Menyehatkan, Inilah 5 Alternatif Pengganti Minyak Goreng untuk Memasak

Kelangkaan minyak goreng telah membuat kesulitan bagi berlangsungnya pemenuhan kebutuhan makan keluarga.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Ist)

TAGAR.id, Jakarta - Tingginnya harga menjadi penyebab bagi sebagian orang khususnya para ibu rumah tangga untuk berpikir keras mencari alternatif pengganti minyak goreng. Kelangkaan minyak goreng telah membuat kesulitan bagi berlangsungnya pemenuhan kebutuhan makan keluarga.

Mengalihkan metode pengolahan makanan dengan cara direbus pun tidak secara langsung bisa merubah sesuatu yang telah menjadi kebutuhan pokok.

Alternatif ini hanya salah satu dari sekian banyak cara untuk mengatasi kelangkaan minyak goreng saat ini. Berikut 5 alternatif pengganti minyak goreng untuk memasak dan menyehatkan.


1. Mentega

Dipakai untuk memasak bahan makanan yang menggunakan sedikit minyak, seperti sosis atau telur. Selain itu aroma masakan menjadi lebih wangi.


2. Margarin

Meskipun fungsinya sama untuk memasak masakan dengan sedikit minyak, tapi margarin terbuat dari minyak nabati, dan masakan akan menjadi lebih gurih


3. Minyak zaitun

Memiliki kandungan lemak tak jenuh sehingga dipilih untuk orang orang sedang menjalani program diet. Bisa dipakai untuk menumis atau sebagai dressing salad. Sayangnya kandungan pada minyak zaitun bisa menjadi rusak jika titik asap rendahnya dilewati. Jadi sebaiknya suhu pada minyak zaitun saat memasak harus dijaga, agar makanan tetap sehat.


4. Minyak kelapa

Ada 2 jenis minyak kelapa di pasaran, yaitu minyak kelapa murni dan biasa. Minyak kelapa murni cocok untuk menggoreng dan menumis, sedangkan minyak kelapa biasa untuk memanggang dan memasak dengan suhu rendah.


5. Minyak goreng alpukat

Ini adalah minyak goreng yang diekstrak dari buah alpukat dan bisa dipakai untuk semua cara memasak. Minyak jenis ini juga bermanfaat untuk kesehatan seperti menurunkan resiko penyakit jantung dan mencegah kanker, serta meningkatkan produksi kolagen karena terdapat kandungan sterolin di dalamnya. []


Baca Juga


Berita terkait
Tips Memasak Ketan Supaya Pulen dan Legit
Ketan merupakan makanan yang populer di Indonesia. Beras dapat diolah menjadi berbagai varian makanan. Supaya semakin nikmat, ketan harus pulen.
Tips Memasak Steak Lezat yang Matang Sempurna
Steak yang lezat dan sempurna ternyata bisa dimasak sendiri di rumah, caranya tidak begitu sulit jika kamu mengikuti tips berikut ini.
Tips Menjaga Kesegaran Sayuran Saat Proses Memasak
Kesegaran sayuran bisa dijaga saat proses memasak, trik yang tepat perlu dilakukan untuk mempertahankan warna dari sayuran.
0
Mendagri Lantik Tomsi Tohir sebagai Irjen Kemendagri
Mendagri mengucapkan selamat datang, atas bergabungnya Tomsi Tohir menjadi bagian keluarga besar Kemendagri.