UNTUK INDONESIA
Tips Menjaga Kesegaran Sayuran Saat Proses Memasak
Kesegaran sayuran bisa dijaga saat proses memasak, trik yang tepat perlu dilakukan untuk mempertahankan warna dari sayuran.
Buah dan Sayuran. (Foto: respectfood.com)

Jakarta - Memasak sayur agar tetap segar ternyata memiliki metode tersendiri. Proses memasak yang tidak tepat dapat mengubah warna sayuran menjadi tidak segar. Alhasil, terlihat layu dan bisa mengursangi nafsu makan.

Perlu trik untuk membuat sayuran selalu terlihat segar saat proses memasak. Berikut Tagar berikan lima ulasan mengenai cara memasak sayur agar terlihat tetap segar.

1. Pilih Sayuran Segar

Cara yang paling sederhana yaitu memilih dan menggunakan sayuran yang segar. Salah satu trik agar sayuran yang dimasak tidak berubah warna.

Jika sayuran tidak segera diolah, alangkah baiknya menyimpannya di dalam lemari es. Namun, cara ini tidak begitu disarankan, karena sayuran akan berubah warna jika disimpan terlalu lama.

2. Masukkan Sayur Pada Saat yang Tepat

Cara ini juga terbilang ampuh untuk menjaga penampilan dari sayur ketika sudah diolah. Namun, diperlukan ketelitian saat memasukkan sayur pada waktu yang tepat.

Jika merebus sayuran, tunggu air sampai mendidih terlebih dahulu, setelah itu baru dimasukkan. Selain itu, warna sayur juga perlu diperhatikan, pilihlah yang memiliki warna lebih muda, agar warnanya tidak berubah.

Sedangkan jika menumis sayuran, pastikan bumbu yang ditumis sudah matang terlebih dahulu. Setelah itu baru masukkan sayuran agar tetap segar dan hijau.

3. Tambahkan Garam

Tak lengkap rasanya jika memasak tidak menggunakan garam, rasa asin bisa membuat sayuran yang direbus berubah warna menjadi kecokelatan, bahkan keruh.

Tambahkan garam sesuai dengan kebutuhan, agar olahan masakan tidak menjadi asin. Sebaiknya garam dimasukan terlebih dahulu, sebelum memasukkan sayuran ke dalam air mendidih.

4. Memasak Sayuran Jangan Terlalu Lama

Terlalu lama memasak sayuran bisa mengakibatkan warna serta teksturnya berubah. Dua menit menjadi waktu terbaik saat memasak sayuran.

Pilihlah sayuran yang memiliki tekstur keras terlebih dahulu saat proses memasak. Bertujuan agar sayuran tidak mudah hancur dan terlalu matang sehingga mengubah teksturnya.

5. Tambahkan Sedikit Soda Kue

Menambahkan soda kue ke dalam rebusan sayur salah satu cara agar sayur yang dimasak tetap segar dan hijau. Cukup memberikan 1/4 soda kue ke dalam rebusan sayuran. Kemudian diaduk hingga matang.

Jangan sampai memberikan soda kue terlalu banyak, karena akan merubah rasa dari sayur sehingga menjadi kurang enak dan lezat. []

Berita terkait
Tujuh Bagian Ayam yang Tidak Boleh Dikonsumsi
Ayam salah satu makanan favorit, hampir semua bagian tubuhnya bisa dikonsumsi. Nah, ada bahaya yang mengintai, apa saja?
Lima Obat Alami untuk Sembuhkan Wasir
Wasir atau ambience salah satu penyakit yang mengganggu aktivitas sehari-hari. Nah, Tagar bagikan beberapa obat alami mengatasinya.
Makanan yang Cocok Dikonsumsi Saat Depresi
Makanan sangat berpengaruh saat mengalami depresi, ada beberapa makanan yang cocok dikonsumsi untuk mengembalikan suasana hati, apa saja?
0
Tes Swab Anggota DPRD Sumut Ini Negatif Covid-19
Anggota DPRD Sumatera Utara, Ebenejer Sitorus, menjadi pasien suspek Covid-19.