TAGAR.id, Jakarta - Dengan menerapkan hidup produktif, segala kegiatan apapun akan terorganisir dan terstruktur dengan baik. Lalu bagaimana untuk menjadi pribadi produktif di tengah pandemi ini?
Dilansir dari kanal YouTube Raditya Dika, berikut adalah tips menjadi produktif ala Raditya Dika yang patut kamu lakukan.
1. Membuat To Do List dan Mencatat
To Do List memang berperan penting dalam mengatur waktu kita selama melakukan kegiatan ataupun bekerja. To do list merupakan daftar yang harus dikerjakan pada hari tertentu yang diurutkan secara prioritas. Selain itu, dengan adanya to do list dapat lebih menciptakan tanggung jawab kita terhadap pekerjaan.
Karena jika tidak mempunyai to do list, biasanya kamu akan sering menunda pekerjaan atau bahkan sampai lupa. Serta jangan ragu untuk mencatat hal-hal kecil terkait pekerjaan pada to do list agar membantu agar tetap teringat.
2. Kerjain Kecil-kecil Aja
Terdengar cukup aneh namun sebenarnya hal ini adalah untuk membagi tugas besar ke dalam beberapa bagian yang ketika dikerjakan akan terasa lebih ringan. Dengan kata lain, jangan terlalu fokus pada hal besar pada tugasmu. Cobalah untuk mencicilnya secara berangsur menjadi bagian-bagian kecil. Hal ini cukup ampuh agar mengurangi beban tugasmu dan lebih ringan dalam menjalaninya
3. Bikin Banyak Project Bersamaan
Jangan terlalu fokus terhadap satu proyek saja, cobalah menggarap beberapa proyek sekaligus secara bersamaan namun dengan dikerjakan sepenggal-sepenggal. Hal ini sangat cocok untuk kamu yang mempunyai sifat mudah bosan, agar lebih tetap fokus kepada hal yang sedang dikerjakan.
4. Bersenang-senang
Saat melakukan pekerjaan atau tugas, jangan lupa untuk tetap melakukan aktivitas yang kamu sukai atau hobi. Hal tersebut cukup efektif agar meningkatkan semangat dalam mengerjakan tugas.
Karena secara tidak langsung, dirimu memberikan reward atas apa yang kamu kerjakan. Namun jangan lupa, untuk tetap mengombinasikan waktu bersenang-senangmu dengan pekerjaan yang sedang kamu jalani.
5. Jam yang Spesifik
Untuk meningkatkan sikap produktif, kamu harus mempuntai jam yang spesifik. Maksudnya adalah kamu harus mempunyai satu waktu yang benar-benar kamu gunakan untuk mengerjakan tugasmu. Seperti Radit yang biasa menulis dari pukul 11 malam hingga 1 pagi.
6. Kurangi Meeting/Hal-hal Tidak Penting
Meeting juga dapat menjadi hal yang tidak produktif. Seperti melakukan meeting hanya untuk mencari ide. Menurut Radit, lebih baik kita mencari ide sendiri-sendiri dahulu, lalu mengembangkannya ketika semua sudah siap dengan idenya. Selain itu hindari hal-hal yang tidak penting lainnya. Seperti di smartphone, sebaiknya hanya mengunduh aplikasi yang berhubungan dengan kebutuhanmu.
7. Olahraga dan Melamun
Olahraga merupakan satu hal yang penting untuk tetap produktif. Raditya menjelaskan bahwa ia seringkali berolahraga sembari melamun. Hal ini ia terangkan bahwa ketika tubuh kita bergerak akan selalu ada ide yang muncul dalam pikiran kita.
8. Delegasi
Hal paling penting adalah delegasi. Delegasi adalah menyerahkan semua atau sebagian tugas kepada orang lain. Hal ini cukup ampuh agar kamu tidak mengerjakan proyek tersebut sendirian. Kamu harus bisa memikirkan hal besar lainnya daripada harus mengurusi dan mengerjakan pekerjaan yang seharusnya bukan kamu kerjakan.[]
(Rafi Fairuz)
Baca Juga:
- Arti Nama Anak Kedua Raditya Dika, Aksara Asa Nasution
- Raditya Dika Tak Sadar Temannya Menginap Selama Dua Minggu
- Gaya Nabung Saham Raditya Dika untuk Anaknya
- Karir Raditya Dika, dari Penulis Hingga Jadi Sutradara