UNTUK INDONESIA
Manfaat Tidur Siang di Tengah Pandemi Corona
Tak ada yang menyangka tidur siang memiliki banyak manfaat, apalagi di tengah masa pandemi Corona. Berikut ulasannya.
Lima Tips Mencegah Kulit Keriput Saat Tidur. (Foto: consumerhealthdigest)

Jakarta - Imbauan melakukan aktivitas di rumah hingga physical distancing untuk menghindari penyebaran virus Corona atau Covid-19, ternyata membuat kebanyakan masyarakat merasa bosan. Sehingga, mereka memilih menyempatkan waktu untuk tidur siang. 

Selain terasa rileks, meluangkan waktu untuk tidur siang sejenak saja sebenarnya memiliki banyak manfaat. Namun perlu diingat, kegiatan tersebut juga perlu diatur waktunya agar badan tidak merasa lesu saat bangun.

Dilansir dari laman Health.com dan Web MD, berikut Tagar berikan ulasan mengenai manfaat tidur siang.

1. Menurunkan Tekanan Darah

Tidur siang ternyata bermanfaat untuk menurunkan kadar tekanan darah. Sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal of Applied Physiology membuktikan kebiasaan istirahat di siang hari mampu menurunkan risiko penyakit terkait dengan hipertensi sebesar 37 persen.

Kegiatan tersebut cocok dilakukan bagi pasien yang mengalami masalah kesehatan degeneratif. Terlebih saat menjalankan physical distancing, waktu ini bisa dimanfaatkan untuk tidur siang.

2. Meningkatkan Kemampuan Memori

Sebuah studi menunjukkan jika istirahat pada siang hari selama 30 menit sangat berpengaruh terhadap kerja otak. Dari hasil sebuah tes itu juga membuktikan, jika mereka yang tidur siang memiliki kognitif memori dan tingkat kewaspadaan lebih tinggi. Sedangkan mereka yang tidak tidur siang pasti mengalami tingkat stress dan kelelahan yang drastis.

3. Memperbaiki Mood

Tidur siang bisa membantu meredakan perasaan sedih atau marah akibat suatu hal. Sebuah studi yang dilakukan oleh National Sleep Foundation mengatakan istirahat di siang hari bisa memperbaiki mood. Bahkan, hanya sekedar membaringkan badan dan memejamkan mata saja, ternyata manfaatnya juga akan sama. 

4. Meningkatkan Kreativitas

Tidur siang bisa membantu seseorang untuk meningkatkan kreativitasnya. Bahkan, para pekerja seni di rumah sangat disarankan untuk melakukan kegiatan tersebut.

Salah satu pendiri Sleep for Success Rebecca Robbins mengatakan istirahat di siang hari mampu membuat tingkat kreativitas lebih tinggi. "Ini seperti membersihkan sarang laba-laba di otak Anda agar kembali bekerja optimal," kata Rebecca Robbins. []

Baca juga:

Berita terkait
Selain Cegah Corona, Ini Manfaat Jahe Merah
Jahe merah dipercaya mampu mencegah virus Corona. Berikut manfaat jahe merah untuk kesehatan.
Manfaat Es Batu untuk Mempercantik Wajah
Es batu bisa dimanfaatkan para wanita yang ingin mempercantik diri dan mengatasi persoalan di wajah.
Makanan Sumber Vitamin D Cegah Corona
Makanan mengandung vitamin D sangat baik untuk kesehatan karena dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Sehingga tubuh akan kebal dengan virus Corona.
0
Sidang Pertama Gugatan MAKI ke Yasonna Usai Lebaran
Boyamin Saiman MAKI menuturkan gugatan pada Menkumham Yasonna Laoly ke Pengadilan Negeri Surakarta terkait napi asimilasi dimulai habis lebaran.