UNTUK INDONESIA
Pelatih Persipura Sebut PSM Sebagai Tim Terbaik
Persipura Jayapura tak meremehkan PSM Makassar dalam laga Shopee Liga 1 2019. Pelatih Persipura Jacksen F. Tiago menyebut PSM sebagai tim terbaik.
Persipura Jayapura mewaspadai ancaman Perseru Badak Lampung FC dalam duel Shopee Liga 1 2019 di Stadion Sumpah Pemuda, Lampung, Senin 20 OKtober 2019. Tampak pemain Persipura merayakan gol di pertandingan Liga 1. (Foto: ANTARA/Umarul Faruq)

Jakarta - Jangan sesekali meremehkan PSM Makassar. Hal itu disampaikan pelatih Persipura Jayapura Jacksen F Tiago yang menyebut PSM sebagai tim terbaik. Kedua tim akan berjibaku dalam lanjutan kompetisi Shopee Liga 1 2019 di Stadion Andi Mattalatta Mattoanging, Makassar, Senin 18 November 2019. 

Persipura tetap waspada menghadapi laga besar dua tim dari Indonesia Timur itu. Menurut Jacksen pemainnya harus memberi perhatian serius kepada PSM. 

"Jika bicara di atas kertas, PSM adalah tim terbaik. Mereka akan mewakili Indonesia yang akan tampil di Piala AFC musim depan. Artinya PSM masih menjadi kekuatan tersendiri," kata Jacksen seperti dikutip Antara.

Pemain harus lebih fokus menghadapi PSM. Kami akan lebih efektif dalam bermain dan sebisa mungkin mengurangi kesalahan saat pertandingan, khususnya di sektor pertahanan

"Ini perlu diberi perhatian serius oleh tim kami. PSM tetap tim yang kuat yang harus diwaspadai," ujar pelatih asal Brasil ini melanjutkan. 

Jacksen menuturkan posisi PSM di klasemen tidak bisa menjadi ukuran kualitas mereka. Menurutnya bila PSM kesulitan menembus papan atas bukan menjadi alasan bagi Persipura untuk meremehkannya. 

"Hal itu tak bisa dijadikan ukuran. Pemain harus lebih fokus menghadapi PSM. Kami akan lebih efektif dalam bermain dan sebisa mungkin mengurangi kesalahan saat pertandingan, khususnya di sektor pertahanan. Ini menjadi perhatian karena PSM memiliki banyak pemain berbahaya di lini depan," ucapnya lagi. 

Tak hanya itu, Jacksen juga fokus menjaga stamina dan suasana tim. Pasalnya, Persipura menjalani laga padat dan harus berpindah-pindah home base. Mereka masih belum bisa memakai Stadion Mandala untuk laga tandang karena tengah direnovasi.

"Selama beberapa hari kami lebih fokuskan recovery pemain karena jadwal begitu padat. Beberapa pemain mengeluh kelelahan pasca laga lawan Bali United. Namun pemulihan tak ada kendala dan berjalan baik," kata Jacksen.

Gelandang Ian Luis Kabes mengatakan para pemain sudah siap mengeluarkan kemampuan terbaik di laga besar itu. Mereka berambisi mendapatkan poin meski bermain di kandang kawan.

"Kami akan berupaya keras agar bisa mendapatkan poin apakah itu imbang atau menang di Makassar. Para pemain sudah siap," kata Ian Kabes. 

Pencapaian Persipura musim ini memang cukup fenomenal. Mengawali kompetisi di papan bawah dan sampai melakukan pergantian pelatih, kini tim Mutiara Hitam bisa menduduki peringkat dua klasemen sementara. 

Persipura mengantongi poin 44, sama dengan yang diraih Madura United yang berada di peringkat tiga. Kedua tim terpaut 13 poin dari Bali United yang menduduki puncak klasemen. [] 

Berita terkait
Pelatih PSM Makassar Respek kepada Persipura
PSM Makassar menaruh respek kepada Persipura Jayapura. Namun mereka optimistis menang atas rivalnya dalam duel di Makassar, Senin 19 November 2019.
Klasemen Liga 1, Persaingan Bali United Vs Persipura
Pimpinan klasemen Bali United belum bisa memastikan juara Shopee Liga 1 2019. Bali United disaingi Persipura Jayapura selain Madura United.
Persipura ke Peringkat 2 Usai Imbangi Bali United
Persipura Jayapura memenuhi target mencapai posisi runner up di klasemen Shopee Liga 1 2019 setelah bermain imbang 2-2 melawan Bali United.
0
Siswa Aceh Singkil Ikut Ujian di Tengah Banjir
Banjir melanda kawasan Aceh Singkil sejak beberapa hari terakhir termasuk sekolah Madrasah Tsanawilayah Negeri (MTsN) Aceh Singkil, Aceh.