UNTUK INDONESIA
Makanan Khas Filipina Bikin Gagal Diet
Filipina menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik, sehingga patutlah mencicipi kuliner khasnya.
Kwek-kwek, makanan khas Filipina. (Foto: id.wikihow.com)

Jakarta - Filipina menjadi salah satu destinasi wisata yang juga banyak dikunjungi oleh sejumlah wisatawan, tak terkecuali dengan mantan pemain film panas Maria Ozawa atau lebih dikenal dengan Miyabi. Di sana Anda dapat mengenal budaya negara tersebut lewat kuliner khasnya. 

Ragam kuliner khas Filipina memang dikenal lezat dan nikmat. Jangan khawatir, Anda bisa mencicipi cita rasanya ketika mengunjungi negara tersebut supaya perjalanan liburan semakin berkualitas. 

Berikut Tagar berikan ulasannya yang diperoleh dari berbagai sumber. 

1. Kare-kare

Kare-kareKare-kare, makanan khas Filipina. (Foto: shutterstock.com)

Kare-kare menjadi kuliner khas Filipina yang lezat, sehingga cocok untuk dicicipi. Makanan yang satu ini, memang terlihat mirip dengan yang ada di Indonesia, tetapi dari segi penampilan dan bahan bakunya berbeda. 

Makanan ini berupa sup buntut dan babat sapi dengan kuah yang terbuat dari kacang tanah goreng yang ditumbuk, bumbu tradisional bagoong terbuat dari fermentasi udang, perasan jeruk kalamansi, serta berbagai bumbu. Sehingga, kulinernya ini memiliki rasa yang kuat dan  menyegarkan.  

Biasanya kare-kare disantap bersamaan dengan sepiring nasi hangat. Selain bisa menjadi solusi saat lapar, makanan ini bisa memanjakan lidah Anda. Kuliner yang satu ini juga menjadi menu wajib di hari-hari besar Filipina. 

2. Chicken Inasal

Chicken InasalChicken Inasal, makanan khas Filipina. (Foto: blog.reddoorz.com)

Chicken Inasal, atau ayam bakar khas Filipina ini diolah dengan bumbu khas yang terdiri dari serai, kalamansi, merica, bawang putih, dan olesan minyak achiete. 

Melihat bumbu makanannya, tentu memiliki rasa yang berbeda dengan ayam bakar di Indonesia. Bahkan, yang membedakan makanan tersebut dengan yang lain adalah proses pembuatannya. Kalau kuliner ini, sebelum dibakar, daging ayamnya direndam dengan larutan rempah serai, garam, lada, bawang putih, dan kalamansi. 

Chicken Inasal merupakan satu masakan yang berasal dari kota Negros Occidental dan populer di berbagai kota salah satunya Bacolod.

Jadi ketika Anda ingin berwisata ke Filipina, jangan lupa mencicipi kuliner tersebut. Makanan ini dikenal enak dan lezat, sehingga Anda yang merasakannya akan puas dengan kenikmatan chicken inasal. 

3. Lechon Babi

Lechon BabiLechon Babi, makanan khas Filipina. (Foto: Instagram/@elgierecortepelham)

Makanan khas Filipina ini selalu diidentik dengan berbagai macam acara perayaan khusus, seperti ulang tahun, pernikahan, dan pesta lainnya. Kuliner ini memiliki cita rasa yang gurih dan renyah, sehingga menggoda selera makan Anda. 

Lechon Babi ini terbuat dari daging babi yang dipanggang dengan arang. Makanan ini sangat cocok disantap ketika dalam keadaan hangat dan bersamaan dengan sayuran segar. 

Makanan ini memang tidak halal. Jadi, Anda yang beragama muslim tidak patut untuk dicoba. Kuliner tersebut juga tidak disarankan untuk Anda yang punya tekanan darah tinggi atau kolesterol tinggi.

4. Chicken Adobo

Chicken AdoboChicken Adobo, makanan khas Filipina. (Foto: delish.com)

Makanan ini juga populer di Filipina. Kata Adobo berasal dari bahasa Spanyol yang artinya dimarinasi. Sehingga jenis kuliner ini harus diproses dengan cara dimarinasi campuran  bumbu, saus kecap, dan bahan-bahan tradisional lainnya.

Dari racikan dan marinasi tersebut, membuat chicken adobo ini jadi menampilkan ciri khasnya yang kental. Makanan tradisional khas Filipina ini, juga bisa diolah dengan daging babi. 

Makanan khas Filipina ini, bisa dipadukan dengan kentang untuk menambah selera Anda mengonsumsinya. Jangan lupa, Anda yang hendak berkunjung ke negara tersebut, segera mencicip kenikmatan rasa kulinernya itu. 

5. Kwek-kwek 

Kwek-kwekKwek-kwek, makanan khas Filipina. (Foto: id.wikihow.com)

Kwek-kwek adalah jajanan pinggir jalan khas Filipina  yang juga populer. Makanan ini terbuat dari telur bebek yang direbus dan digoreng dengan lapisan adonan hingga menjadi sangat renyah.

Kuliner tersebut sangat mudah ditemukan dan harganya juga terjangkau. Jajanan ini lebih nikmat jika disajikan dengan saus sambal dan biasanya selalu ditemui pada sore hari. 

Makanan ini menjadi jajanan khas anak sekolahan di sana. Banyak gerobak kaki lima yang menjajakan kwek-kwek di dekat sekolah-sekolah yang ada di negara tersebut. []

Baca juga:

Berita terkait
Empat Makanan Berlin, Kota Sandhy Sondoro Ngamen
Sandhy Sondoro salah satu penyanyi kebanggaan Indonesia, Sandy diketahui sempat jadi pengamen di Berlin.
Gado-gado dan Lima Makanan Khas Betawi Melegenda
Gado-gado menjadi salah satu makanan khas Betawi yang telah melegenda.
Makanan Indonesia Mirip Malaysia
Makanan atau kuliner Indonesia dan Malaysia memiliki kesamaan bahkan juga hampir mirip.
0
Calon Pengantin di Aceh yang Nikah di KUA Meningkat
Angka pencatatan nikah di Kantor Urusan Agama (KUA) kecamatan dalam provinsi Aceh meningkat drastis dari tahun 2015 hingga Oktober 2019.
Perubahan Jokowi Itu Gila, Gaes!