Moeldoko Dukung Penuh Ivermectin Sebagai Obat Covid-19

Moeldoko mendukung penuh manfaat Ivermectin dalam menyembuhkan Covid-19. Obat yang dikenal sebagai obat cacing paling terkenal di dunia.
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Ketua Umum Partai Demokrat Kongres Luar Biasa Deli Serdang. (Foto: Tagar/Instagram @dr_moeldoko)

Jakarta - Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) dan Mantan Jendral TNI, Jenderal TNI (Purn) Moeldoko mengatakan, mendukung penuh manfaat Ivermectin dalam menyembuhkan Covid-19.  Di mana penggunaan obat yang dikenal sebagai obat cacing paling terkenal di dunia ini.

"Melihat situasi dalam negeri dan negara lain di dunia, saya selaku Ketum HKTI dan Mantan jendral TNI berpikir sedikit berbeda dalam melihat pandemi seperti ini. Saya mengambil keputusan untuk berani mendistribusikan Ivermectin kepada anggota-anggota HKTI yang tersebar di Indonesia," kata Moeldoko dalam konferensi pers secara daring, Senin, 28 Juni 2021.

Keyakinan Moeldoko didasari oleh adanya fakta serta jurnal-jurnal penelitian yang menjelaskan manfaat Ivermectin dalam menyembuhkan Covid-19. Menurutnya, berdasarkan American Journal of Therapetic, ada penelitian yang melibatkan 3.406 partisipan yang melibatkan 15 uji klinik. Hasilnya, membuktikan bahwa ivermectin dapat mengatasi Covid-19 sebesar 90 persen.

"Ada juga penelitian yang dilakukan oleh dokter dari British Ivermectin Recommendation Group yang melibatkan 24 uji klinis dari 15 negara dan 3.400 partisipan. Penelitian tersebut membuktikan bahwa Ivermectin dapat menekan tingkat kematian pasien Covid-19. Tercatat 15 negara sudah berhasil melawan Covid-19 dengan Ivermectin seperti Peru, Meksiko, dan Slowakia," ujarnya.

Untuk itu, kata Moeldoko diperlukan, critical thinking dan solusi dari situasi yang kritis seperti ini. Menurut FLCCC Alliance atau Frontline Covid-19 Critical Care Alliance sudah ada 33 negara yang menggunakan Ivermectin dalam mengatasi Covid-19, di antaranya Jepang, Brasil, Zimbabwe, dan India.[]

Baca Juga: Ini Saran Guru Besar UGM Soal Ivermectin Obat Covid-19

Berita terkait
Polemik Ivermectin, Mari Telusuri Lebih Dalam
Beberapa waktu belakangan ini terjadi polemik mengenai Ivermectin. Ini dipicu pernyataan Pandu Riono, Epidemiolog dari Universitas Indonesia.
Ivermectin Obat Cacing atau Covid-19? Ini Kata BPOM RI
BPOM RI mengatakan setiap protokol pengobatan Covid-19 dikeluarkan oleh asosiasi profesi yang terkait dan Kemenkes.
Kemenkes Segera Uji Klinis Obat Ivermectin
Kemenkes segera memulai uji klinik untuk memastikan khasiat dan keamanan penggunaan Ivermectin dalam pengobatan Covid-19.
0
Moeldoko Dukung Penuh Ivermectin Sebagai Obat Covid-19
Moeldoko mendukung penuh manfaat Ivermectin dalam menyembuhkan Covid-19. Obat yang dikenal sebagai obat cacing paling terkenal di dunia.