Tips Memasak Steak Lezat yang Matang Sempurna

Steak yang lezat dan sempurna ternyata bisa dimasak sendiri di rumah, caranya tidak begitu sulit jika kamu mengikuti tips berikut ini.
Ilustrasi Steak Daging Sapi. (Foto: Tagar/unsplash)

JakartaSteak atau steik kini tidak asing lagi bagi lidah semua orang di berbagai belahan dunia. Saking populernya hidangan ini, hampir setiap negara memiliki beragam cara memasak hidangan dari olahan daging sapi itu.

Kebanyakan orang masih sering membeli steak di restoran, karena merasa tak bisa memasaknya sendiri di rumah. Padahal memasak steak yang sempurna begitu sulit asalkan mengetahui cara memasaknya. 

Tenang, kali ini kamu bisa memasak steak yang lezat di rumah tanpa gagal, rasanya pun tidak kalah enak dengan restoran mewah. Berikut beberapa tips memasak steak lezat dilansir dari berbagai sumber:

1. Pilih Potongan Daging Sapi yang Tepat

Steak tidak membutuhkan waktu masak yang lama. Karena itu, pilihlah bagian daging sapi yang empuk seperti tenderloin, sirloin, dan rib-eye. Hal ini penting untuk memastikan kamu menyajikan steak yang empuk dan tidak keras.

2. Sebelum Daging Steak Diolah, Pastikan Steak Telah Berada dalam Suhu Ruangan

Kalau steak disimpan dalam dalam freezer, pastikan daging telah mencair sempurna sebelum mengolahnya. Jika daging yang masih beku atau dingin langsung diolah, maka bagian luar steak akan gosong dan mentah di bagian dalamnya.

3. Pilihlah Saging Steak yang Tebal

Idealnya, daging steak memiliki ketebalan sekitar 3-5 cm. Ketebalan ini penting untuk mendapatkan karamelisasi sempurna pada bagian luar steak dan tingkat kematangan yang tepat di bagian dalamnya.

4. Bumbui Steak Sebelum Siolah

Sebelum diolah, taburi kedua sisi daging steak dengan garam lalu biarkan selama beberapa saat. Trik ini membantu menahan kelembapan daging steak sehingga tidak kering setelah dimasak. Selain itu, kamu bisa membumbui daging steak dengan lada atau lada hitam.

5. Masak Steak dengan Wajan Panas

Daging steak bisa dimasak dengan wajan datar antilengket. Sebelum memasak daging steak, pastikan wajan atau pemanggang yang digunakan telah benar-benar panas. Hal ini untuk memberikan warna cokelat gelap yang cantik pada steak yang kamu hidangkan.

6. Masak Steak dengan Sedikit Minyak

Sangat penting untuk menambahkan minyak saat memasak daging steak. Pastikan minyak sudah benar-benar panas sebelum daging dimasak. Kalau ingin menggunakan mentega, masukkan pada akhir proses memasak.

Saat steak sudah hampir matang dan akan segera diangkat dari wajan atau pemanggang, tambahkan sedikit mentega. Dikarenakan mentega mudah gosong, dengan memasukkan mentega terlalu awal akan memberikan rasa gosong pada steak. Hal ini tentunya akan merusak cita rasa resep steak daging sapi yang kamu buat.

7. Masak Steak Hingga Tingkat Kematangan yang Diinginkan

Untuk memasak steak setebal 3,5 cm sampai tingkat kematangan medium-rare, masak selama sekitar 3-3,5 menit pada setiap sisinya. Untuk memasak steak setebal 3,5 cm hingga tingkat kematangan medium, masak selama sekitar 4 menit pada tiap sisinya.

8. Diamkan Steak Selama Beberapa Saat

Setelah matang, angkat steak dari wajan atau pemanggang dan diamkan selama 5-10 menit sebelum disajikan. Hal ini untuk memastikan steak benar-benar empuk dan juicy saat dinikmati.

(Viona Bono Valvinka)

Berita terkait
Cara Memasak Ayam Goreng Mentega, Cocok untuk Makan Siang
Cara memasak ayam goreng mentega yang baik dan benar. Makanan ini cocok untuk dihidangkan pada jam makan siang.
Kenali 12 Bagian Daging Sapi dan Cara Memasak
Sapi memiliki 12 bagian daging. Berikut rincian dan kelayakan saat memasak bagian daging tersebut menurut pakar UGM Yogyakarta.
Fakta dan Cara Memasak Odading, Roti Khas Bandung yang Viral
Odading viral di media sosial. Berikut fakta seputar roti khas Bandung beserta cara mudah untuk membuatnya.
0
Elon Musk Sebut Pabrik Mobil Baru Tesla Rugi Miliaran Dolar
Pabrik mobil baru Tesla di Texas dan Berlin alami "kerugian miliaran dolar" di saat dua pabrik kesulitan untuk meningkatkan jumlah produksi