UNTUK INDONESIA
Caleg Gagal di Aceh Coba Bakar Baju Dinas Polisi
Aparat kepolisian Banda Aceh menangkap TMD, karena mencoba membakar baju polisi, diketahui TMD merupakan Caleg gagal pada pemilu legislatif 2019.
Caleg gagal Pileg tahun 2019 di Banda Aceh mencoba membakar baju dinas polisi. (Foto: Tagar/Ilustrasi)

Banda Aceh - Aparat kepolisian Polres Bireuen menangkap pria berinisial TMD, 25 tahun, yang disebut-sebut sebagai Calon Legislatif (Caleg) daerah yang gagal pada Pileg 2019 lalu di Kabupaten Bireuen, ia ditangkap karena mencoba membakar baju dinas polisi di depan penjagaan Mapolres Bireuen saat pelaksanaan apel pagi, Jumat 8 November 2019.

Direktur Reserse Kriminal Umum (Dir Reskrimum) Polda Aceh, Kombes Pol Agus Sartijo menyebutkan, kejadian berawal saat TMD datang ke gerbang Mapolres Bireuen pada pukul 07.45 WIB. Lalu dia mengeluarkan dua buah baju Polri, dan hendak membakarnya.

"Ketika hendak membakar baju tersebut, anggota Polres Bireuen yang sedang sarapan di seberang jalan menegur pelaku, namun pelaku langsung mengeluarkan sebilah pisau," kata Agus dalam keterangannya kepada wartawan di Banda Aceh, Jumat 8 November 2019.

 Berdasarkan keterangan pihak keluarga bahwa pelaku memiliki kelainan jiwa karena depresi berat setelah gagal menjadi Caleg.

Kata Agus, TMD mengeluarkan pisau dan mengarahkan ke arah polisi. Lalu, ia menghampiri sepeda motornya dan melarikan diri ke arah timur Mapolres Bireuen.

Melihat TMD kabur, polisi mencoba melakukan pengejaran. Akhirnya, TMD ditangkap di Desa Awe Geutah, Kecamatan Peusangan Siblah Krueng, Kabupaten Bireuen. Saat ini ia diamankan di Mapolres setempat.

"Berdasarkan keterangan pihak keluarga bahwa pelaku memiliki kelainan jiwa karena depresi berat setelah gagal menjadi Caleg dan merupakan orang yang diawasi oleh pihak Puskemas Kota Juang," tutur Agus.

Sementara, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kabupaten Bireuen, Haris Munandar saat dikonfirmasi Tagar membantah pelaku TMD sebagai Caleg dari PSI pada Pileg 2019 lalu di Kabupaten Bireuen.

TMD kata Haris, sudah mengundurkan diri dari partai tersebut jauh hari sebelum penetapan calon anggota legislatif pada pemilihan 2019 lalu.

"Jauh hari sebelum pemilihan, dia sudah mengundurkan diri setelah penetapan Caleg, sebelum pemilihan dia sudah mengundurkan diri, bukan setelah pemilihan, itu sudah kita terima, lalu dia tidak aktif lagi di PSI," kata Haris. []

Baca juga:

Berita terkait
Sensasi Maulid Nabi di Atas Kapal Laut Keliling Aceh
Sebuah kapal laut jenis Spit Boat akan meriahkan maulid Nabi Muhammad SAW kota Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya, Aceh.
Pelaku Pengusiran Warga Non Aceh Sering ke Malaysia
Pelaku yang membuat video pengusiran pendatang di Banda Aceh sudah sering bolak-balik ke Malaysia, belum diketahui tujuan pelaku.
4 Pelaku Pengusiran Warga Non Aceh
Empat pelaku pengusiran warga non Aceh dalam sebuah video yang sempat viral beberapa waktu lalu diminta untuk disegera menyerahkan diri.
0
PKS: Jokowi Jangan Hanya Mondar-mandir di Istana
Syahrul Aidi Maazat dari PKS meminta Jokowi tidak hanya mondar-mandir di istana, agar turun melihat dampak kebijakannya dalam menangani Covid-19.