UNTUK INDONESIA
Paket Sembako untuk Warga ODP di Bantaeng
Gugus tugas Covid-19 Bantaeng, mendistribusikan bantuan paket sembako kepada keluarga yang berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) di berbagai titik
Pembagian Sembako kepada warga ODP di Kabupaten Bantaeng, Sabtu 4 April 2020. (Foto: Tagar/Fitriani Aulia Rizka)

Bantaeng - Gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Bantaeng, Sulawesi Selatan terus bergerak. Tim yang merupakan unsur Forkopimda ini mendistribusikan bantuan paket sembako kepada keluarga yang berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) di berbagai titik pada sabtu, 4 April 2020.

Bukan hanya sembako, masker hasil karya Dekranasda Bantaeng dan Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian juga dibagikan langsung kepada warga sekitar tempat tinggal ODP.

Harapan kami, paket sembako ini akan membantu meringankan beban mereka selama menjalani masa isolasi Mandiri selama 14 hari.

Jumlah lokus yang dikunjungi, sebanyak tujuh tempat yaitu dua titik di Dusun Bunga Biraeng Desa Lumpangang tepatnya di wilayah Puskesmas Kassi-Kassi dan lima titik di Wilayah kerja Puskesmas Dampang yaitu di Gantarangkeke, Dampang, Lembang Galung, Ujung Pangi dan Palanjong.

Kepala Dinas Kesehatan Bantaeng, dr. Andi Ihsan mengatakan, gugus tugas Covid-19 Bantaeng membagikan masker masing-masing dua lembar kepada tiap anggota keluarga yang berstatus ODP. Andi Ihsan pada kesempatan itu, menerangkan pula tata cara isolasi mandiri kepada ODP dan keluarganya.

"Setiap orang dapat dua lembar masker ya, setiap hari diganti maskernya dengan yang bersih. Satu dipakai satu lagi dicuci bila selesai digunakan dan tinggal terpisah (physical distance) dulu selama masa pemantauan," kata Ihsan kepada mereka yang sedang dipantau.

"Harapan kami, paket sembako ini akan membantu meringankan beban mereka selama menjalani masa isolasi Mandiri selama 14 hari sejak kepulangan dari daerah terjangkit Covid-19," terang Ihsan.Dia pun berharap, paket Sembako yang telah dibagikan itu dapat mengurangi beban masyarakat yang berstatus ODP tersebut. Terlebih, harus menjalani masa isolasi mandiri selama 14 hari.

"Harapan kami, paket sembako ini akan membantu meringankan beban mereka selama menjalani masa isolasi Mandiri selama 14 hari sejak kepulangan dari daerah terjangkit Covid-19," terang Ihsan.

Selain itu, pembagian paket sembako juga dibagikan ke berbagai wilayah Puskesmas yang ada di Kabupaten Bantaeng. Seperti di Bissappu dibagikan 13 paket, Sinoa enam paket, Puskesmas Loka dan Puskesmas Labbo masing-masing dua paket.

Di Puskesmas Ulugalung empat paket, dan di Puskesmas Baruga tiga paket sembako. "total yang dibagi hari ini sebanyak 37 paket," ujar Ihsan. []

Berita terkait
Covid-19, Polres Bantaeng Gelar Sertijab Terbatas
Sertijab di Polres Bantaeng digelar secara sederhana dan terbatas sesuai dengan protokol pencegahan Covid-19. Ini jajaran yang diganti.
Polisi di Bantaeng Kampanye Cuci Tangan Lewat TikTok
Seorang polisi di Bantaeng, Sulawesi Selatan, aktif mengedukasi warga untuk mencuci tangan dengan baik melalui TikTok.
Kebijakan Pemerintah Bantaeng untuk Rakyat Menengah
Bupati Bantaeng Ilham Azikin meniadakan penarikan retribusi untuk pedagangan di sejumlah pasar yang ada di Bantaeng. Imbas dari pandemi Covid-19.
0
Bawa Pemudik, Armada ALS Tertahan di Pelabuhan Merak
PT Antar Lintas Sumatera (ALS) Tangerang yang masih mengoperasikan armada dan membawa penumpang pada 29 April 2020 terpaksa harus dihentikan.