Mawar Bettafish Bojongsari Depok Jual Cupang dengan Sistem Lelang

Berikut kisah Mawar Bettafish Bojongsari Baru Depok, yang menjual ikan cupang dengan sistem lelang.
Kios penjualan ikan cupang Mawar Bettafish di Bojongsari Baru Kota Depok. (Foto:Tagar/ Adjie)

Depok – Bisnis ikan cupang, bisa menjadi sumber penghasilan baru. Tetapi agar bisa bertahan perlu ide segar untuk pemasarannya. Seperti yang dilakukan Sultan Adjie Wintara, pemilik usaha Mawar Bettafish ini menjual ikan cupang sistem lelang dengan harga terjangkau.

“Lelang, kita buka harga nol rupiah, harga tertinggi (pemenangnya) dan ada batas waktunya,” tutur Adjie dalam wawancara Tagar di lokasi usahanya yang terletak di Jalan Mawar RT 001/004, Kelurahan Bojongsari Baru, kecamatan Bojongsari, Kota Depok, pada Minggu, 21 Februari 2021.

Penjualan dari bulan ke bulan, awal sih lumayan masih rada ramai, sekarang-karang kan banyak ikan bermunculan yang berkembang ikutin tren lah, yah sedikit menurun, 20 persen.

Selain itu, Adjie memasarkannya secara online melalui Instagram dan offline melalui gerai cupang Mawar Bettafish. Bahkan juga ada flash sale ikan cupang.

Lelang Ikan CupangMawar Bettafish, jual ikan cupang sistem lelang dengan harga terjangkau. (Foto:Tagar/Instagram @Mawar.bettafish_)

Gerai ikan cupangnya memang baru dibuka sekitar 4 bulan lalu, tetapi Adjie sudah menggeluti usaha tersebut dengan mengembangbiakkan sendiri sejak awal tahun 2019.

“Dari 2019 awal, beli cupang online, terus nyoba-nyoba ngawinin. Diawal sih gagal dulu. Sering dah. Kita pahamin sendiri lama-lama, ya sedikit demi sedikit alhamdulillah (berhasil),” ucapnya.

Sementara jenis ikan cupang yang dijualnya adalah cupang multi colour, dengan kisaran harga yang ada digerainya Rp50 ribu sampai Rp250 ribu. Adjie juga mengungkapkan, penjualannya menurun lantaran banyak bermunculan ikan cupang baru mengikuti tren terkini dipasaran.

“Penjualan dari bulan ke bulan, awal sih lumayan masih rada ramai, sekarang-karang kan banyak ikan bermunculan yang berkembang ikutin tren lah, yah sedikit menurun, 20 persen,” sebutnya.

Pengembangbiakkan Ikan cupangPengembangbiakkan ikan cupang milik Mawar Bettafish. (Foto:Tagar/Tantri)

Meski penjualannya menurun, Adjie belum mendapat bantuan dari pemerintah untuk sektor UMKM

“Mereka (yang dapat) ngajuin lewat online, ga ada yang fasilitasi mau coba sih,” sebutnya.

Terakhir, Adjie mengungkapkan bahwa kendala dalam mengembangbiakkan ikan cupang, ada pada distribusinya. Ia ingin, kedepannya pemasaran bisa lebih ditingkatkan. Adapun selama ini, Adjie memasarkan ikan cupangnya melalui Instagram Mawar.bettafish_ dan Facebook dan baru memulai pemasaran melalui Shopee.

Selain itu, Adjie juga berharap bisnisnya ini bisa lebih berkembang agar dirinya bisa lebih banyak lagi membuka lapangan pekerjaan bagi teman-teman di sekitarnya. []

Berita terkait
Pemuda Pancasila Depok Siap Adopsi Program Kejar Paket Gratis Ansor
Pemuda Pancasila Kota Depok, menyambut baik dan sangat mengapresiasi program gratis kejar paket A, B, dan C di Bojongsari Baru.
Pandemi, Penghasilan Salim Bakery Depok Anjlok 40%
Salim Bakery, UMKM Bojongsari Baru Kota Depok, terimbas pandemi penghasilannya anjlok hingga 40%.
Penjual Tanaman Hias Depok Belum Dapat Bantuan dari Kementerian Koperasi
Penjual tanaman hias di Bojongsari Baru, Kota Depok mengatakan belum menerima bantuan dari Kementerian Koperasi.
0
Pemprov DKI Bangun Tugu Sepeda, Anggota DPRD: Mending Bangun Tugu Ojek Online
Anggota DPRD DKI Jakarta Gilbert Simanjuntak mengatakan, sebaiknya Pemprov DKI Jakarta membuat tugu ojek online ketimbang tugu sepeda.