Pemkot Depok Putar Lagu Indonesia Raya Tiap Tanggal 17

Pemerintah Kota Depok melalui Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Depok berencana memutar lagu Indonesia Raya setiap tanggal 17.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Telkom)

Jakarta – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Depok, Zamrowi, berencana memutar lagu Indonesia Raya di mal dan pasar-pasar setiap tanggal 17 tiap bulan.

Tujuan dari rencana ini adalah untuk membangkitkan jiwa nasionalisme dan solidaritas warga Depok.

"InsyaAllah akan kita rutinkan pemutaran lagu Indonesia Raya di pasar dan mal paling tidak setiap tanggal 17," kata Zamrowi, Minggu, 23 Mei 2021.

Dia mengatakan pemutaran lagu Indonesia Raya merupakan ide Wali Kota Depok Mohammad Idris yang berkeinginan agar jiwa nasionalisme masyarakat Kota Depok semakin meningkat meski di tengah pandemi Covid-19.

“Pemutaran lagu Indonesia Raya ini idenya dari Pak Wali Kota, bagaimana menanamkan semangat nasionalisme dan semangat untuk bangkit dari dampak Covid-19 yang bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional," katanya.


Stanza pertama Indonesia Raya menggarisbawahi lirik “Marilah kita berseru, Indonesia bersatu” yang ditulis sebagai makna penyemangat.


Lagu Indonesia Raya merupakan pernyataan perasaan nasional berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 44 Tahun 1958. Perasaan nasional tersebutlah yang menjadikan lagu kebangsaan tersebut memiliki banyak makna di baliknya, salah satunya menggambarkan semangat dan cita-cita bangsa Indonesia yang tertulis dalam lirik demi lirik lagu.

Dia tidak merinci apakah lagu ndonesia Raya akan diputar serentak. Namun, Zamrowi mengatakan Pemkot Depok telah mensosialisasikan pemutaran lagu ini ke pengelola pasar dan mal.

"Lalu kami coba diskusikan dengan teman-teman pengelola pasar rakyat, pusat perbelanjaan dan toko modern, alhamdulillah ternyata disambut baik pemutaran lagu Indonesia Raya," ucap Zamrowi. []

Berita terkait
Mawar Bettafish Bojongsari Depok Jual Cupang dengan Sistem Lelang
Berikut kisah Mawar Bettafish Bojongsari Baru Depok, yang menjual ikan cupang dengan sistem lelang.
Pemuda Pancasila Depok Siap Adopsi Program Kejar Paket Gratis Ansor
Pemuda Pancasila Kota Depok, menyambut baik dan sangat mengapresiasi program gratis kejar paket A, B, dan C di Bojongsari Baru.
Pemuda Pancasila Ingin Pemkot Depok Lebih Perhatikan Masyarakat
Pemuda Pancasila, mengungkapkan harapannya kepada Pemerintah Kota Depok yang dipimpin oleh Mohammad Idris dan Imam Budi Hartono.
0
Mengenal Efek Samping Kebanyakan Minuman Berenergi
Mengenal efek samping minuman berenergi yang di dalamnya terdapat kafein dan lebih banyak gula serta bahan lainnya jika dikonsumsi terlalu banyak.