9 Tips Agar Produktif dengan Jam Tidur yang Cukup

Tidur yang nyenyak dan berkualitas adalah rahasia untuk meningkatkan produktivitas.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Pixabay)

Jakarta - Kunci untuk meningkatkan produktivitasbukan hanya makan sehat atau memiliki rutinitas yang sama setiap hari, tapi juga menjaga kualitas tidur. Dikutip dari Forbes, Michelle de Matheu, seorang pembicara di bidang motivasi dan bisnis mengungkapkan bahwa produktivitas, keterampilan analitis, kreativitas, dan bahkan keberhasilan karir atau bisnis Anda dapat bergantung pada bagaimana kebiasaan tidur Anda dijalankan. Menurutnya, tidur yang nyenyak dan berkualitas adalah rahasia untuk meningkatkan produktivitas.

Banyak orang yang sering mengabaikan petunjuk atau sinyal bahwa tubuh mereka membutuhkan istirahat. Menurut Matheu, disinilah letak masalah nyata berada. Terus-menerus bekerja tidak selalu berdampak baik melainkan justru membawa kita lebih jauh setiap harinya dari potensi produktif kita yang sebenarnya.

Delapan jam sebagai waktu ideal untuk tidur nyenyak juga memegang peranan signifikan dimana Anda bisa mendapatkan kembali energi, mampu memproses peristiwa terbaru, dan membuat keputusan tentang masa depan.

Matheu menganalogikan waktu tidur sebagai bahan bakar dimana Anda tentunya memerlukan bahan bakar yang cukup untuk terus bergerak maju dan melakukan hal-hal luar biasa yang Anda tahu Anda mampu lakukan.

Kualitas tidur yang baik juga dapat membantu Anda dalam merasakan dan menjadi versi terbaik dari diri Anda sendiri. Berikut adalah 7 tips yang dapat membantu Anda meraih tidur yang berkualitas untuk meningkatkan produktivitas.


1. Bangun pada waktu yang sama setiap hari

Bangun pada waktu yang sama setiap hari dapat membantu Anda tidur nyenyak, dengan mengatur jam biologis tubuh sekaligus membuat Anda merasa lebih berenergi.

Itu sebabnya, banyak ahli menyarankan untuk menyetel alarm bangun setiap pagi di jam yang sama, termasuk di akhir pekan, dan menghindari memencet tombol snooze saat alarm sudah berbunyi.

Memperlama waktu tidur dari yang seharusnya justru bisa membuat Anda kurang segar dan merasa lebih lemas hingga cepat ngantuk saat beraktivitas.

Di samping itu, pastikan Anda dapat tertidur ketika beranjak ke kasur. Jika dalam 20 menit Anda masih kesulitan memejamkan mata, lakukan hal yang bisa menenangkan pikiran Anda, contoh mendengarkan musik sambil tidur atau membaca buku.


2. Olahraga sambil berjemur setiap pagi

Daripada menekan tombol snooze berulang kali, para ahli menyarankan untuk memulai hari Anda setidaknya 5 menit awal untuk berjemur matahari dan meditasi.

Sinar matahari pagi dapat membuat Anda lebih “melek” karena cahaya memberi sinyal ke otak untuk menyetop produksi hormon melatonin yang membuat ngantuk dan menggantinya dengan hormon adrenalin sebagai tanda bahwa ini adalah waktunya Anda untuk bergerak.

Cobalah berjalan atau berolahraga sambil berjemur setidaknya 20-60 menit setelah Anda bangun. Orang-orang yang rutin olahraga sambil berjemur setiap pagi dapat tidur nyenyak dan memiliki kualitas tidur yang lebih baik.


3. Perhatikan makanan dan minuman

Anda mungkin tidak menyadari, apa yang Anda makan dan minum ternyata memiliki berpengaruh pada tidur nyenyak Anda. Sebagai contoh, minum kopi pada malam hari bisa membuat Anda lebih waspada sehingga Anda jadi sulit untuk memejamkan mata.

Itulah sebabnya, hindari minum kopi setidaknya enam jam sebelum waktu tidur. Pasalnya, tubuh Anda membutuhkan waktu beberapa jam untuk memproses kafein. Selain kopi, kafein juga ada pada teh, minuman bersoda, dan minum berenergi.

Minuman yang direkomendasikan Anda minum sebelum tidur adalah segelas susu hangat atau secangkir teh rempah-rempah, yakni teh yang terbuat dari tanaman selain teh, contoh teh chamomile.

Begitu pula dengan makan besar sebelum tidur. Kebiasaan ini bisa memicu naiknya asam lambung ke kerongkongan, sehingga menimbulkan ketidaknyamanan di perut. Jadi, hindari makan dalam porsi besar menjelang tidur dan pilih makan camilan sehat 2 jam sebelum tidur.


4. Sempatkan tidur siang sebentar

Tubuh akan mengalami dua kali puncak kelelahan dalam satu hari, yaitu pada tengah malam maupun siang hari. Jadi, apa salahnya jika Anda luangkan waktu sebentar saja untuk menghilangkan rasa kantuk dengan tidur siang. Namun, patuhi aturan tidur siang yang baik .

Seperti, tak perlu terlalu lama cukup sekitar 20-30 menit saja, karena tidur siang terlalu lama malah akan membuat tidur malam Anda jadi tidak nyenyak. Pastikan untuk mengatur alarm agar Anda tak kebablasan tidur siang.


5. Ciptakan suasana tidur yang nyaman

Ciptakan suasana kamar yang sesuai untuk Anda. Sering kali ini diartikan dengan kamar yang bersih, tenang, sejuk, dengan pencahayaan yang sesuai.

Pasalnya, tidur dengan kondisi kamar tidur yang kotor, panas, berisik, dan cahayanya terang bisa membuat Anda susah tidur. Jadi, jangan mengesampingkan tips ini jika Anda ingin tidur dengan nyenyak, ya. Anda juga perlu menerapkan hal yang sama dengan tidur siang Anda, sehingga Anda tetap bisa beristirahat dengan nyaman meski hanya sebentar.


6. Belajar untuk mengatasi stres

Stres dan perasaan cemas bisa menjadi penyebab Anda susah tidur. Ini karena pada saat itu, otak Anda sibuk memikirkan berbagai hal yang Anda cemas dan takutkan, sehingga pikiran menjadi tidak tenang dan mata sulit terpejam.

Jika Anda ingin tidur nyenyak, Anda sangat perlu belajar untuk mengelola stres. Bagaimana caranya? Ada banyak cara yang bisa Anda tempuh seperti mengalihkan pikiran dari stres dengan melakukan aktivitas yang disukai, seperti menulis jurnal atau jalan santai ke taman.


7. Tinggalkan perangkat elektronik

Jika memungkinkan, matikan atau lepaskan perangkat elektronik dari genggaman Anda tiga jam sebelum tidur. Pada dasarnya, cahaya memiliki panjang gelombang dan warna yang berbeda.

Penelitian Harvard menemukan bahwa cahaya biru (blue light) yang berasal dari layar perangkat elektronik di malam hari dapat menekan sekresi melatonin lebih kuat daripada sumber cahaya lain. Jika Anda perlu bekerja lembur atau menggunakan perangkat elektronik sebelum tidur, para peneliti merekomendasikan memakai kacamata pemblokir cahaya biru atau memasang aplikasi yang mampu menyesuaikan cahaya yang tepat untuk aktivitas di malam hari. []


Baca Juga : 






Berita terkait
Manfaat Tidur Menggunakan Masker Wajah
Perawatan wajah dengan masker wajah semalam juga cocok dirangkaikan dengan pelembab malam hari.
Tips Agar Tidur Teratur
Tips tidur cukup agar menjaga imun serta jiwa dan raga.
Cara Ampuh Mengatasi Insomnia
Gangguan tidur dalam jangka panjang dapat memicu munculnya beragam masalah kesehatan
0
9 Tips Agar Produktif dengan Jam Tidur yang Cukup
Tidur yang nyenyak dan berkualitas adalah rahasia untuk meningkatkan produktivitas.