UNTUK INDONESIA
Libur Nataru, Daop 4 Semarang Tambah Gerbong dan KA
KAI Daop 4 Semarang menyiapkan kereta dan gerbong tambahan untuk memperkuat kereta reguler selama libur Nataru. Total ada 52.040 kursi KA.
Sejumlah penumpang di loket pelayanan KAI Stasiun Tawang Semarang, beberapa waktu lalu. (Foto: Tagar/Agus Joko Mulyono)

Semarang - Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) di ambang mata. Mengantisipasi itu, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 4 Semarang menyiapkan kereta api (KA) maupun gerbong tambahan. 

"Jumlah penumpang Nataru tahun ini diperkirakan mencapai 463.432 penumpang. Atau naik sekitar lima persen dari jumlah penumpang Nataru tahun 2018 sebesar 441.364," kata Kepala Daop 4 Semarang Mohamad Nurul Huda Dwi Santoso kepada Tagar, Jumat 29 November 2019.

Nurul Huda menjelaskan PT KAI telah menetapkan masa angkutan Nataru tahun ini selama 18 hari, mulai 19 Desember 2019 sampai 5 Januari 2020. "Kami memperkirakan keberangkatan KA tanggal 22 dan 29 Desember 2019 sebagai tanggal favorit masyarakat untuk menggunakan jasa kereta api," ujar dia.

Selama masa angkutan Nataru, lanjut dia, KAI Daop 4 Semarang menjalankan 81 KA penumpang reguler. Juga mengoperasikan KA tambahan sebanyak 12 kereta, terdiri dari empat KA Daop 4 Semarang dan delapan KA yang melewati Daop 4 Semarang.

Kami memperkirakan keberangkatan KA tanggal 22 dan 29 Desember 2019 sebagai tanggal favorit masyarakat untuk menggunakan jasa kereta api.

"Untuk empat kereta tambahan dari pengajuan Daop 4 Semarang, yakni KA Sancaka Utara trayek Kutoarjo - Surabaya Pasar Turi PP, KA Darmawangsa rute Surabaya Pasar Turi - Pasar Senen PP, KA Argo Cirebon melayani Pemalang - Gambir dan KA Kaligung, yang semula Semarang Poncol - Brebes diperpanjang hingga Cirebon," terang dia.

Pelayanan antisipasi membeludaknya jumlah penumpang di masa libur Nataru tersebut belum termasuk upaya KAI di penambahan gerbong kereta. Setidaknya ada enam KA reguler yang akan ditambah gerbongnya jika memang terjadi lonjakan jumlah penumpang. 

Rincinya, KA Argo Muria, KA Argo Sindoro, KA Sembrani, KA Matarmaja, KA Brantas dan KA Kertajaya. Masing-masing kereta itu disiapkan dua gerbong tambahan.

"Total kapasitas tempat duduk sebanyak 52.040 kursi yang diangkut oleh seluruh KA di wilayah Daop 4 Semarang ke berbagai tujuan," sebutnya.

Nurul Huda menambahkan, tiket KA jarak jauh reguler pada masa Nataru sudah dapat dibeli mulai H-30 keberangkatan atau 19 November 2019 di seluruh kanal resmi penjualan tiket kereta api, seperti aplikasi KAI Access, situs kai.id dan lainnya. 

Sementara untuk KA Lokal, tiket dapat dipesan mulai H-7 keberangkatan melalui aplikasi KAI Access atau tiga jam sebelum keberangkatan di loket stasiun. []

Baca juga: 

Berita terkait
Roda Kereta Api Kini Bisa Diproduksi di Dalam Negeri
Roda kereta api bakal bisa diproduksi dalam negeri. Untuk itu, Kemenperin akan menggandeng PT Barata Indonesia dalam memproduksi roda kereta
Ridwan Kamil Optimistis Kereta Cepat Beroperasi 2021
Guberur Jawa Barat Ridwan Kamil optimistis kereta api cepat Jakarta-Bandung mulai beroperasi tahun 2021.
Hantu Tanpa Kepala di Rel Kereta Bintaro Jakarta
Hantu tanpa kepala itu melangkah gontai di perlintasan rel kereta Bintaro Jakarta. Ia berjalan bolak-balik seakan mencari kepalanya yang hilang.
0
Rintihan Ibu-ibu Tapteng yang Tak Kebagian Sembako
Diduga bantuan sembako untuk penanganan dampak Covid-2019 dari Pemkab Tapanuli Tengah tidak merata, puluhan ibu-ibu mendatangi kantor lurah.