Notifikasi Ponsel Dapat Mengganggu Produktivitas Bekerja

Ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk menangani ditraksi pemberitahuan pesan dari ponsel yang muncul selama bekerja.
ilustrasi. (Foto: Tagar/Pixabay)

Jakarta - Suara nada dering pemberitahuan pesan yang berbunyi terus-menerus sepanjang hari saat bekerja dapat membuat Anda terganggu, stres, dan tidak fokus untuk menyelesaikan pekerjaan. Hal ini tentu menghambat produktivitas Anda.

Dikutip dari Insider, menurut seorang psikolog, Saul Rosenthal, ketergantungan pada teknologi telah mempengaruhi dan menyebar dengan cepat di kalangan masyarakat. Apalagi saat ini dunia sedang dilanda pandemi di mana berbagai kegiatan difokuskan untuk dilaksanakan secara virtual.

“Ketergantungan masyarakat pada teknologi jelas sangat besar dan telah bergerak cukup cepat, tetapi pandemi mungkin telah mempercepatnya,” ujar Rosenthal.

Rosenthal mengatakan manusia mengalihkan perhatian mereka saat ada distraksi atau gangguan, termasuk saat adanya pemberitahuan email atau pesan instan. Pemberitahuan itu dapat mengganggu jika pekerjaannya bercampur dengan kegiatan mengirim pesan sehingga pekerjaan tidak kondusif.

Beruntungnya, seorang psikolog mengatakan ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk menangani ditraksi pemberitahuan pesan dari ponsel yang muncul selama bekerja.


1. Hindari multitasking di tempat kerja

Multitasking atau mengerjakan berbagai pekerjaan dalam satu waktu dapat mengurangi produktivitas. Hindari mengirim SMS di ponsel atau mengirim email selama rapat.

"Multitasking mengurangi efisiensi, konsentrasi, dan antusiasme saat mengerjakan suatu pekerjaan," Jasmin Tahmaseb-McConatha, seorang profesor psikologi di West Chester University of Pennsylvania.

Rosenthal mengatakan multitasking juga menghabiskan energi Anda. "Dibutuhkan lebih banyak energi untuk bergerak dan itu melelahkan."

Mengerahkan semua energi Anda ke dalam satu proyek lebih efisien daripada melompat dari satu tugas ke tugas lainnya.


2. Buat batasan waktu dan berkomunikasi dengan tim Anda

Tahmaseb-McConatha mengatakan penting untuk menetapkan target ketika Anda berada dalam suatu tim. Jika tidak, Anda tidak mempunyai batasan dan berakhir merasa berkewajiban untuk merespon notifikasi atau pemberitahuan pesan yang tidak perlu saat ponsel berdering sepanjang hari. Padahal seharusnya waktu Anda dihabiskan untuk proyek yang sedang menunggu.

Sebagai contoh, Tahmaseb-McConatha memberi tahu murid-muridnya bahwa dia hanya bersedia untuk menjawab e-mail selama waktu yang ditentukan.

"Orang-orang harus sangat disiplin dalam menetapkan batas-batas itu untuk diri mereka sendiri," katanya.

Organisasi harus memungkinkan pekerjanya memiliki periode kerja yang fokus dan tidak terganggu, kata Rosenthal. "Anda akan memiliki pekerja yang lebih produktif dan lebih terhubung dengan organisasi itu sendiri,"


3. Istirahatlah walau hanya lima menit

Tahmaseb-McConatha mengatakan jika Anda mengambil jeda lima menit beberapa kali dalam sehari, itu berpengaruh pada kesehatan Anda. Menjauhkan diri dari pemberitahuan pesan yang mengakibatkan distraksi dapat membuat Anda lebih produktif.

Rosenthal juga merekomendasikan untuk bergerak selama istirahat lima menit itu.

"Jadi ketika Anda terjebak dalam satu posisi yang membuat tubuh stress, bergeraklah itu lebih baik untuk tubuh," kata Rosenthal.

(Sekar Aqillah Indraswari)


Baca Juga : 

Berita terkait
9 Tips Agar Produktif dengan Jam Tidur yang Cukup
Tidur yang nyenyak dan berkualitas adalah rahasia untuk meningkatkan produktivitas.
Cara Membiasakan Diri Agar Lebih Produktif
Namun, sebagian orang masih banyak merasa kesulitan dan tidak mengetahui cara untuk melakukan kegiatan produktif dalam kesehatiannya.
8 Tips Produktif Ala Raditya Dika
Dilansir dari kanal YouTube Raditya Dika, berikut adalah tips menjadi produktif ala Raditya Dika yang patut kamu lakukan.
0
Notifikasi Ponsel Dapat Mengganggu Produktivitas Bekerja
Ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk menangani ditraksi pemberitahuan pesan dari ponsel yang muncul selama bekerja.
5 Tanaman Pengusir Nyamuk