Pakai Bra Saat Tidur Picu Kanker Payudara, Mitos atau Fakta?

Apakah memakai bra saat tidur dapat memicu kanker payudara?
Ilustrasi tidur. (Foto: Tagar/istock)

Jakarta – Beberapa perempuan menghadapi situasi dilema saat hendak tidur malam. Pakai bra rasanya tidak nyaman, tapi sebagian mengatakan tidur tanpa bra bisa membuat payudara kendur atau memicu kanker payudara, Benarkah?

Memakai bra saat tidur bisa memicu kanker payudara sebenarnya hanya mitos belaka. Rumor ini juga telah ditepis oleh para peneliti dan ahli. Di antaranya oleh dokter bedah umum Amber Gruth, Breast Cancer Surgery Multidisciplinary Fellowship di NYU Langone Medical Center, Amerika Serikat.

Dilansir dari Huffington Post, dokter bedah umum Amber Gruth berkata “Tidak ada bukti bahwa tidur dengan bra dapat berbahaya ataupun bermanfaat.”

Lewat pernyataan tersebut, dapat dipahami bahwa tidak ada bukti memakai bra saat tidur menyebabkan kanker. Selain itu, Amber juga menambahkan bahwa waktu dan cara memakai bra tidak memiliki kaitan dengan kanker payudara.

Kanker payudara lebih dipengaruhi oleh faktor lain seperti genetik serta gaya hidup. Merokok serta makan makanan yang tidak sehat, termasuk gaya hidup yang banyak dikaitkan dengan kanker, termasuk kanker payudara.

Yang harus dikhawatirkan adalah adanya garis keturunan, karena hal itu merupakan salah satu risiko seseorang bisa terkena kanker payudara. Pertanyaan ini sudah sering dibahas dalam penelitian.

Semua penelitian dan ahli telah menegaskan bahwa tidak terdapat pengaruh negatif memakai bra saat tidur atau kapanpun. Jadi secara umum mengenakan bra tidak berpengaruh pada risiko kanker payudara.

Begitupun dengan memakai bra saat tidur agar payudaranya tidak kendur, hal ini sebenarnya hanya mitos belaka. Payudara kendur seiring bertambahnya usia merupakan hal wajar bagi setiap wanita. Payudara secara alami bisa kendur karena elastisitas jaringan ikat yang menahan payudara berkurang seiring usia yang makin banyak.

Selain faktor usia, payudara juga bisa semakin kendur karena menyusui, faktor genetika, merokok, berat badan yang naik atau turun secara drastis, dan aktivitas fisik ekstrem. Oleh karena itu, memakai bra tidak bisa mencegah payudara wanita kendur atau melorot.

Beberapa orang menyarankan wanita tidur tanpa bra agar lebih sehat. Namun, ada juga pendapat yang menyebut tidur tanpa bra bisa membuat payudara kendur atau memicu kanker payudara. Jadi, sebenarnya mana yang lebih baik antara tidur tanpa bra atau pakai bra?

Sebagian lebih memilih tidur tanpa bra karena dianggap lebih nyaman. Manfaat tidur tanpa bra sebenarnya bisa membantu melancarkan peredaran darah. Terutama bagi wanita yang seharian penuh menggunakan bra yang ketat. Apabila wanita sering menggunakan bra terlalu ketat tanpa jeda, dampaknya bisa memengaruhi jaringan kulit.

Namun, pilihan tidur tanpa bra atau tidur pakai bra tergantung pada kenyamanan setiap wanita. Pilih yang sekiranya paling nyaman dan menunjang kesehatan masing-masing. Hal yang perlu diingat kembali, tidur pakai bra tidak menyebabkan kanker. Demikian juga sebaliknya, tidur tanpa bra tidak menyebabkan payudara kendur. (Viona Bono Valvinka)

Berita terkait
Kenali Penyebab dan Pengobatan Kanker Payudara
Kanker payudara merupakan jenis tumor yang berkembang pada jaringan sel-sel payudara.
Olahraga yang Cocok untuk Penderita Kanker Payudara
Bagi mereka yang mengidap kanker payudara memang tidak dilarang untuk berolahraga. Berikut olahraga yang cocok untuk penderita kanker payudara
Tips Merawat Kesehatan Payudara untuk Cegah Kanker
Merawat kesehatan payudara sangat penting untuk terhindar dari penyakit kanker. Berikut ulasannya.
0
Ketua DPRD: HJB ke-539 Momentum Kebangkitan Kabupaten Bogor
Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto mengatakan Hari Jadi Bogor yang ke-539 hendaknya menjadi momentum kebangkitan Kabupaten Bogor.