

Makanan khas Palembang ini dibuat dari campuran daging durian yang ditumis dengan isian cabai dan bawang. Biasanya, tempoyak dikonsumsi sebagai lauk yang disantap bersamaan nasi. 

Khusus di Palembang, tempoyak dimasak dengan campuran utama ikan, tetapi ada juga yang mengolahnya dengan daging sapi atau daging ayam. Citarasa makanan ini adalah asam, karena mengalami proses fermentasi pada daging buah durian yang menjadi bahan bakunya.

Tempoyak teksturnya seperti sambal dan disantap sebagai pelengkap makanan. Rasanya gurih dan unik, sehingga ketika Anda mengonsumsi makanan ini akan membuat Anda ketagihan. 

4. Laksan

Laksan PalembangLaksan Palembang. (Foto: Instagram/@mala_faiz)

Kuliner ini terbuat dari bahan baku sagu dan ikan. Jenis ikan yang biasa digunakan yaitu belida, gabus, tenggiri, atau kakap.

Laksan memang memiliki kemiripan dengan pempek yang dipotong persegi panjang, tetapi bedanya makanan tersebut menggunakan kuah santan. Tampilannya sekilas juga mirip dengan lontong sayur karena kuahnya yang berwarna oranye. 

Potongan laksan lalu direndam dalam kuah santan berbumbu rempah seperti laos atau lengkuas, kemiri, jahe dan ketumbar. Kemudian, cabe merah juga ditambahkan sesuai selera untuk menentukan rasa pedasnya. 

5. Kue Maksuba

Kue Maksuba PalembangKue Maksuba Khas Palembang. (Foto: Instagram/@mama_liak)

Kue Maksuba ini berbahan dasar utama telur bebek dan susu kental manis. Dalam pembuatannya dibutuhkan telur sekitar 28 butir, kemudian adonan diolah mirip kue lapis. 

Makanan ini sudah menjadi favorit di kalangan pelancong. Teksturnya memang mirip kue lapis, tetapi rasanya berbeda. Makanan ini berasa manis dan legit di mulut. Kue ini berwarna kuning dengan garis-garis hitam yang tidak beraturan, sehingga bentuknya menjadi unik. 

Kuliner ini biasanya dibuat oleh panggong, yaitu sebutan untuk juru masak tradisional Palembang yang mewarisi keterampilan memasak secara turun temurun. Biasanya, disajikan ketika hari raya atau acara penghormatan kepada kerabat atau tamu yang hadir. []

Baca juga: 

Berita terkait
Gado-gado dan Lima Makanan Khas Betawi Melegenda
Gado-gado menjadi salah satu makanan khas Betawi yang telah melegenda.
Kue Tete dan Empat Makanan Unik Khas Indonesia
Makanan yang ada di Indonesia memiliki banyak keunikan, baik dari penampilan hingga penamaannya.
Mengenal Kelezatan Lima Makanan Khas Toraja
Indonesia memang memiliki segudang kuliner khas di setiap daerahnya, tak terkecuali dengan Toraja, Provinsi Sulawesi Selatan, apa sajakah itu?
0
Kurang Fokus, PSM Kalah Lawan Persela Lamongan
Akibat kurang fokus, PSM kembali menelan kekelahan 3-1 saat bertandang ke kandang Persela Lamongan dalam lanjutan liga 1 pekan ke 31.