Cara Membiasakan Diri Agar Lebih Produktif

Namun, sebagian orang masih banyak merasa kesulitan dan tidak mengetahui cara untuk melakukan kegiatan produktif dalam kesehatiannya.
Ilustrasi - (Foto: Tagar/Freepik)

Jakarta - Hampir semua orang ingin mempunyai hidup produktif, sampai akhirnya berambisi 'gila kerja' melakukan banyak hal sekaligus. Produktif merupakan kemampuan seseorang dalam menghasilkan sesuatu. 

Dalam konsep slogan 'hari ini harus lebih bermanfaat dibanding hari kemarin, serta hari esok harus lebih baik dari hari ini' banyak orang yang menggunakannya untuk dapat menjalani kehidupannya secara baik dan maksimal.

Namun, sebagian orang masih banyak merasa kesulitan dan tidak mengetahui cara untuk melakukan kegiatan produktif dalam kesehariannya. Kamu termasuk mereka yang sulit untuk melakukan kegiatan produktif? Yuk ikuti cara-cara ini agar harimu lebih produktif.


1. To-Do List

Mereka yang produktif akan lebih mengetahui tujuan dari goals yang ingin dicapai. Untuk meraih dari goals tersebut, maka perlu untuk melakukan hal-hal positif seperti sebelum tidur selalu menyempatkan waktu untuk menuliskan apa-apa saja yang harus dilakukan esok hari. Dengan begini, kegiatan kita sehari-harinya akan lebih tertata dan terarah.


2. Bangun Lebih Pagi

Seorang yang produktif dalam kehidupannya akan berusaha untuk mampu mengatur jam istirahat yang cukup. Dengan bangun lebih pagi, kita bisa menyempatkan waktu untuk bersaat teduh, berolahraga, dan sarapan. Hal ini akan membuat kita lebih bersemangat untuk memulai kegiatan sesuai to-do list yang sudah dibuat.


3. Fokus Pada Proses

Fokus pada proses dengan berproses melakukan semua kegiatan secara baik dan tepat, akan membawakan hasil yang maksimal pula. Tidak cukup bila kita melakukan sesuatu hanya fokus pada hasilnya, namun perlu menyiapkan dan melakukan proses yang konsisten.


4. Manajemen Waktu yang Kuat

Ketika kita memutuskan untuk melakukan kegiatan yang produktif dalam keseharian, maka kita juga perlu mengatur waktu. Artinya, pandai untuk meminimalisir segala gangguan yang dapat mengganggu fokus kita seperti, mengurangi waktu bermain sosial media, mengurangi kebiasaan hangout,dan mengurangi sifat-sifat malas yang ada dalam diri.

5. Mengetahui Menghargai dan Menilai Diri Sendiri

Mereka yang produktif dalam kesehariannya adalah mereka yang mengetahui dirinya baik kelemahan dan kelebihan yang dimiliki. Dengan demikian, mereka akan tahu bagaimana cara mencari orang yang tepat untuk membantunya melengkapi kekurangannya dalam bekerja. Mereka juga tahu untuk memaksimalkan potensi diri mereka dengan baik. []

Baca Juga: Tips Merencanakan Liburan dengan Anak Saat Pandemi


(Christina Butarbutar)

Berita terkait
Tips Vitamin dan Asupan Selama Isolasi Mandiri
Suplemen vitamin untuk isolasi mandiri dapat membantu meningkatkan sistem imun serta melawan penyakit, salah satunya vitamin D.
Siap Menjadi YouTuber Sukses? Simak Tips Berikut!
YouTube menjadi salah satu platform yang banyak diminati. Bekerja keraslah memproduksi konten yang memang sesuai dengan pakem yang Anda buat.
6 Tips Mengatur Keuangan ala Anak Kos
Salah satu problema yang sering dialami oleh anak kos adalah mereka tidak pandai mengatur keuangan. biasanya pada akhir bulan keuangan menipis.
0
Cara Membiasakan Diri Agar Lebih Produktif
Namun, sebagian orang masih banyak merasa kesulitan dan tidak mengetahui cara untuk melakukan kegiatan produktif dalam kesehatiannya.