UNTUK INDONESIA
Nataru, 30 Ribu Mobil Padati Tol Pejagan-Pemalang
Persiapan dilakukan pengelola tol Pejagan-Pemalang, Jateng, menghadapi libur Natal dan Tahun Baru. 30 ribu mobil per hari akan padati jalan tol.
Sejumlah kendaraan melintas di ruas Jalan Tol Pejagan-Pemalang beberapa waktu lalu. (Foto: Tagar/Farid Firdaus)

Brebes - ‎Pengelola ruas Jalan Tol Pejagan-Pemalang, Jawa Tengah mengantisipasi kenaikan volume kendaraan pada libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Jumlah kendaraan yang melintas di ruas tol bagian Trans Jawa itu diprediksi mencapai 30 ribu per hari.

‎Kepala Cabang Operasional PT Pejagan-Pemalang Toll Road Ian Dwinanto mengatakan perkiraan kenaikan volume kendaraan pada libur Natal dan Tahun Baru di atas 40% dari hari-hari normal.

"Perkiraan ada kenaikan dibanding hari normal. Sekitar 26-30 ribu kendaraan per hari," kata Ian, Sabtu 7 Desember 2019.

‎Ian memperkirakan lonjakan kendaraan yang melalui Tol Pejagan-Pemalang dari arah Jakarta menuju ke kota-kota di Jawa Tengah, DIY, maupun Jawa Timur akan terjadi mulai 21 Desember 2019 hingga 5 Januari 2020.

Perkiraan ada kenaikan dibanding hari normal. Sekitar 26-30 ribu kendaraan per hari.

"Kalau dibandingkan libur Natal dan Tahun Baru tahun lalu, peningkatannya sekitar 10 persen. Tahun lalu sekitar 27 ribu per hari. Kalau peningkatannya sekitar 10 persen berarti sekitar‎ 30 ribu," ujar Ian.

‎Terkait persiapan mengantisipasi lonjakan tersebut, Ian menyebut persiapan yang dilakukan tidak jauh beda saat momen arus mudik Lebaran. Salah satunya yakni pendirian posko terpadu untuk pengamanan, pengaturan lalu lintas, dan kesehatan.

"Persiapan hanya penempatan posko-posko terpadu saja di rest area. Sudah kami siapkan titik-titik tempatnya. Semua rest area. Tinggal didirikan," ungkapnya.

‎Ian juga mengungkapkan rencana adanya rapat koordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk mempersiapkan kelancaran arus lalu lintas di ruas jalan tol maupun ruas jalan lain saat libur Natal dan Tahun Baru.

"Besok rencananya kami akan rapat koordinasi dengan Polda Jawa Tengah untuk persiapan Natal dan Tahun Baru. Jadi kami belum bisa menyampaikan lebih banyak terkait persiapan," ujarnya. 

Baca juga:

Berita terkait
Hujan Angin di Tegal, Pangkas Pohon Rawan Tumbang
Langkah antisipasi dilakukan BPBD Tegal, Jawa Tengah seiring hujan disertai angin kencang yang melanda. Sudah ada 50 pohon yang dipapras
Jalingkut Brebes-Tegal Ditarget Selesai 2020
Proyek Jalingkut Brebes-Tegal dipastikan berlanjut mulai bulan Desember ini. Pekerjaan ini sempat terhenti sejak 7 tahun lalu.
Pulau Cemara Brebes, Pulau Eksotis di Tengah Laut
Satu pilihan untuk menghabiskan waktu libur akhir pekan Anda. Pulau Cemara di Brebes, wisata yang tawarkan eksotisme hamparan pasir laut.
0
Tes Swab Anggota DPRD Sumut Ini Negatif Covid-19
Anggota DPRD Sumatera Utara, Ebenejer Sitorus, menjadi pasien suspek Covid-19.