UNTUK INDONESIA
Gado-gado dan Lima Makanan Khas Betawi Melegenda
Gado-gado menjadi salah satu makanan khas Betawi yang telah melegenda.
Gado-gado. (Foto: Instagram/misteradjie)

Jakarta - Gado-gado menjadi salah satu makanan khas Betawi yang telah melegenda. Kini, juga masih dapat dirasakan kenikmatannya oleh masyarakat. 

Selain itu, tentu ada beberapa makanan Betawi yang juga masih melegenda dan bisa kamu nikmati saat ini. Berikut Tagar berikan ulasannya. 

1. Kerak Telor

Kerak TelorKerak Telor. (Foto: phinemo.com)

Kelor telor menjadi salah satu makanan khas Betawi yang hingga sekarang masih dapat dinikmati. Kuliner ini adalah gulungan telur yang dimasak di atas tungku dengan cetakan wajan berisi ketan.

Jika kamu sedang berada di Jakarta, jangan lupa mencicipi jajanan kerak telor ini karena harganya murah dan pasti enak. Anda bisa menemukan makanan tersebut di sekitar Kota Tua, Jakarta Barat atau Pekan Raya Jakarta. 

2. Nasi Uduk

Nasi UdukNasi uduk. (Foto: instazu.com)

Nasi uduk menjadi salah satu makanan kebanggaan masyarakat Betawi yang juga dikenal kelezatannya. Makanan tersebut dibuat dari olahan nasi dengan bumbu, seperti garam, santan, daun salam, daun serai, serta daun jeruk.

Rasa gurih dan lezatnya nasi uduk memang tidak diragukan lagi. Bahkan, patutlah diacungkan jempol dengan cita rasa yang dimiliki oleh makanan itu.

Masakan khas Betawi ini umumnya dihidangkan dengan telur dadar yang diiris kecil-kecil, semur jengkol, ayam goreng, daging empal goreng, kentang balado, serta sambal kacang yang akan menambah selera makan.

3. Gado-gado  

Gado-gadoGado-gado. (Foto: Instagram/misteradjie)

Gado-gado juga menjadi kuliner Betawi yang hingga sekarang ini sudah dikenal luas hingga ke dunia Internasional. Makanan ini memang terdiri atas bermacam sayuran dan dihidangkan bersama dengan lontong atau ketupat, serta ditaburi bawang goreng. 

Makanan ini sangat mudah ditemukan di kota Jakarta dan sekarang sudah tersebar hingga ke daerah Indonesia. Kini, gado-gado banyak disenangi oleh semua masyarakat. 

Bukan hanya dikenal lezat, makanan olahan dari sayuran ini juga baik untuk kesehatan karena vitamin yang ada di dalam makanan tersebut. Siraman saus kacangnya akan menambah sensasi di lidah orang yang mengonsumsinya.

4. Soto Betawi

Soto BetawiSoto Betawi. (Foto: Instagram/kue.foodholic)

Soto Betawi diolah dengan menggunakan santan, daging sapi, kikil, tomat, babat, kentang, dan lain sebagainya. Campuran santan yang ada di dalam makanan tersebut yang menjadikan makanan ini berbeda dengan yang ada di daerah lainnya. 

Masakan Betawi dihidangkan dengan nasi putih yang hangat dan cocok untuk dijadikan menu makan siang. Kuah kental dari Soto Betawi ini, membuat makanan itu semakin gurih di lidah.

5. Roti Buaya

Roti BuayaRoti Buaya. (Foto: Instagram/@rotibuayajkt)

Roti buaya memang kue khas Betawi yang kerap dibawa ketika menyelenggarakan acara lamaran ataupun pernikahan. Makanan ini menjadi menu wajib yang perlu ada di dalam acara-acara tertentu.

Makanan khas Betawi ini disebut dengan roti buaya karena bentuknya yang menyerupai hewan buaya. Jangan salah, di Jakarta terdapat banyak toko roti khusus yang menyediakan makanan yang satu ini untuk dikonsumsi oleh masyarakat luas.

6. Dodol Betawi

Dodol BetawiDodol Betawi. (Foto: Instagram/@dapurdjoko)

Dodol Betawi ini memiliki warna hitam kecoklatan. Namun varian rasanya lebih sedikit dibandingkan dengan yang ada di daerah lainnya. 

Makanan tradisional Betawi hanya memiliki beberapa jenis rasa, yaitu ketan putih, ketan hitam, serta durian. Dodol tersebut sangat lezat untuk dinikmati dan dihidangkan bersama segelas teh di waktu siang atau sore hari.

Makanan ini berbahan ketan, gula merah, gula pasir, serta santan. Kemudian, dimasak di atas tungku dengan kayu bakar. Rasanya yang nikmat dan lezat sudah tidak perlu dipertanyakan lagi karena hingga sekarang ini masih banyak penikmatnya. []

Baca juga:

Berita terkait
Makanan Sukabumi Tempat Lahir Syahrini
Sukabumi tempat kelahiran penyanyi Syahrani mempunyai begitu banyak pesona menarik, terutama dilihat dari kulinernya yang rasanya enak.
Lima Makanan Khas Thailand yang Mencuri Perhatian
Thailand tidak sekedar memberikan wisata alam yang indah. Negeri gajah putih ini juga memiliki beberapa makanan khas yang mengugah selera.
Mengenal Kelezatan Lima Makanan Khas Toraja
Indonesia memang memiliki segudang kuliner khas di setiap daerahnya, tak terkecuali dengan Toraja, Provinsi Sulawesi Selatan, apa sajakah itu?
0
Spesifikasi Realme X50 Pro, Mau Hadir di Indonesia
Realme berencana menghadirkan ponsel empat kamera yaitu Realme X50 Pro di Indonesia. Ponsel ini rencananya akan disematkan konektivias 5G.