Najwa Shihab Turut Menyoroti Penyambutan Saipul Jamil

Najwa Shihab turut menyoroti penyambutan terhadap pedangdut Saipul Jamil yang telah mendekam di penjara selama 5 tahun karena kekerasan seksual.
Najwa Shihab. (Foto: Tagar/Imstagram/@najwashihab)

Jakarta - Presenter tersohor Najwa Shihab turut menyoroti penyambutan terhadap pedangdut Saipul Jamil yang telah mendekam di penjara selama 5 tahun karena kasus kekerasan seksual terhadap remaja dan suap panitera. 

Najwa Shihab lantas membagikan postingan di akun Instagram miliknya, Minggu, 5 September 2021. Pembawa acara "Mata Najwa" tersebut mengunggah video berjudul "Glorifikasi dan Bahaya Normalisasi Kekerasan Seksual".


Merayakan bebasnya pedangdut Saipul Jamil setelah lima tahun mendekam di penjara bukan perkara sembarangan perilaku ini lama kelamaan bisa membuat pemakluman atas kekerasan seksual terhadap dua remaja yang dilakukannya.


Video berdurasi 3 menit 19 detik itu menunjukkan momen-momen saat Saipul Jamil keluar dari Lapas Cipinang. Pemilik nama lengkap Jamaluddin Purwanto itu disambut karangan bunga hingga dielu-elukan saat menaiki mobil Ferrari.

Atas pembebasan Saipul Jamil yang seolah dirayakan ini, Najwa Shihab dalam captionnya menulis bahwa sambutan tersebut dapat berpotensi membuat publik maklum atas aksi kekerasan yang dilakukan artis 41 tahun itu terhadap korban.

"Merayakan bebasnya pedangdut Saipul Jamil setelah lima tahun mendekam di penjara bukan perkara sembarangan. Perilaku ini lama kelamaan bisa membuat pemakluman atas kekerasan seksual terhadap dua remaja yang dilakukannya," tulis Najwa Shihab.

"Yang gak kalah bahaya, orang-orang bisa gak malu lagi kalau melakukan kekerasan seksual. Selain itu, perilaku ini juga bisa bikin orang-orang jadi merasa 'biasa' melihat para pelaku kekerasan seksual," ucapnya.

Lebih jauh, glorifikasi pembebasan Saipul Jamil yang dipertontonkan di media juga dapat memicu para korban kekerasan seksual untuk takut berbicara. 

"Belum lagi hal ini juga bisa membuat korban semakin takut buat berbicara dan terbuka. Hadeh," ujarnya.

Postingan Najwa Shihab soal bebasnya Saipul Jamil langsung mengundang beragam reaksi publik. Musisi Ari Lasso pun tak ketinggalan menyematkan komentar bernada prihatin. 

"Disambut kalungan bunga," tulis Ari Lasso. []

Berita terkait
Kata Polisi soal Ajakan Rizieq ke Pernikahan Najwa Shihab
Pihak polisi menilai Rizieq lah yang mengajak masyarakat untuk berpartisipasi untuk menghadiri pernikahan putrinya.
Denny Siregar: Sayang Najwa Shihab, Padahal Anda Sebenarnya Pintar
Saya percaya Kepolisian Republik Indonesia, dan 100 persen tidak percaya yang dikatakan FPI. Terus kenapa pula Najwa Shihab itu. Denny Siregar.
Catat Pernikahan Najwa Shihab, Kepala KUA Dimutasi
Sukana, Kepala KUA dimutasi menjadi penghulu setelah abaikan protokol kesehatan saat catat pernikahan Muhammad Irfan dan Najwa Shihab.
0
Hankuk University Membuka Mata Kuliah Bahasa Indonesia
HUFS adalah perguruan tinggi pertama yang berkolaborasi dengan KBRI Seoul untuk program BIPA.