UNTUK INDONESIA
Pemerintah Akan Pakai Mobil Listrik Sebagai Kendaraan Dinas
KBLBB ini direncanakan menjadi kendaraan dinas untuk kementerian, lembaga, BUMN, atau BUMD.
Unit baru dari Tesla termurah di Indonesia, Tesla Model 3 yang dibanderol mulai dari Rp 1 miliaran. (Foto: Tagar/Thio Pahlevi)

Jakarta - Pemerintah Indonesia memang saat ini tengah memfokuskan diri untuk pengembangan kendaraan berbasis baterai seperti mobil listrik. Hal ini dibuktikan dari dukungan yang terus dilakukan untuk membangun ekosistem kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB).

"Kami akan memberikan insentif khusus kepada pabrikan atau industri yang mengembangkan KBLBB dan terus mendorong pembangunan infrastrukturnya. Kita juga, setahap demi setahap akan mengganti kendaraan dinas menjadi KBLBB," kata Plt. Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenko Maritim dan Investasi, Ayodhia Kalake, dalam keterangan resminya, sebagaimana dikutip Tagar, Kamis, 8 Oktober 2020.

KBLBB ini direncanakan menjadi kendaraan dinas untuk kementerian, lembaga, BUMN, atau BUMD. Dalam merealisasikannya, pemerintah perlu melayangkan Surat Edaran dari institusi terkait yang ditargetkan dimulai pada tahun 2021 hingga 2024. Sementara untuk KBLBB roda dua produksi lokal sudah masuk ke dalam e-catalogue inovasi.

Terkait insentif mobil listrik, Ayodhia mengatakan sejumlah pemerintah daerah telah memberikan insentif untuk KBLBB, diantaranya DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Bali.

"Salah satunya DKI Jakarta yang sudah membebaskan biaya bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB) untuk KBLBB," ucapnya.[]

Berita terkait
Soal Mobil Listrik, Bahlil Lahadalia Ditantang Kejar Nikel
Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia disarankan mengejar peluang investasi terkait dengan nikel untuk mobil listrik.
Indonesia dan Tesla Lakukan Diskusi untuk Investasi Baterai
Pembicaraan Pemerintah Indonesia dengan Tesla Terkait Investasi ini masih dalam tahap awal dan masih membutuhkan diskusi lebih lanjut.
OJK Beri Insentif Pengusaha Kendaraan Listrik
Otoritas Jasa Keuangan melakukan upaya lanjutan pemulihan ekonomi nasional melalui pemberian sejumlah insentif bagi pelaku usaha kendaraan listrik
0
Pemerintah Akan Pakai Mobil Listrik Sebagai Kendaraan Dinas
KBLBB ini direncanakan menjadi kendaraan dinas untuk kementerian, lembaga, BUMN, atau BUMD.