Indonesia
Nusron Wahid, Caleg Golkar Lolos ke Senayan
Caleg dari Partai Golkar Nusron Wahid lolos melenggang ke Senayan dalam Pemilihan Legislatif (pileg) 2019.
Nusron Wahid

Jakarta - Calon Legislatif (caleg) dari Partai Golkar Nusron Wahid lolos melenggang ke Senayan dalam Pemilihan Legislatif (pileg) 2019. Nusron maju menjadi caleg di Daerah Pemilihan (dapil) II Jawa Tengah.

Mendapat jatah satu kursi Nusron di DPR berdasarkan data rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat nasional yang telah disahkan KPU RI pada Rabu, 15 Mei 2019. Mengacu pada data itu, Nusron berhasil memperoleh 122.571 suara di dapilnya.

Pria yang lahir di Kudus, Jateng ini diketahui dari terjun ke panggung politik bukan pertama kalinya di Pileg 2019. Nusron pernah menjadi anggota DPR periode 2009-2014 mewakili Jateng, terutama Kudus. 

Ketika Pileg 2009, pria kelahiran 1973 tersebut memperoleh dukungan dari 13.157 suara. Dia kemudian menempati pos di Komisi VI di DPR RI.  Dalam komisi itu, Nusron bertugas sebagai pengawas kebijakan-kebijakan yang berhubungan dengan perdagangan, perindustrian, investasi, koperasi, UKM, BUMN, dan Standardisasi Nasional. 

Pria kelulusan Magister Ekonomi di Institut Pertanian Bogor ini pernah terpilih sebagai Ketua Umum Gerakan Pemuda (GP) Ansor-Nahdlatul Ulama (NU) pada Januari 2011. Kemudian dilantik menjadi Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) pada 27 November 2014.

Dalam Pileg 2019 ini, nama Nusron bersanding bersama 10 caleg Partai Golkar dapil Jeteng lainnya yang lolos ke DPR periode 2019-2024, yaitu Firman Soebagyo (Jateng III), Endang Maria Astuti (Jateng IV), -Singgih Januratmoko (Jateng V), Panggah Susanto (Jateng VI), Bambang Soesatyo (Jateng VII), Teti Rohatiningsih (Jateng VIII), Dito Ganinduto (Jateng VIII), Agung Widyantoro (Jateng IX), dan Doni Akbar (Jateng X).

Pendidikan

- Magister Ekonomi, Program Studi Ilmu Ekonomi, Pasca Sarjana Institut Pertanian Bogor
- Sarjana Sastra Jurusan Ilmu Sejarah di Universitas Indonesia
- SMA Islam Al Ma'ruf Kudus
- MTS Qutsiyyah Kauman Menara Kudus
- MI Miftahutthalibin Mejobo Kudus

Karier

- Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI)
- Anggota Komisi VI DPR RI (2009-2014)
- Komisaris PT. CBN
- Komisaris PT. Palima Timada  

Baca juga:

Berita terkait
0
Gol Cepat Jadi Alasan PSS Kalah Lawan PS Tira
PSS Sleman kemasukan gol cepat yang membuat mereka sulit bangkit dan mengalami kekalahan 1-3 dari PS Tira Persikabo, Senin 19 Agustus 2019.